4 Kesalahan Terbesar Saat Menyusun Budget Pernikahan

By NSCHY on under Budgeting, How To

Sebelum kamu terjun langsung untuk mencari vendor dan juga mempersiapkan pernikahan, hal pertama yang kamu lakukan pastilah menentukan budget pernikahan. Menentukan budget pernikahan inilah yang berfungsi untuk membatasimu agar tidak over budget. Sayangnya, beberapa pasangan justru mengalami kesulitan saat menentukan budget pernikahan dan membuatnya over budget.

Agar kamu tidak mengalami hal yang serupa, yuk hindari hal berikut.

1. Kurang realistis
Tentu setiap orang menginginkan pernikahan yang sempurna sesuai dengan imajinasi dan juga harapannya. Namun, kembali lagi, apakah tabunganmu sudah cukup untuk mewujudkan itu semua? Hal pertama yang perlu kamu pegang teguh adalah pernikahan yang sempurna tidak perlu mewah, yang penting diisi oleh orang-orang penting dalam hidupmu. Sederhana juga bisa mengesankan, lho!

2. Komunikasi tidak lancar dengan vendor

Malu atau enggan untuk cerewet dengan vendor adalah musuh saat mempersiapkan pernikahan. Kamu menginginkan dekorasi dengan bunga plastik namun sang vendor menawarkan bahwa bunga asli akan jauh lebih cantik yang kamu setujui tanpa mempertanyakan kembali tambahan harga yang harus kamu bayar. Hal-hal kecil tersebutlah yang akan mengarahkan kamu kepada over budget saat pernikahan. Untuk itu, pastikan untuk menanyakan detail setiap dekorasi dan persiapan pernikahanmu. The Bride Dept juga menyarankan agar kamu menanyakan jelas mengenai term pembayaran agar kamu bisa mengatur cashflow kamu.

3. Terlalu menuntut diri sendiri

Katering 600 rasanya sudah cukup untuk 300 undangan, namun karena kamu khawatir akan tamu yang tidak puas atau kurangnya makanan di pernikahanmu, kamu memutuskan untuk memesan katering untuk 700 porsi. Penambahan tersebut memang terlihat kecil, namun jika kamu mengaplikasikan hal yang sama untuk dekorasi bunga yang ingin lebih banyak, bahan taplak meja yang ingin lebih tebal daripada perjanjian, pasti budget yang kamu keluarkan lebih besar daripada persiapan sebelumnya.  Tenang, everything’s going to be okay!

4. Kurangnya survey

Vendor yang kamu rasa murah mungkin masih kalah murah dan terjangkau dibandingkan yang digunakan oleh temanmu sebelumnya. Dalam mempersiapkan pernikahan, riset akan sangat membutuhkan waktu. Namun waktu yang kamu gunakan untuk riset itulah yang akan membuahkan hasil yang lebih maksimal, mulai dari kualitas dan juga harga. Jadi, sebelum kamu memutuskan, pastikan kamu sudah mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari rekanmu yang sudah berpengalaman sebelumnya.

Yuk hindari over budget!