7 Peran Keluarga di Hari Pernikahanmu

By NSCHY on under How To

Menyewa vendor untuk mengurus semua kebutuhan pernikahan memang merupakan cara yang paling mudah dan efektif mengingat bahwa acara kamu dipegang oleh tangan yang sudah terpercaya. Jika dibandingkan dengan keluarga, mereka mungkin bukanlah pihak-pihak yang professional di bidang pengurusan pernikahan, tapi mereka merupakan pihak yang peduli denganmu. Seberapa barupun mereka di bidang ini, pastinya mereka juga mempunyai tujuan yang sama denganmu: membuat pesta pernikahan kamu sebagus dan sesukses mungkin. Keluarga yang kamu percaya pasti dapat mewujudkan keinginan yang sama, pesta pernikahan yang sempurna. Jadi, nggak ada salahnya kamu melibatkan mereka dalam persiapan bahkan memberikan mereka tugas di hari pernikahanmu.

1. Menjadi MC

Jika salah satu anggota keluargamu ada yang mahir dalam public speaking, tak ada salahnya melibatkan mereka untuk menjadi MC. Pilihlah sepasang anggota keluargamu untuk menjadi MC, lebih baik yang seumuran denganmu agar dapat membawa acara dengan santai dan juga membawa suasana. Aku sendiri pernah datang ke acara lamaran yang dipandu oleh pihak keluarga dan jalannya acara menjadi lebih lancar daripada acara yang dibawakan oleh MC.

2. Menjadi penaggungjawab vendor makanan

Salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan saat pesta pernikahan berlangsung adalah makanan. Tidak jarang vendor katering mengakali untuk mengurangi makanan yang keluar. Oleh karena itu kamu wajib mengerahkan satu atau dua anggota keluargamu untuk mengawasi seluruh spot makanan agar mereka selalu terisi dan memastikan bahwa tamu undanganmu mendapatkan makanan yang cukup.

3. Pembaca bacaan Ayat Suci

Dalam akad nikah secara Islam, umumnya selalu diadakan pembacaan ayat suci. Untuk membuat suasana lebih intim dan terasa kekeluargaannya, ada baiknya kamu mengerahkan anggota keluargamu untuk membacakan ayat suci tersebut. Kamu lebih menghayati, suasanapun juga menjadi lebih kekeluargaan.

4. Menjaga cincin pernikahan

Cincin merupakan simbol pernikahan yang paling utama. Oleh karena itu, pilihlah keluargamu yang paling terpercaya untuk selalu menjaga keberadaan cincin tersebut sebelum kamu dan pasangan menyematkannya di jari manis masing-masing.

5. Among Tamu

Among Tamu umumnya memang dilakukan oleh anggota keluarga, tujuannya adalah untuk menyambut tamu-tamu keluarga yang datang dan menandai siapa-siapa saja yang datang, selain dari buku tamu yang akan mereka isi.

Jika kamu menikah di gedung yang agak besar, umumnya akan ada dua atau tiga pernikahan dalam satu waktu yang memungkinkan tamu salah mendatangi ruangan. Oleh karena itu, inilah tugas Among Tamu yaitu untuk memastikan bahwa tamumu datang ke tempat yang benar. Kadangkala, tamu yang merupakan keluarga jauh tidak mengingat namamu, mereka mengingat nama orang tuamu dan itulah yang umumnya tidak diketahui jika Among Tamu diisi selain dari keluarga.

6. Penjaga Buku Tamu

Selain Among Tamu, penjaga buku tamu juga umumnya diisi oleh anggota keluarga. Karena di sinilah tempat para tamu undangan menitipkan hadiah pernikahan yang seharusnya dijaga oleh orang terpercaya, siapa lagi kalau bukan anggota keluargamu.

7. Menyimpan kotak angpao seusai acara

Salah satu hal yang paling sensitif jika menyangkut sebuah acara adalah uang. Oleh karena itu, untuk menghindari kesalahpahaman ataupun kejadian yang tidak diinginkan, lebih baik kamu mengutus salah satu anggota terpercayamu untuk stand by di kotak angpao menjelang berakhirnya acara. Sehingga saat acara selesai, ia bisa langsung mengamankan kotak tersebut agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

×