10 Diskusi Wajib Dengan Pasangan Sebelum Menikah

By Penna on under How To, Relationship

Sudah siap ke pelaminan? Sudah bahas hal- hal mendasar belum dengan calon pendamping hidup? Atau jangan- jangan brides hanya tahu hal- hal di permukaan saja. Tidak pernah telat untuk membahas hal- hal penting sebelum menikah dengan pasangan, yuk ini checklist yang wajib kalian jadikan topik sebelum nanti resmi menikah :

1. Agama & Kepercayaan

Menikah dengan pasangan yang seagama atau berbeda agama bukanlah hal baru lagi. Tetapi ada baiknya bagi pasangan untuk saling memahami ideologi dan kepercayaan masing- masing. Setiap individu punya keyakinan tersendiri dengan pemahaman yang berbeda- beda dan nantinya bisa mempengaruhi prinsip hidup. Coba bahas lagi dan sejajarkan pandangan dari segi agama secara berdua.

2. Bahasa Cinta

Sudah tahu bahasa cinta pasangan? Supaya pernikahan berjalan langgeng, ketahui dulu kompatibilitas kalian dengan mahir membaca dan berkomunikasi dengan bahasa cinta masing- masing. Ini bakalan mempermudah dalam penyelesaian konflik nantinya.

3. Finansial

Mungkin salah satu topik terpenting yang tidak boleh luput dari setiap pasangan, banyak hal- hal mengenai keuangan yang harus didiskusikan secara mendetail. Mulai dari aset, daftar hutang, pengelolaan rumah tangga, asuransi, dana darurat, gaya belanja dan masih banyak lagi yang jika diabaikan bisa menjadi penyebab cekcok panjang antara suami istri.

4. Lokasi

Belum mantap menapak kaki di sebuah lokasi atau kota? Masih menunggu keputusan soal lokasi rumah masa depan bersama? Saatnya untuk diskusi tuntas mengenai lokasi tetap yang akan dijadikan akar bahtera rumah tangga kalian brides. Ini akan bisa memantapkan langkah kalian untuk masalah karir, membesarkan anak, mencari sekolah dan masih banyak lagi.

5. Jumlah Anak

Apakah pasangan mau punya anak? Jika ya, berapa jumlahnya? Jika tidak, apakah pasti Anda akan bisa menerimanya atau sebaliknya? Bagaimana jika nantinya kalian tidak bisa memiliki anak atau hamil diluar jadwal rencana? Apa rencana dan gaya parenting yang akan diterapkan? Semuanya penting loh brides untuk dibahas, walaupun tidak sedetail mungkin setidaknya gambaran besarnya sudah harus ada yah.

6. Seks

Diskusi seputar seks ini bukan cuma masalah ranjang seperti posisi seks favorit atau frekuensi yang diharapkan nanti setelah berkeluarga. Tetapi juga tentang histori medis, sejarah kesehatan, ekspektasi, dan lain sebagainya.

7. Keluarga Besar

Seberapa sering nanti pasangan akan menghabiskan waktu dengan keluarganya? Lalu bagaimana dengan Anda? Apa dinamika yang akan berubah jika setelah menikah jika menyangkut keluarga besar, acara keluarga dsbnya? Ada baiknya jika aturan mendasar soal campur tangan keluarga dibicarakan secara jelas supaya keluarga kecil kalian aman dan bahagia.

8. Karir

Masing- masing individu punya komitmen pekerjaan yang berbeda. Supaya suami istri sepandangan, bahas dulu apa rencana jangka pendek dan jangka panjang terhadap karir masing- masing.

9. Kehidupan Sosial

Sudah menikah bukan berarti kalian kehilangan kehidupan sosial dan dunia pergaulan loh. Tetapi bagi masing- masing pasangan, tentu ada pandangan dan prinsip yang berbeda. Jadi tidak ada salahnya jika kalian membahas tentang ekspektasi pasangan tentang pergaulan dan gaya hidup sosial secara bersama.

10. Masa Depan

Terakhir, pembahasan ringan atau diskusi jangka panjang tentang gambaran masa depan bisa dijadikan topik menarik yang penuh harapan. Pasangan yang memasang target bersama tentu akan lebih mudah mencapainya pula. Saling berbagai harapan ini penting supaya perjalanan pernikahan tetap konsisten, aman, dan langgeng selalu.

×