Mempersiapkan Lamaran dalam Waktu Kurang dari 1 Minggu!

By alandakariza on under How To

Karena waktu itu calon suami tiba-tiba bisa berangkat lebih cepat untuk menempuh pendidikan S2 di luar negeri, saya dan keluarga harus mempersiapkan acara lamaran dalam waktu tiga hari, walaupun acara pernikahannya sendiri baru akan diselenggarakan satu tahun berikutnya.

Berikut beberapa hal yang saya dan keluarga lakukan dalam tiga hari tersebut. Mungkin tips ini berguna bagi kalian yang harus merencanakan acara lamaran dalam waktu kurang dari satu minggu:

1. Pinjam kebaya dan aksesoris
Dengan waktu hanya tiga hari, saya tentunya tidak sempat untuk membeli, apalagi membuat kebaya baru. Saya punya beberapa kebaya yang masih muat untuk digunakan, seperti kebaya saat wisuda. Tapi, warnanya tidak cocok dengan tema yang kami inginkan. Jadi, saya meminjam kebaya milik tante saya. Agak longgar memang, tapi ternyata tetap cantik untuk dipakai! Saya juga meminjam aksesoris dari tante saya yang lain.

2. Dekorasi DIY
Keterbatasan waktu dan budget juga membuat saya tidak bisa menggunakan jasa vendor dekorasi untuk acara lamaran kami. Akhirnya, saya memesan kursi dan pesta dari vendor penyedia alat pesta di dekat rumah, dan memesan sejumlah bunga untuk mempercantik rumah. Kebetulan, kami memiliki beberapa vas yang bisa digunakan untuk menempatkan bunga tersebut.

3. Memesan makanan favorit untuk catering
Lamaran kami diselenggarakan 1 hari sebelum tahun baru, sehingga banyak vendor catering yang sudah libur. Saya dan ibu saya memutuskan untuk memesan salah satu restoran soto favorit kami untuk menyajikan makanan di acara lamaran. Trik ini juga menekan budget, mengingat satu porsi soto hanya seharga Rp15.000,- dan tidak ada minimum order, sementara jika menggunakan catering, bisa sekitar Rp50.000,- per porsi dan harus memesan minimal 100 porsi — lebih banyak dari jumlah tamu!

4. Membeli body care paket untuk hantaran
Walaupun ada pasangan yang bertukar seserahan dan angsulan di hari lamaran, saya dan pasangan tidak melakukannya. Kami memutuskan untuk melakukannya di hari akad nikah. Namun, calon suami saya tetap membawakan “seserahan” kecil-kecilan. Ia membelikan paket body care yang sudah di-wrap di mal. Gampang didapat dan sudah dibungkus dengan cantik.

Nah ternyata sebuah acara lamaran bisa disiapkan dalam 3 hari saja lho!

×