4 Tips Membangun Rumah Tangga dengan Rekan Kerja atau Bisnis

By NSCHY on under How To

tips rumah tangga

Cinta lokasi bisa terjadi di mana aja, sekolah, kampus, bahkan tempat kerja. Sayangnya, tempat kerja menjadi salah satu tempat cinta lokasi yang paling rumit. Tapi, kalau jodoh, nggak mungkin kan untuk dilepaskan begitu aja? The Bride Dept punya beberapa tips nih yang bisa dicoba untuk kamu yang menikahi teman kerja atau partner kerja!

1. No work-talk in bedroom

Di setiap rumah, kamar adalah tempat yang paling privat. Saat kamu bekerja dengan pasangan, rasanya sulit untuk membatasi diri dengan obrolan rumah tangga dengan obrolan pekerjaan. Padahal, keduanya bisa dijalani bersama asal punya batasan yang jelas lho, salah satunya tidak membicarakan masalah pekerjaan di kamar. Akan lebih baik juga untuk tidak membicarakan pekerjaan di ruang makan dan ruang keluarga, apalagi sudah memiliki anak, mereka pasti membutuhkan figur kamu dan pasangan sebagai orang tuanya. 

2. Sediakan satu tempat khusus di rumah untuk membicarakan pekerjaan

Supaya batasan semakin jelas, sediakanlah satu ruangan khusus di rumah, bisa ruangan kerja, untuk menjadi tempat di mana kalian bisa mendiskusikan masalah pekerjaan. Saat di ruangan tersebut kalian bisa bersikap sebagai rekan kerja, tapi setelah keluar dari ruangan tersebut, kalian kembali lagi sebagai pasangan suami-istri, atau bahkan ibu dan ayah.

3. Sadar bahwa mungkin akan ada kompetisi

Saat bekerja bersama, kompetisi mungkin akan terjadi di antara kalian. Tapi, dengan mengetahui dan sama-sama sadar bahwa kompetisi itu mungkin akan terjadi, kamu dan pasangan bisa meminimalisir adanya konflik dari kompetisi tersebut. Bagi sebagian orang, sulit memisahkan hubungan pekerjaan dengan pribadi, jadi rasanya sangat penting untuk menyadari hal tersebut.

4. Ketahuilah bahwa ini bukan hal yang mudah

Sebagian pasangan harus merelakan hubungannya karena permasalahan bisnis atau pekerjaan. Sedini mungkin, coba komunikasikan dengan pasangan bahwa berbisnis atau bekerja bersama bukanlah hal yang mudah, dan jika suatu saat nanti ada hal yang harus direlakan, relakanlah bisnis tersebut untuk mempertahankan rumah tangga. 

Bekerja atau berbisnis dengan pasangan bukanlah hal yang mudah, tapi saat komunikasi terbuka dan sama-sama jujur, rasanya masalah pun bisa diatasi bersama.

×