Etiket Pernikahan untuk Para Tamu

By Langen on under How To

Setelah menerima undangan pernikahan dari sahabat terdekat, tentulah kamu akan memulai merencanakan mengenai pakaian yang kamu kenakan atau tatanan hairdo apa yang kamu pilih. Tetapi ternyata untuk datang ke sebuah pesta pernikahan, kamu juga harus tahu etiket pernikahan untuk para tamu, brides! Yuk simak tips dari The Bride Dept!

DOs:

RSVP

Budaya RSVP di Indonesia memang tidak lazim karena size pernikahan memang tergolong besar di Indonesia. Tetapi akhir-akhir ini, pernikahan dengan konsep warm dan intimate memang sudah menjamur. Dengan konsep tersebut, jumlah undangan pun lebih dibatasi. Jika kamu diundang ke pernikahan dengan konsep tersebut, maka The Bride Dept menyarankan kamu untuk melakukan RSVP agar sang tuan rumah bisa mengestimasi jumlah makanan yang akan dipesan.

Apabila kamu diundang ke destination wedding, maka RSVP wajib kamu lakukan karena hal tersebut berkaitan dengan akomodasi kamu di sana nantinya.

Dress Appropriately

Memilih busana untuk datang ke pernikahan memang sangat membingungkan, apalagi jika tidak ditentukan dress code-nya. Sedikit tips dari The Bride Dept adalah perhatikan venue dan konsep dari pernikahan tersebut. Apabila kamu diundang ke international wedding, maka sebaiknya kenakan dress. Tetapi apabila kamu diundang ke pernikahan dengan konsep tradisional, tidak ada salahnya kamu bereksperimen dengan kain tradisional kan. Selalu sesuaikan pakaian kamu dengan kepribadian kamu juga ya, brides. Jangan sampai kamu merasa tidak nyaman dengan pakaian yang kamu pilih.

Datang Tepat Waktu

Walaupun di pesta pernikahan kamu tidak akan terlalu banyak mengobrol dengan pengantin, tetapi kehadiran kamu sangat ditunggu-tunggu oleh mereka lho! Nah sebaiknya datanglah tepat waktu, apalagi jika kamu berniat untuk hadir di acara ijab kabul atau pemberkatan di gereja. Upacara pernikahan adalah suatu hal yang sakral dan butuh keheningan, jadi jangan sampai keterlambatan kamu menggangu prosesi tersebut. Jika kamu datang telat, lebih baik kamu menunggu hingga upacara selesai daripada beresiko mengganggu upacara.

Berikan Hadiah

Hadiah yang akan kamu berikan bisa bermacam-macam, mulai dari kebutuhan si pengantin baru ini hingga hadiah berupa angpao. Apapun yang kamu berikan, berikan secara tulus ya!

DON’Ts

Membawa tamu tambahan

Pada umumnya satu undangan berlaku untuk dua orang. Oleh karena itu, sebaiknya jangan membawa lebih banyak orang ke pesta pernikahan tersebut. Tidak mau kan menjadi omongan orang jika kamu membawa ‘sekampung’ ke pesta pernikahan? Hehe.

Hanya bermain gadget

Ambil beberapa foto dengan gadget kamu tentunya tidak masalah, asal kamu tidak lupa untuk have fun dan menikmati pernikahannya. Ingat bahwa kamu diundang untuk menyaksikan pernikahan pengantin, bukan untuk bermain gadget.

Post without permission

Beberapa pasangan memiliki sifat yang private, low-key, mereka tidak suka mengumbar hubungannya. Jadi jika kamu ingin post tentang pernikahan mereka si sosial media, pastikan terlebih dahulu kalau mereka tidak keberatan.

Steal the spotlight

The wedding should be about the bride and groom. Sebagai tamu, pastikan kamu tidak mencuri perhatian dari pengantin, jangan berisik, heboh atau membuat keributan ya!

Bagaimana tips dari The Bride Dept? Langsung tuliskan komentar kamu di comment section ya!