Pernikahan Adat Bugis Makassar di Ritz Carlton Mega Kuningan

By Vonika on under The Wedding

Style Guide

Style

Traditional

Venue

Hotel

Colors

Vendor That Make This Happened

Akad Nikah

Venue Ritz Carlton Mega Kuningan

Event Styling & Decor Airy Design

Photography Bernardo Pictura

Make Up Artist Adi Adrian Ds

Hair Do Harry Oesman

Bride's Attire Sanggar Tamalate

Groom's Attire Sanggar Tamalate

Wedding Organizer Artea Organizer

Others Yoga Septa Makeup

Wedding Reception

Venue Ritz Carlton Mega Kuningan

Event Styling & Decor Airy Design

Photography Bernardo Pictura

Make Up Artist Adi Adrian Ds

Hair Do Penny Hair Do

Bride's Attire Anaz

Groom's Attire Luwi Saluadji

Wedding Organizer Artea Organizer

“Aku dan Troy pertama kali bertemu secara tidak sengaja ketika aku diajak sahabatku untuk makan di rumah makan miliknya. Sebelumnya, aku sudah sangat familiar dengar nama dia karena teman-temanku sering sekali menyebutkan namanya dan kebetulan kami juga berasal dari daerah yang sama, yaitu Makassar sehingga ruang lingkup kami tidak berbeda. Aku dan Troy berpacaran cukup singkat. Hanya sekitar 6 bulan saja. Kami tidak mengartikan ini sebagai pacaran, karena dari awal Troy selalu bilang bukan mencari pacar, tetapi mencari pendamping hidup,” cerita Fauziah.

Dalam urusan lamaran, Fauziah mengaku bahwa Troy selalu membicarakan hal itu, namun tidak selalu ditanggapi serius oleh Fauziah. “Aku pikir itu hanya bercanda saja karena seringnya dia berbicara ingin melamar. Akhirnya aku menantang dia untuk melamar langsung di depan mamaku. Lalu apa yang terjadi? Dia benar melakukan itu,” jelas Fauziah. Setelah Troy mengutarakan niatnya untuk melamar Fauziah, akhirnya kedua keluarga bertemu dengan tujuan untuk menentukan hari lamaran. Setelah kedua keluarga berunding, dipilihlah tanggal 30 Agustus 2015. Hal ini dikarenakan tanggal tersebut berdekatan dengan hari ulang tahun Troy, yaitu tanggal 27 Agustus. Sehingga acara lamaran itu dijadikan sebagai hadiah ter-indah dari Fauziah untuk Troy.

Tidak perlu memakan waktu yang lama untuk Fauziah dan Troy dalam mempersiapkan pernikahannya. Keduanya hanya membutuhkan waktu sekitar 4 bulan saja. Wow, sangat menakjubkan ya, brides! Namun, waktu 4 bulan itu menjadi tantangan terbesar Fauziah dan Troy dalam mencari vendor-vendor yang available. Dikarenakan jarak dari persiapan hingga menuju hari pernikahan mereka terhitung sangat singkat. Ditambah lagi rutinitas Fauziah dan Troy yang masih sambil bekerja. Mereka harus pintar-pintar membagi waktu dan menyempatkan diri untuk mencari vendor-vendor tersebut. “Untungnya saya bertemu dengan Artea Wedding Organizer yang sangat membantu dalam mengurus segala persiapan pernikahan,” tambah Fauziah.

Pernikahan Fauziah dan Troy sangat kental dengan adat Bugis Makassar. Mulai dari prosesi siraman, akad nikah, hingga pesta resepsi. Hal ini dikarenakan mereka berdua berasal dari Sulawesi Selatan. “Kami berdua menjalankan seluruh rangkaian prosesi pernikahan adat Bugis Makassar yang sangat kental dengan adat istiadat dan mengandung banyak arti di setiap prosesinya,” tambah Fauziah.

Selain prosesi adat, Fauziah dan Troy juga menggunakan baju pernikahan adat Bugis Makassar, yaitu baju bodo lengkap dengan perhiasan yang mereka dapatkan dari neneknya. Karena adat Bugis Makassar sudah melekat sekali di keluarga Fauziah dan Troy.

Untuk pesta pernikahan, Fauziah dan Troy telah sepakat untuk mengusung konsep garden, tetapi tetap natural dan homey. “Inspirasi ini aku dapatkan dari majalah dan pinterest. Aku memang sangat suka konsep dekorasi yang natural dan tidak terlalu too much. Oleh karena itu, untuk urusan dekorasi ini, aku pilih Airy Designs yang kebetulan style mereka sangat cocok dengan konsep yang aku inginkan. Jadi, kita sudah sama-sama cocok,” ujar Fauziah.

Dari keseluruhan acara, Fauziah bercerita bahwa yang menjadi highlight di pesta pernikahannya, yaitu ketika kakak Fauziah membawa band-nya untuk perform di acara resepsi pernikahannya. “Itu adalah surprise dari Troy untuk aku. Selain itu, kakak aku selaku vokalis dari band-nya itu secara khusus menciptakan lagu untuk kami. Itu sangat mengharukan. Lalu masih ada surprise lainnya, yaitu Troy dan adiknya Emir menghadirkan Sammy Simorangkir dan Sammy menyanyikan lagu yang berjudul “Dia”. Lagu itu bisa dibilang sangat berarti bagi kami berdua,” tutup Fauziah.

3 Vendor Favorit Fauziah dan Troy.

1. Artea Organizer

Sebagai wedding organizer mereka sangat profesional dan sangat membantu kami. Mulai dari hal yang besar hingga hal yang terkecil. Kami sangat kagum sama mereka.

2. Airy Design

Konsep dan style design mereka sangat cocok dengan style decor yang kami inginkan. Sangat membantu kami untuk menciptakan dekorasi impian kami.

3. Sanggar Tamalate

Mereka sangat profesional. Which i could say they’re are really helpful in every way.

Tips dari Fauziah dan Troy untuk para bride-to-be yang ingin menggelar pesta pernikahan.

“Mempersiapkan hari spesial memang sangat membingungkan, Hal pertama, kalian harus menentukan konsep apa yang ingin digunakan. Setelah itu, pilihlah vendor yang pas. Wedding Organizer akan memberikan beberapa suggestion vendor untuk melengkapi semua detail pernikahan kamu. Namun, semua itu balik lagi kepada pilihan kamu. Apakah kamu merasa cocok atau tidak. Untuk di hari spesial, saran aku jangan terlalu panik. Kamu dan pasanganmu sudah memberikan dan mempersiapkan yang terbaik. Nikmatilah hari spesial kamu dan pasanganmu. Di mana kalian adalah raja dan ratunya.”

×