Pernikahan dengan Upacara Pedang Pora ala Rilda dan Desta

By Cynthia on under The Wedding

Style Guide

Style

Traditional

Venue

Hotel

Colors

Vendor That Make This Happened

Akad Nikah dan Resepsi

Venue Harris Hotel

Event Styling & Decor Dvalue Decoration

Photography Tosca Pictura

Bride's Attire Laviena

Make Up Artist Marlene Hariman

Wedding Organizer Wildan and Friends

Rilda dan Desta sudah menjalin hubungan selama 9 tahun lebih. Waktu pacaran selama ini tentu bukan sekedar hubungan biasa antara sepasang anak muda. Mereka berdua menjalani hubungan ini dengan penuh rintangan dan tidak mudah. Desta merupakan seorang TNI AD. Profesi ini membuat mereka harus menjalankan hubungan jarak jauh alias LDR selama 7 tahun. Mereka juga harus mengalami masa-masa di mana berkomunikasi hanya bisa dilakukan sekali dalam seminggu.

Awalnya, mereka bertemu di satu sekolah yang sama, yaitu di SMA Negeri 5 Bandung. Ketika menginjak kelas 2 SMA, mereka menjalani pendekatan hampir 3 bulan. Setelah mengenal satu sama lain, akhirnya pada tanggal 13 September 2006, Desta menyatakan cintanya. Walaupun sempat putus nyambung saat di bangku SMA, mereka akhirnya juga tetap selalu balikan. Jodoh memang tidak kemana, kok!

Untuk masalah pernikahan, Desta sebenarnya sudah cukup lama berencana. Namun karena terhalang oleh pendidikan tentaranya, ia baru bisa menyatakan keseriusannya untuk menikahi Rilda pada tahun 2015 lalu. Mereka berdua bersama keluarga sepakat menggelar acara lamaran pada 13 September 2015, tanggal ini bertepatan dengan 9 tahun anniversary mereka. Sedangkan pernikahan Rilda dan Desta digelar pada 13 Februari 2016 di Harris Hotel & Convention festival Citylink, bertepatan dengan ulang tahun Rilda. Tanggal tersebut dipilih bukan karena menjelang Valentine’s Day, namun Desta memang ingin hari bersejarah tersebut terjadi di hari penuh cinta tersebut. Desta juga ingin memberikan kado terindah untuk Rilda di hari ulang tahunnya.

Sejak awal Desta memang bukan tipe pria yang romantis, malahan terkesan sedikit cuek. Lamaran berjalan begitu saja. Desta tiba-tiba menyatakan keinginannya untuk melamar Rilda pada hari anniversary mereka yang ke-9. Mereka mempersiapkan acara pernikahan sekitar satu tahun. Tentu selama mempersiapkan tidak luput dari tantangan-tantangan yang harus dihadapi. Desta yang sibuk sebagai seorang TNI, sedangkan Rilda sebagai dokter, membuat mereka menjadi jarang sekali bertemu. Sehingga untuk mencari vendor cukup sulit karena Desta tidak bisa menemani Rilda. Namun beruntung pada akhirnya Desta mempercayakan seluruhnya kepada Rilda.

Sebenarnya pernikahan mereka tidak mengusung unsur adat tertentu. Namun ada sedikit adat Sunda yang diselipkan setelah prosesi ijab kabul berlangsung. Mereka memakai konsep yang bernuansa dark green, gold, pink, dan white. Kemudian ada sedikit nuansa kebun. Karena Desta merupakan seorang TNI, prosesi pernikahan mereka pun harus menggunakan prosesi pedang pora. Pedang pora merupakan sebuah tradisi pernikahan bagi para perwira militer yang dilaksanakan dalam rangka melepas masa lajang. Prosesi ini diiringi dengan rangkaian pedang berbentuk gapura yang dibentuk oleh hunusan pedang dari rekan-rekan perwira atau adik angkatan dari sang mempelai pria. Di acara pernikahan Rilda dan Desta terdapat 8 pasang yang melakukan pedang pora dan 1 komandan pedang pora, yaitu 1 MC pedang pora, 1 pembaca puisi, dan 2 org pembawa baki yg berisi cincin kawin dan baju persit.

Kedua mempelai menerima pemasangan cincin yang melambangkan bahwa keduanya akan bersama-sama mengarungi bahtera kehidupan baru. Mempelai wanita diberikan pakaian PERSIT (Persatuan Istri Tentara) sebagai lambang bahwa mempelai wanita telah siap mendampingi suami sebagai istri seorang prajurit, dan juga sebagai pertanda bahwa ia telah diterima sebagai bagian dari Persit Kartika Chandra Kirana. Pakaian tersebut diberikan oleh komandan sang perwira beserta istrinya. Tentu prosesi pedang pora ini merupakan momen paling berkesan yang ada pada pernikahan Rilda dan Desta. Prosesinya berlangsung dengan sangat khidmat. Sekitar 1000 tamu undangan menghadiri acara pernikahan mereka. Momen ini benar-benar membuat Rilda menjadi tegang, bahkan sampai lupa senyum.

Pada awal mempersiapkan pernikahan, mereka sempat blank dalam memilih vendor. Namun Rilda dan Desta akhirnya bertemu vendor-vendor yang luar biasa seperti @tslaviena untuk pembuatan kebaya. Kebaya yang dibuat oleh Laviena benar-benar sesuai dengan keinginan Rilda, mulai dari warna hingga model. Kemudian vendor Wildan & Friends (@wildan_setiawan) membantu acara mereka dari awal hingga akhir, bahkan mulai prosesi siraman hingga resepsi pernikahan. Untuk dekorasi, Rilda dan Desta hanya menyampaikan apa yang mereka inginkan saja. Selanjutnya semuanya dipercayakan kepada pihak dekorasi. Dan hasilnya pun benar-benar memuaskan. Hari bahagia Rilda dan Desta diabadikan oleh @toscapictura. Hasil foto vendor yang satu ini sangat memuaskan dan di luar dugaan mereka. Rilda dan Desta merasa sangat bahagia karena mereka bersama seluruh vendor bisa sangat dekat, malah berasa jadi keluarga sampai sekarang .

Top 3 vendor pilihan Rilda dan Desta

1. Laviena

Koleksi kebaya pernikahan dari Laviena memang tidak perlu diragukan lagi. Kita hanya tinggal request sesuai keinginan saja. Kemudian mereka akan benar-benar membuat sebuah kebaya sesuai dengan apa yg diinginkan oleh customer. Dan yang paling penting, jahitan mereka juga sangat rapi. Mereka juga bersedia mendengar saran dan kritik dari customer-nya.

2. Tosca Pictura

Hasil foto-foto dari Toscapictura ini selalu di luar dugaan dan amazing. Tak hanya itu saja, cara fotonya pun selalu unik.

3. Wildan and Friends

Wedding Orgaziner yang satu ini benar-benar sangat membantu Rilda dan Deata dalam menjalankan seluruh rangkaian acara. @wildan_setiawan benar-benar membantu mereka dari mulai prosesi siraman, hari H, hingga benar-benar selesai semuanya. Seluruh crew-nya pun asyik, sehingga tidak membuat tegang.

Rilda dan Desta juga membagikan tips untuk pembaca The Bride Dept dalam mempersiapkan pernikahan. Sebaiknya jangan tergesa-gesa untuk memilih vendor. Pilihlah vendor yang benar-benar bisa merealisasikan keinginan hati kalian. Kemudian pada saat hari H, percayakan semuanya pada vendor karena mereka pasti akan memberikan yang terbaik untuk kita.

×