30 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebulan Menjelang Pernikahan (Part 1)

By Rebebekka on under How To

Sebulan menjelang pernikahan adalah saat – saat yang tegang. Idealnya, hal – hal besar seperti venue, catering, dekorasi dan lainnya sudah dipersiapkan dan diurus di bulan – bulan sebelumnya.  30 hari menjelang pernikahan kamu tinggal mempersiapkan hal – hal yang detail untuk diri sendiri, pasangan dan orang – orang terdekat. Apa saja sih yang harus dilakukan dan dipersiapkan, berikut listnya :  

  1. Fitting dress pernikahan : Dengan harapan bentuk badan kamu tidak akan berubah lagi di sebulan terakhir menjelang hari H, maka kamu bisa melakukan fitting kebaya atau dress kamu saat ini. Supaya jika masih ada yang kebesaran atau malah kesempitan bisa segera diperbaiki.
  2. Makan malam spesial bersama keluarga : Tidak terasa setelah bertahun – tahun tinggal bersama dengan mereka, kamu akan segera meninggalkan rumah untuk tinggal berdua dengan suami kamu. Siapkan makan malam spesial khusus untuk keluarga kamu dan nikmati saat – saat terakhir bersama mereka.
  3. Dokumen untuk catatan sipil : KTP, surat keterangan belum menikah, akta lahir, kartu keluarga serta pas photo dikumpulkan ke dalam satu map agar tidak tercecer.
  4. Decluttering isi lemari : Dengan menikah dan tinggal bersama suami, kamu tidak perlu membawa semua barang dan baju – baju kamu dari rumah. Psst, barang dan baju baru bisa kamu minta sama suami nantinya. Sisihkan sebagian dan kamu bisa berikan kepada adik atau mereka yang membutuhkan.
  5. Packing untuk pindah rumah : Setelah menyisihkan barang – barang kamu, jangan lupa untuk packing agar setelah menikah barang dan baju bisa langsung ikut serta dengan kamu.
  6. Konfirmasi segala kebutuhan bulan madu : Cek kesiapan tiket pesawat, hotel, tiket theme park dan lain sebagainya.
  7. Packing untuk honeymoon : Jangan sampai lingerie yang sudah dipersiapkan sahabat – sahabat kamu ketinggalan!
  8. Buat itinerary honeymoon : Agar masa – masa bulan madu menjadi indah dan tak terlupakan jangan lupa siapkan itinerary perjalanan kalian.
  9. Persiapan emergency kit : Cek isinya di artikel The Bride Dept berikut.  
  10. Cek bridesmaid : Pastikan dress, aksesoris dan segala perlengkapan mereka sudah siap.
  11. Cek groomsmen : Sama dengan diatas apalagi pria terkadang suka cuek dan pelupa.
  12. Beli thank you gift : Beli hadiah sebagai ungkapan rasa terima kasih yang akan diberikan untuk orang – orang yang sudah membantu kamu.
  13. Cetak kartu ucapan terima kasih : Lengkapi hadiahnya dengan kartu ucapan yang kamu buat sendiri.
  14. Tulis surat cinta untuk pasangan : Kesibukan dan ketegangan menjelang pernikahan bisa membuat pasangan kamu merasa terlupakan. Buat surat untuknya yang berisi rasa terima kasih dan bahagianya kamu karena akan menikah dengannya. Pasti dia senang!
  15. Bicara masalah finansial bersama pasangan : Sisihkan waktu untuk bicara serius dengan pasangan bagaimana kalian akan mengatur keuangan setelah menikah nanti.

Nah masih ada 15 hal yang harus kamu persiapkan. Tunggu post selanjutnya ya!