10 Tips Menabung Bersama Pasangan Untuk Dana Menikah

By Penna on under How To

10 Tips Menabung Bersama Pasangan Untuk Dana Menikah by The Bride Dept

Dana menikah tidak bertambah-tambah? Mungkin kamu butuh usaha ekstra plus tips menabung bersama dengan pasangan. Jangan biarkan tanggal pernikahan terus diundur karena dana menikah tidak kunjung siap. Yuk, disiplin jalani dulu 10 tips menabung bersama pasangan untuk dana menikah yang paling maksimal :

1. Paksa Diri Menabung

Jadikan dana menikah sebagai sebuah dana kewajiban yang harus langsung disisihkan setelah anda gajian. Sama seperti membayar cicilan, asuransi, dan kewajiban bulanan lainnya, tanamkan mindset bahwa dana menikah juga adalah hal yang sama. Bila perlu, aktivasikan auto debit langsung. Dan yang penting, jumlahnya harus realistis yah!

2. Buka Tabungan Bersama

Untuk komitmen dan motivasi, membuka tabungan bersama sangat dianjurkan untuk pasangan yang serius ingin menjalani hidup bersama. Banyak keuntungan yang bisa diraup dari tabungan bersama ini, salah satunya adalah menghemat biaya bank sekaligus memberi akses informasi bersama.

3. Hemat Di Transportasi

Jika memungkinkan, usahakan supaya pasangan mengantar jemput sebisa mungkin saat harus beraktivitas, misalnya pulang pergi bersama saat ngantor. Jika tidak, maka batasi bertemu setiap hari supaya kalian bisa lebih hemat untuk urusan ongkos jalan.

4. Siapin Bekal

Lebih smart dalam urusan makan bisa jadi celah untuk menambah pundi dana menikah loh. Daripada terus membeli makan siang di luar yang mahal dan tidak sehat, coba usahakan untuk memasak sendiri untuk anda dan pasangan. Hitung- hitung, sekalian agar brides latihan jadi istri yang disayang suami ya kan?

5. Melek Investasi

Bukan cuma rajin menabung secara konvensional secara bulanan, anda dan pasangan juga harus melek cara-cara investasi supaya dana menikah lebih cepat berlipat ganda. Perbanyak informasi tentang investasi yang aman dan hindari bermain money game, prinsipnya edukasi finansial itu penting loh guys!

6. Batasi Spending

Bukan cuma soal saving, pasangan yang smart juga harus tahu cara spending secara positif. Saling mengingatkan dan memotivasi adalah cara yang efektif supaya dana menikah bisa lebih cepat terkumpul. Hindari belanja secara impulsif dan jangan mudah tergiur diskon. Cobain deh!

7. Pacaran Murah Meriah

Walau sedang menabung dana menikah, bukan berarti acara nge-date harus berkurang drastis. Siasati saja sesi berkencan dengan alternatif yang lebih murah, bahkan gratis. Nongkrong bareng sambil menonton di rumah, hunting event gratis, atau olahraga bareng juga oke tuh. Bila perlu, ganti acara kencan ke hari biasa dan bukan di weekend.

8. Sisir Pengeluaran

Coba ajak pasangan untuk duduk bersama untuk mengevaluasi lagi apa pengeluaran masing-masing. Selain mencari celah kebocoran dana tabungan, menghentikan pengeluaran yang tidak perlu, pasangan juga boleh mencari cara untuk mengkonsolidasi biaya yang bisa dinikmati bersama, misalnya biaya asuransi, biaya langganan subskripsi tertentu dsbnya.

9. Lomba Menabung

Sedikit kompetisi bisa bikin hubungan cinta makin hangat dan dana menikah makin menggelembung. Coba lihat siapa diantara kalian berdua yang berhasil menabung lebih banyak dalam 30 hari, sebagai motivasi bagi pasangan agar semakin kreatif dalam menabung dana bersama.

10. Hindari Hutang

Terakhir, jangan pernah menciptakan hutang, terlebih lagi  jika anda tidak punya cara tepat untuk pembayarannya. Walaupun niat menikah besar, jangan bangun pernikahan atas dasar finansial yang goyah. Tahan belanja dan tetap realistis dalam perencanaan pernikahan, supaya dana menikah bahkan bisa tersisa untuk dana rumah tangga bersama.

Shop