4 Kesalahan Memilih Warna Dekorasi Pernikahan

By arinda.p on under How To

Warna adalah salah satu hal yang paling krusial dalam dekorasi pernikahan karena ini akan menjadi benang merah dari keseluruhan elemen. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi  kamu untuk memberikan perhatian lebih dalam memilih warna pada dekorasi pernikahan. Hari ini, The Bride Dept akan berbagi informasi mengenai 4 kesalahan memilih warna dekorasi pernikahan yang biasa dilakukan calon pengantin dan cara mengatasinya!

1. Memilih terlalu banyak warna

Janganlah memilih terlalu banyak warna untuk dekorasi pernikahan. Apabila kamu memilih lebih dari 3 warna, dekorasi pernikahan kamu akan tampak sangat ramai dan malah bisa terlihat seperti pesta ulang tahun! Jika kamu sudah membaca artikel cara membuat konsep pernikahan ini, Fradhea dari Airy Design menyarankan untuk memilih maksimal 3 warna saja sebagai main color dari pernikahan mu ini.

2. Memadukan semua warna terang

Kesalahan ini lebih sering terjadi pada pernikahan tradisioanl karena pada dasarnya pernikahan tradisional lebih banyak menggunakan warna terang dan ngejreng. Tetapi ingat, kamu masih harus memiliki warna basic yang membantu untuk men-tone down tema warna pernikahan kamu secara keseluruhan. Misalnya, apabila kamu menikah dengan adat Minang, warna merah adalah wajib hukumnya tetapi kamu bisa mengakalinya dengan warna-warna basic seperti off white atau champagne. Selain tidak terlalu ngejreng, warna ini dapat membuat pernikahan kamu terlihat semakin elegan! Kami tidak menyarankan kamu memilih warna terang lainnya, seperti fuschia, karena bisa-bisa menyilaukan mata para undangan saking ngejreng-nya pernikahan kamu!

3. Memilih pattern yang tidak sesuai

Nah, kalau yang ini biasanya terjadi pada international wedding. Berbeda dengan traditional wedding, pada international wedding biasanya sang calon pengantin justru lebih sering bermain pattern. Contohnya, tahun lalu banyak sekali calon pengantin yang memilih pattern chevron. Memilih pattern ini memang harus berhati-hati juga, paling maksimal gunakan lah hanya 2 patterns pada keseluruhan dekorasi pernikahan mu. Lebih dari itu, dekorasi pernikahanmu akan terlihat memusingkan. Selain itu, kombinasikan lah pattern kecil dengan pattern besar. Hasilnya pasti akan lebih cantik!

4. Tidak memikirkan ambiance dari venue pernikahan itu sendiri

Banyak dari calon pengantin yang justru sudah memiliki angan-angan untuk tema warna pernikahan padahal belum tahu akan dilakukan di mana pernikahan itu sendiri. Padahal, tidak semua venue itu cocok dengan warna yang sudah kamu pilih. Salah satu contohnya adalah Balai Sudirman di Jakarta. Kalau kamu sudah pernah ke venue tersebut, tentu kamu tahu bahwa di Balai Sudirman sangat dominan warna emas dan merah. Sehingga kalau kamu menginginkan pernikahan dengan tema warna biru, hasilnya tentu tidak akan maksimal kecuali jika vendor dekor kamu mengeluarkan effort lebih untuk menutup tirai tinggi mereka yang berwarna merah tersebut. Jadi sebenarnya akan lebih baik jika kamu melihat venue pernikahan mu dahulu baru menentukan tema warna yang cocok untuk disana. Tapi kalau kamu memang ada budget lebih dan mau menyulap habis-habisan sih, why not ya? Hehe.

Nah, begitulah 4 kesalahan yang biasa terjadi pada saat memilih warna dekorasi pernikahan. Semoga membantu kamu ya, brides!