10 Menu Makanan Yang Cocok Untuk Acara Lamaran

By Penna on under How To

10 Menu Makanan Yang Cocok Untuk Acara Lamaran

Acara lamaran boleh dikatakan sebagai prelude pernikahan alias acara resmi kedua belah pihak calon mempelai yang penting. Sebagai penanda bahwa pasangan siap menuju ke jenjang berikutnya, acara lamaran biasanya dihadiri oleh kerabat dan saudara yang siap meramaikannya.

Sajian makanan dan minuman otomatis wajib hadir di acara silaturahmi ini. Tak pelak, menu makanan yang cocok untuk acara lamaran harus sudah disiapkan demi kelancaran acara lamaran. Buat kalian yang sedang mencari ide menu makanan yang cocok untuk acara lamaran, yuk simak 10 menu makanan untuk acara lamaran anda :

1. Tumpeng

Tumpeng adalah makanan khas Jawa atau Betawi yang menandakan perayaan kejadian penting. Tumpeng juga memiliki makna ucapan syukur atau kebahagiaan yang baik, yaitu manusia yang menjalani kehidupan di jalan Tuhan dengan semangat, yakin, dan fokus.

Tumpeng juga bisa dijadikan sebagai puncak acara sebelum memulai acara makan-makan. Sebelumnya, panjatkan dulu doa bersama sebagai wujud kebaikan memulai rumah tangga bersama. Keren kan brides?

2. Ayam Goreng

Makanan favorit sejuta umat, ayam goreng adalah menu makanan yang cocok untuk tamu segala usia. Variasi ayam goreng juga menjadikan makanan ini semakin diincar dan hits untuk acara lamaran anda loh!

3. Mie/ Nasi Goreng

Nasi goreng adalah makanan kebanggaan masyarakat Indonesia. Jadi, nasi goreng tetap akan jadi pilihan menu makanan yang aman untuk acara lamaran anda. Nasi goreng juga adalah menu makanan yang praktis dan ekonomis, cocok untuk acara lamaran yang sederhana hingga fantastis. Sedangkan mie goreng akan jadi alternatif yang cocok untuk tamu yang sedang tidak doyan nasi.

4. Sup

Mau supaya tamu merasa nyaman di acara lamaran seperti di rumah sendiri? Sup memang identik dengan sajian khas keluarga yang bikin adem. Apapun pilihan jenis sup yang dihidangkan, pastikan rasanya yang sudah akrab di lidah nusantara, misalnya sup ayam, sup buntut, sup soto dsbnya.

5. Kerupuk

Yang satu ini memang sudah wajib menjadi teman makan yang paling asyik. Kerupuk kerap hadir di berbagai acara makan bersama karena rasanya yang lezat, garing dan melengkapi lauk yang ada.

6. Lontong & Sate

Apapun pilihan dagingnya, baik sate ayam, kambing atau sapi, semuanya pasti bersemangat melihat sajian berselera ini. Cocok untuk mengganjal perut atau melengkapi lauk menu utama, sajikan juga potongan lontong beserta bumbu kacang atau bumbu padang yang maknyus. Dijamin, tamu acara lamaran bakal puas menyantap menu yang satu ini hingga ludes.

7. Sajian Manis

Untuk acara yang manis, tentu harus menyajikan yang manis- manis pula. Sajian manis ini bisa berupa hidangan pencuci mulut seperti mini cake, pudding jelly, donut gula, brownies coklat dsbnya.

8. Jajanan Pasar

Makanan kecil atau jajanan pasar ala tradisional ini akan tampak indah dengan warna- warni yang memikat, rasa yang akrab dan nostalgia yang hangat. Jajanan pasar favorit seperti lapis legit, wajik, ongol-ongol, cenil, kue talam hingga kue cucur akan menjadi sajian yang berbeda dari makanan pencuci mulut modern lainnya.

9. Buah- buahan

Buah-buahan juga wajib hadir sebagai pencuci mulut tamu acara lamaran. Biasanya buah-buahan yang paling laris manis di acara kekeluargaan adalah semangka, pepaya, melon dan nenas. Alternatif keren lain untuk buah-buahan di acara lamaran adalah dengan menyajikan ala rujak.

Supaya buah-buahan tetap segar hingga sebelum acara makan bersama dimulai, simpan saja dulu di kulkas hingga siap disajikan.

10. Minuman Dingin

Nah, terakhir pastinya tamu undangan akan butuh minuman dingin untuk pelepas dahaga. Selain menyiapkan air putih, sediakan juga minuman manis seperti es sirup yang disukai banyak orang.

×