8 Trik Jitu DIY Undangan Pernikahan

By NSCHY on under How To

Menyewa vendor untuk membuat desain undangan pernikahanmu sendiri mungkin akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan memuaskan. Tapi, untuk kamu yang ingin memberikan sentuhan pribadi dan berkontribusi langsung dalam pernikahanmu, mungkin salah satu hal mudah yang dapat dilakukan adalah mendesain undangan pernikahan sendiri.

Sebenarnya, mendesain undangan sendiri itu nggak sulit kok. Yang penting tau triknya, dijamin undangan pernikahanmu semakin berkesan!

1. Browsing Pinterest

Biasanya, konsep dan tema undangan pernikahan disesuaikan dengan konsep dan tema pesta pernikahanmu, entah itu berkonsep warna putih, entah itu berkonsep taman dan ataupun yang lainnya. Banyak-banyaklah browsing konsep, referensi website yang bisa menjadi andalan pada brides to be adalah Pinteset untuk konsep dan tema ataupun bagian wording.

Cetak atau simpan berbagai konsep yang ingin kamu ikuti dan kombinasikan beberapa konsep yang kamu ingini untuk menjadi konsep ala kamu dan pasangan sendiri.

2. Download berbagai font gratis

Dalam mendesain, yang paling utama adalah grafis yang kamu buat dan juga pilihan font yang kamu pilih. Untuk mempercantik desainmu, download berbagai font gratis yang ada di internet sesuai dengan konsep dan tema pilihanmu. Sesuaikan juga font dengan tema desainmu, entah itu konsep yang tegas, manis, ataupun minimalis.

3. Cari template desain

Kalau memungkinkan, ada baiknya kamu belajar untuk membuat grafis minimalis atau desain simple untuk undangan pernikahan kamu. Namun jika tidak memungkinkan, kamu bisa browsing dan download template desain yang menarik hatimu. Usahakan juga template desain tersebut yang dapat diberikan sentuhan pribadi lagi sehingga kamu tidak mendapatkan desain undangan pernikahan yang ‘pasaran’ atau sama dengan yang lainnya.

4. Cari grafis simple

Selain memilih font yang menarik, kamu juga harus memasukkan desain grafis yang simple yang dapat diunggah dari internet, misalnya bentuk bunga, ranting, ataupun polkadot yang bisa ditempelkan sebagai hiasan.

5. Belilah kertas tebal berwarna

Jika kamu memutuskan untuk membuat undangan pernikahan sendiri supaya mengurangi budget, membeli kertas tebal berwarna dapat membantu Anda untuk mempercantik undangan namun tetap dalam biaya yang terjangkau. Dengan memakai kertas tebal yang berwarna, undanganmu akan tetap terlihat cantik walau hanya menggunakan warna hitam sebagai warna tulisan.

Perhatikan kualitas kertas yang kamu pilih, dengan mencetak sendiri di rumah, usahakan kamu memilih kualitas kertas yang baik dengan bahan yang tebal. Kalau bisa juga, pilihkan kertas dengan tekstur, bunga-bunga, polkadot, stripes atau tekstur lainnya.

6. Beli pernak pernik lucu

Belajar mendesain dalam waktu singkat mungkin sedikit menantang dan tidak bisa termaksimalkan karena waktu yang singkat. Nah dengan desain yang minimalis, kamu tetap bisa mendapatkan desain undangan yang menarik dan cantik dengan menempelkan pernak pernik lucu seperti potongan lace, bahan suede, kulit, jeans atau pita berwarna lucu senada dengan konsep pernikahanmu.

7. Potong dengan bentuk

Aspek kreativitas dan keunikan lain dari undangan pernikahanmu dapat ditunjukan dari potongan kertas undanganmu. Belilah gunting bergerigi atau bergelombang untuk menggunting ujung kertasmu sebagian untuk memberikan efek yang manis.

8. Buatlah amplop sendiri

Tidak hanya kartu undangan saja yang butuh desain, amplopnya juga harus kamu perhatikan karena itu menjadi bagian terluar yang menarik perhatian tamumu. Yang simple, buatlah amplop sendiri dari bahan karton cokelat atau yang sudah jadi tinggal kamu berikan sentuhan pribadi sendiri dengan kreativitasmu.

Untuk desain yang lebih kreatif, kamu juga bisa mengganti amplop dengan kain blacu yang sudah dipotong dan dibentuk menjadi amplop. Kreatif, kan?

Yuk belajar mendesain mulai dari sekarang!