4 Hal yang Harus Diperhatikan ketika Food Test

By arinda.p on under How To

Rasa dan kualitas makanan katering pernikahan bisa dibilang adalah salah satu elemen terpenting dalam pernikahan. Maklum, makanan kan menjadi salah satu cara kita menghargai tamu yang sudah meluangkan waktunya untuk datang ke acara pernikahan kita. Jadi, tidak heran apabila banyak calon pengantin dan terutama para orang tua yang sangat mementingkan rasa dan kualitas makanan katering yang akan dihidangkan pada hari pernikahan. Contohnya, ketika saya menikah setahun kemarin, kami sampai melakukan food test hingga lima kali, lho! Bukan karena kami banyak keluhan terhadap pihak katering, tapi karena hampir semua menunya enak sehingga kami bingung mau pilih yang mana hihi. Nah, hari ini saya akan berbagi mengenai 4 hal yang harus diperhatikan ketika food test!

  1. Rasa dan kualitas

Rasa dan kualitas tentu saja harus menjadi fokus nomor 1. Kalau bisa, ajak keluarga kamu ketika food test untuk memastikan bahwa rasa dan kualitas dari menu yang dihidangkan bisa diterima semua orang. Kalau kamu hanya datang ke food test sendirian atau berdua dengan pasangan, takutnya kamu akan menjadi kurang objektif dalam menilai rasa dan kualitas menu yang terhidang.

  1. Presentasi penyajian

Nah, presentasi penyajian juga menjadi hal yang penting dan harus diperhatikan ketika kamu melakukan food test. Pastikan porsi yang dihidangkan adalah porsi yang nantinya akan dihidangkan ketika acara pernikahan. Jangan sampai porsi makanan ketika acara pernikahan lebih kecil daripada porsi ketika food test, karena hal ini berarti kamu harus memesan porsi lebih banyak. Selain itu, mengingat kebanyakan acara pernikahan di Indonesia yang merupakan standing party, kamu juga harus memilih menu makanan yang mudah dimakan dalam keadaan berdiri. Meskipun kamu disediakan meja dan kursi ketika melakukan food test, sesekali cobalah makan dalam keadaan berdiri supaya kamu yakin nantinya para tamu undangan akan mudah memakannya saat hari pernikahanmu.

  1. Jangan puas dengan hanya sekali food test!

Ya, kalau menurut kamu ada makanan yang kualitasnya kurang dan kamu ingin mencoba makanan lainnya sebagai pengganti, jangan ragu untuk meminta food test tambahan. Bagaimanapun juga, kebutuhan katering memiliki persentase terbesar dalam budget pernikahan kamu, lho! Jadi ,jangan puas dengan hanya sekali food test. Percaya deh, kalau memang catering tersebut reliable, mereka tidak akan keberatan jika kamu meminta food test lagi.

  1. Catat semua komentar ketika food test

Jangan lupa juga untuk mencatat komentar kamu, pasangan kamu, atau keluarga kamu ketika food test dan menginformasikannya kepada pihak vendor agar panitia dari keluarga ataupun WO yang kamu tunjuk bisa menyocokkan hasil dari komentar tersebut dengan kualitas makanan ketika food test berikutnya. Dengan demikian, kamu pun akan menyukai hasilnya!

Nah, kira-kira 4 hal itulah yang harus kamu perhatikan ketika food test nanti! Good luck dan semoga kamu puas dengan vendor katering yang kamu pilih ya!

×