10 Gunung Tujuan Honeymoon Di Indonesia

By Ikke Dwi A on under How To

Gunung tujuan honeymoon di Indonesia? Pilihannya cukup banyak lho! Mulai dari gunung berapi yang masih aktif, tertinggi, jalur pendakian terpanjang sampai terpendek.

Gunung bisa menjadi lokasi bagi kamu dan pasangan yang menginginkan nuansa honeymoon berbeda dari biasanya. Bisa dibayangkan menjalani hari-hari pertama sebagai suami istri dengan disuguhi pemandangan alam ditambah udara yang sejuk.

Mau tau gunung mana saja yang bisa kamu dan pasangan kunjungi untuk honeymoon? Berikut ini daftarnya:

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani memiliki pemandangan yang bisa dikatakan paling indah di antara gunung-gunung di Indonesia. Suhu rata-rata di sini mencapai sekitar 20 derajat celcius dan paling rendah 12 derajat celcius. Angin di puncak akan terasa kencang pada bulan Agustus. Sedangkan pada Juli, angin yang dirasakan cukup lemah dan cuaca cerah.

Gunung yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia. Dalam perjalanan menuju puncak gunung Rinjani, kamu akan menemukan pemandangan nan romantis dari Danau Segara Anak. Di lokasi Danau Segara Anak ini kamu juga bisa menikmati mandi air panas, tapi kamu harus berhati-hati dalam menyimpan barang karena ada tangan jahil kera-kera yang tinggal di sana. 

Gunung Kelimutu

Gunung berapi yang terletak di Pulau Flores ini wajib kamu dan pasangan kunjungi! Di gunung ini memiliki tiga kawah dengan warna berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Dan uniknya warna-warna tersebut bisa berubah seiring berjalannya waktu.

Gunung Bromo

Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Bromo. Selain pernah dijadikan lokasi syuting film, Gunung Bromo yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di kota Probolinggo ini pun memiliki pemandangan super indah. Gunung Bromo diklaim sebagai tempat terbaik untuk melihat matahari terbit dan tenggelam di pulau Jawa. Keindahan alam gunung Bromo sudah terkenal tidak hanya di wisatawan lokal tetapi juga internasional.

Wisata CarsTensz Pyramid

Ok, mungkin tidak semua orang tau jika Indonesia memiliki gunung dengan puncak tertinggi di Australia dan Oceania. Dikenal dengan nama Carstenz Pyramid atau Puncak Jaya, terletak di Papua. Carstenz Pyramid ini juga termasuk ke dalam salah satu dari the Seven Summit.

Di lokasi ini terdapat tiga puncak utama yang terkenal, yaitu Puncak Jaya (Carstensz Pyramid dengan tinggi 4884 m, 16023ft), Puncak Mandala (4640 m, 15223 ft), dan Puncak Trikora (4730m, 15518ft). Dan Puncak Jaya satu-satunya puncak yang diselimuti salju.

Kawah Ijen

Ingin mencari lokasi honeymoon di gunung berapi Indonesia masih aktif sekaligus pemandangan yang mempesona? Kawah Ijen bisa jadi salah satu pilihannya. Kawasan wisata Kawah Ijen termasuk ke dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisaya Ijen dengan luas 2.560 hektare. Kawah Ijen terletak di puncak gunung Ijen di wilayah Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso.

Kawah Ijen dikenal sebagai kawah dengan tingkat paling asam se-Indonesia namun menyajikan pemandangan yang sungguh memukau. Kawah Ijen merupakan danau besar bewarna hijau kebiruan dengan kabut dan asap belerang. Udaranya dingin bisa mencapai 10 derajat celius bahkan 2 derajat celcius. Perpaduan warna hijau kawah Ijen dengan pohon Manisrejo yang berdaun kemerahan di sekitar lereng menambah pesona kecantikan Kawah Ijen.

Gunung Prau (Dieng Plateu)

Gunung Prau dikenal juga dengan sebutan Puncak Seribu Bukit. Memiliki pemandangan yang bisa membuat kamu dan pasangan terkagum-kagum serta tentunya sangat romantis. Kamu dan pasangan bisa menikmati sunrise dengan pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing di sekitarnya.

Gunung Semeru

Tidak perlu mencapai puncak Gunung Semeru untuk menikmati honeymoon romantis kamu dan pasangan di gunung. Cukup berkemah di Ranu Kumbolo dan nikmatilah keindahan danau di kaki gunung Semeru ini. Ranu Kumbolo merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Di sini terdapat tempat perkemahan yang dijamin bisa menyuguhkan suasana romantis.

Gunung Argopuro

Gunung Argopuro terletak di Probolinggo, Jawa Timur ini memiliki pesona yang jarang dimiliki gunung lainnya loh. Trek pendakiannya terpanjang di pulau Jawa dan di pertengahan jalan kamu bisa menikmati keindahan Danau Taman Hidup. Selain danau, kamu juga akan disuguhi pemandangan hutan lumut, padang savana, sampai satwa liar seperti merak dan rusa. 

Gunung Tujuh

Gunung Tujuh yang terletak di Taman Nasional Kerinci Seblat, Jambi ini bisa jadi salah satu pilihan tempat honeymoon romantis di gunung kamu dan pasangan. Di gunung Tujuh kamu bisa menikmati panorama danaunya. Di sini kamu dan pasangan bisa menggunakan sampan menikmati keindahan danau nan romantis ini.

 Gunung Merbabu

Terletak di wilayah Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Gunung Merbabu memiliki beberapa puncak dengan dua puncak tertingginya yaitu Puncak Trianggulasi dan Puncak Syarif. Di Gunung Merbabu ini terdapat lima kawah, yaitu kawah Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab, dan Sambernyowo.

Gunung Merbabu bisa jadi pilihan honeymoon bagi kamu dan pasangan yang mencari lokasi pendakian dengan tingkat kesulitan relatif sedang. Jalur pendakian di Gunung Merbabu ini cukup populer karena pemandangan di sekitarnya yang sangat indah.

Sebelum memilih gunung mana yang akan menjadi tujuan bulan madu, ada baiknya konsultasikan dengan pasangan. Apakah setuju untuk berbulan madu di gunung? Dan lihat juga kondisi cuaca di gunung tersebut.

Persiapkan juga mental dan fisik jika hendak melakukan pendakian ke puncak gunung. Jika tidak ingin ribet, kamu dan pasangan bisa mengambil paket travel dari agen-agen. Semoga daftar gunung tujuan honeymoon di Indonesia ini bisa menginspirasi kamu dan pasangan untuk dapatkan bulan madu lebih berkesan.

×