10 Destinasi Bulan Madu Terbaik di Indonesia

By NSCHY on under How To

Bulan madu adalah hari yang paling ditunggu-tunggu bagi pengantin baru. Pasalnya, selain merupakan perjalanan pertama sebagai suami istri, bulan madu juga merupakan waktu dimana kalian bisa cuti berdua dan mulai mengenal satu sama lain lagi.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia kaya akan keindahan alamnya yang wajib dilirik untuk menjadi destinasi bulan madu. Yuk simak beberapa tempatnya.

1. Bali

Mau bulan madu ke tempat yang mainstream? Bali lah jawabannya! Meskipun mainstream dan terkenal akan persebaran bule yang cukup luas, Bali menawarkan berbagai tempat etnik yang masih khas dengan kekayaan budaya lokalnya yang bisa kamu temukan dimana-mana. Coba kunjungi Ubud untuk penyedia resort dengan keindahan alam namun juga tempat romantis untuk para pasangan baru. Tidak jarang, di Bali menyediakan paket untuk para pengantin baru lho! Saat di Bali, usahakan kamu menghindari tempat-tempat yang ramai akan wisatawan, kunjungi pantai-pantai yang masih asri seperti Pantai Blue Point, Padang-Padang, serta Dreamland. Untuk menghabiskan waktu malam hari bersama pasangan di bar, kamu bisa mengunjungi daerah Seminyak, di situ tersedia banyak bar dan kafe.

2. Lombok

Lombok juga menjadi pilihan untuk para pengantin baru. Tidak kalah dengan Bali, Lombok juga menawarkan berbagai nama pantai cantik yang masih terjaga keasriannya, bahkan menjadi pilihan yang cocok karena masih asri dan terhindar dari berbagai turis wisatawan. Berbagai tempat yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Mawun, menikmati matahari tenggelam di Senggigi dan mencoba mendaki gunung di Gunung Rinjanji. Hm, rasanya berbagai kegiatan bisa dilakukan di Lombok, ya?

3. Pulau Komodo

Nah, yang satu ini cocok untuk para pecinta binatang. Kalau kamu ingin melihat Komodo dari dekat, Pulau Komodolah yang menjadi jawabannya. Terleta diantara Sumbawa dan Flores, Pulau Komodo juga menawarkan tempat yang tepat untuk berkayaking dan kemping lho. Selain melihat Komodo dari dekat, Taman Nasional Komodo juga memberikan kesegaran mata dengan keindahan alam bawah lautnya yang dipenuhi dengan berbagai macam terumbu karang yang bisa menjadi tempat menyelam. Selain Komodo, ada lumba-lumba dan ikan penyu juga lho!

Untuk waktu santai, kamu bisa berleyeh-leyeh di pinggir pantai dengan pasir merah mudanya yang terkenal itu. Cocok untuk pasangan yang sedang jatuh cinta!

4. Gili Trawangan

‘Pulau Pesta’ ini dikenal dengan berbagai kegiatan di pinggir pantainya, yang tidak jauh jauh dari berpesta. Banyak kafe, bar dan juga tempat nongkrong di pinggir pantai ini. Banyak juga resort yang berada di pinggir pantai yang membuatmu bisa bersantai dengan pasangan di kamar sambil menikmati keindahan alam di Gili. Gili juga sangat bersahabat untuk para pengantin baru karena menawarkan beberapa kegiatan yang romantis, salah satunya berkuda mengelilingi pantai. Di malam hari, kamu bisa ikut berpesta dengan wisatawan sekitar atau menghabiskan waktu berdua di scallyways dan berbagai kafe romantis di pinggir pantai. Jika bertemu dengan pasangan bulan madu lainnya, bisa juga ajak untuk BBQan bersama!

5. Ijen

Untuk suasana romantis yang berbeda, rayakanlah status rumah tangga barumu dengan mengunjungi Ijen, Banyuwangi. Kawah Ijen bisa dinikmati di kala terang maupun gelap. Dengan warna hijau toscanya itu, Kawah Ijen dapat menjadi tempat romantis untuk para pengantin baru, namun bila kamu sudah sampai sana, sempatkan diri untuk melihat blue fire saat tengah malam. Hm, pemandangan ini banyak dinantikan oleh turis dan menjadi salah satu momen romantis untuk kalian berdua menikmati pemandangan alam yang indah. Ditambah suhu malam yang dingin, dijamin kalian akan semakin hangat berdua.

6. Sumbawa

Sumbawa adalah salah satu kepulauan Indonesia yang terletak di bagian timur Bali dan Lombok yang masih termasuk bagian dari Nusa Tenggara Barat. Terkenal dengan wisata turis dan juga pasir putihnya yang indah, pulau ini menjadi pusat perhatian untuk kamu pasangan yang suka surfing. Jangan lupa kunjungi Pulau Moyo yang merupakan pulau kecil yang terletak di Sumbawa Utara ya, romantis untuk kalian para pasangan baru! Ada juga Pantai Tropis yang terkenal dengan pasir putihnya, ataupun Gunung Tambora untuk menikmati gunung volcano.

7. Yogyakarta

Ingin berbulan madu dengan keindahan Indonesia? Yogkartalah jawabannya! Memberikan suasana budaya Indonesia yang tradisional, Yogyakarta juga menawarkan berbagai keindahan alamnya, seperti Kaliurang dan Sleman. Ada juga berbagai wisata candi yang bisa kamu nikmati seperti Candi Borobudur yang juga menjadi tempat yang tepat untuk menikmati matahari tenggelam di senja nanti, ada pula Ratu Boko dan Prambanan. Berkeliling di pohon beringin kembar dan mencoba tantangan jalan menutup matanya, menghabiskan waktu di Pantai Parangtritis, dan juga jalan-jalan santai di Malioboro. Untuk aktivitas outdoornya juga, kamu bisa menikmati wisata Goa Pindul atau mencoba mendaki gunung bersama pasangan. Bisa gunung Merapi, Merbabu ataupun Lawu. Jika memungkinkan, bisa tuh kalian mencoba untuk camping berdua. Romantis, bukan?

8. Sulawesi

Tidak hanya Bali, ternyata Sulawesi diam-diam memberikan wisata alam air yang sangat menggoda, seperti Pulau Togean yang terletak di Kabupaten Tojo, Una-una, pulau ini terlihat indah ditemani dengan batu karangnya berbagai macam yang hidup bersama dengan binatang-binatang laut seperti kura-kura, kuskus, kepiting, dan berbagai binatang yang hanya hidup di Pulau Togean.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Pulau Bulupoloe yang terkenal dengan pasir putihnya yang belum banyak dijamah oleh turis dan wisatawan. Kombinasi pasir putih dan air yang jernih ditambah dengan berbagai batu karang yang cantik serta ikan berwarna-warni menjadikan tempat ini cocok untuk berbulan madu kalian.

9. Kepulauan Seribu

Pastinya yang satu ini sudah banyak dikenal sebagai wisata air yang hemat di kantong, karena biaya transportasinya yang cukup murah terutama dari Jakarta dan sekitarnya, namun juga menawarkan keindahan alam yang sama cantiknya.

Di Kepulauan Seribu, kamu bisa mengunjungi Pulau Tidung yang sempurna untuk kamu yang mencari keheningan karena di Pulau Tidung tidak ada ombak yang besar dikarenakan banyaknya batu karang berbaris. Cobalah untuk melompat berdua dengan pasanganmu dari Jembatan Cinta yang terkenal itu. Melepaskan stress dan juga cukup romantis lho!

Selain Tidung, kamu juga bisa mengunjungi Pulau Semak Daun yang cocok untuk kemping. Pengalaman yang menyatu dengan alam sebagai pengantin baru dapat menjadi pengalaman yang tak terlupakan juga lho. Paling tidak, cobalah satu atau dua malam untuk berkemping ria.

 

Diluar itu, masih ada Pulau Harapan, Pulau Macan atau Pulau Pari yang patut kamu kunjungi!

10. Kepulauan Riau

Seperti yang kita tau, Riau sudah mulai menjadi pusat perhatian para wisatawan karena keindahan alamnya, salah satunya Pulau Bintan.

Di Pulau Bintan, kamu bisa menikmati hari di pinggir pantai bersama pasangan dengan menyewa pondok kecil ataupun hanya beralaskan kain pantai di atas pasir di Pantai Trikora. Kamu bisa juga menikmati batu gratis yang menjadi penghias di Pantai Lagoi yang biaya masuknya menggunakan mata uang dollar. Pulau Penyengat, Vihara Avalokitesvara, Waduk Pulau Bintan, dan menjelajah Hutan Mangrove juga dapat menjadi salah satu kegiatan romantis untuk kalian para pasangan baru!

Pada dasarnya, dimanapun kamu berada, jika bersama pasangan, pasti semuanya jadi menjadi lebih indah!

×