5 Pantangan Makanan Untuk Menjaga Kulit Kamu

By Rebebekka on under How To

Ada satu hari di mana kamu akan menjadi pusat perhatian semua orang. Mereka yang ada di depan kamu akan sibuk mengabadikan foto kamu beserta pasangan dan tentu saja menilai kamu pada hari itu. Hari di mana kamu dan pasangan akan menjadi raja dan ratu sehari. Tentunya dengan situasi seperti itu, kamu pasti ingin tampil secantik mungkin, bukan? Jangan hanya sibuk memikirkan wedding dress atau kebaya yang akan kamu kenakan saja, tetapi kamu juga harus perhatikan kulit wajahmu supaya ketika hari H lebih bersih dan terawat. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan memperhatikan 5 pantangan makanan untuk menjaga kulit kamu saat menjelang hari.

Kunci utama dari semua itu adalah jangan stress! Karena stress yang berlebihan bisa membuat kulit kamu menjadi kusam dan berjerawat, brides. Cobalah meditasi agar stress kamu berkurang dan lakukan juga perawatan secara rutin. Kunci yang terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah menjaga pola makanan. Perbanyak makan sayur dan minum air putih sangat baik untuk kulit kamu, loh. Lalu hindari juga makanan-makanan berikut ini menjelang hari pernikahan kamu, ya!

1. Makanan berminyak

Hindari makanan berminyak menjelang hari H. Sebagai alternatif, lauk bisa kamu panggang, kukus, pepes dan rebus saja. Gunakan rempah-rempah agar rasanya tetap enak walaupun tidak seenak digoreng seperti yang biasa kamu santap.

2. Makanan pedas

Makanan pedas bisa meningkatkan suhu tubuh kita, loh. Tubuh akan mengeluarkan keringat dan pori-pori menjadi besar. Ketika produksi minyak dan keringat keluar lalu kotoran dan debu hinggap di wajah, saat itulah wajahmu akan berjerawat. Oleh karena itu, hindari dulu ya, aneka makanan pedas favoritmu.

3. Dairy food

Susu, es krim, keju, butter, dan produk olahan susu lainnya sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan wajah berjerawat.  Selain itu, susu yang diperah dari sapi betina yang sedang hamil, ternyata mengandung hormon tertentu dan ketika kamu konsumsi akan menjadi hormon dihydrotestosterone (DHT) yang menyebabkan wajahmu jerawat.

4. Makanan manis dan gula

Mungkin tips keempat ini agak susah untuk para sweet tooth. Namun, kamu harus coba mengurangi asupan gula saat menjelang hari H. Karena gula bisa meningkatkan kadar insulin dalam darah yang memproduksi hormon androgen sehingga membuat kulit kita mudah berminyak. Jadi ketika bridal shower, biarkan saja teman-temanmu yang mencicipi cupcakes-nya.

5. Kopi

Kandungan kafeinnya bisa membuat kamu sulit tidur. Padahal tidur yang cukup sangat dibutuhkan untuk melepaskan stres dan rasa lelah. Kurang tidur juga dapat membuat wajah kamu kusam loh, brides! Untuk itu, hindari meminum kopi sementara waktu hingga hari pernikahanmu selesai, ya.

 

Nah! Tidak perlu galau ya, brides karena harus pantang makanan-makanan favorit kamu. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menjaga kulitmu agar tampil maksimal di hari pernikahanmu nanti.

×