5 Alasan Laki-Laki Belum Mau Menikah

By Pravita Hapsari on under How To, Relationship

5 Alasan Laki-Laki Belum Mau Menikah

Sudah menjalin hubungan yang cukup lama dengan pasanganmu dan merasa saat ini sudah waktunya untuk menikah, tetapi belum ada rencana untuk menikah juga? Siapa tahu pasangan kamu belum siap untuk menikah. Tidak hanya kamu, banyak juga para wanita yang saat ini sedang menunggu kepastian untuk dilamar bahkan tidak sabar untuk menikah. Tapi pernah terpikir nggak sebenernya apa sih hal yang bikin pasangan kamu belum siap menikah?

Jangan berpikiran negatif dulu tentang pasanganmu dan ngambek karena belum ada kejelasan. Bisa jadi pasanganmu juga masih gengsi lho kalau jujur soal keadaannya. Nah, kalau sudah begini kamu jangan menambah beban pasanganmu. Bagaimana pun juga  kan hubungan ini kalian jalani berdua, jika ada hal sekecil apapun yang terasa mengganjal itu harus segera didiskusikan dengan pasangan. 5 hal ini bisa jadi salah satu penyebab kenapa pasanganmu belum siap menikah, yuk kita simak!

1. Belum sempat berbalas budi kepada orangtuanya

Ini sepertinya salah satu alasan utama laki-laki belum mau menikah karena sudah bisa menghasilkan uang sendiri tapi belum bisa ngasih “sesuatu” ke orang tua. Sekedar membantu bayar keperluan rumah atau memberikan uang jajan kepada orangtua rasanya tidak begitu berlebihan kan untuk dilakukan pasanganmu.

Berikan dia waktu untuk berbalas budi kepada orang tuanya dan jangan memburu-buru pasangan untuk segera menikahimu, jika hal ini terjadi bisa saja pasanganmu akan melepaskanmu dalam situasi seperti ini. Kamu pun harus mendukung dia dan dengan begitu orang tua pasanganmu juga akan menghargaimu karena mereka tidak merasa anaknya “direbut” saat sudah dewasa dan memiliki penghasilan sendiri. Lalu kalau kamu masih bertahan untuk menemaninya, pasti dia pun akan merasa kamu adalah pasangan yang terbaik untuk membangun masa depan bersama.

2. Belum siap mental membangun keluarga dan memegang tanggung jawab

Umur memang tidak bisa mengukur kedewasaan dan tanggung jawab seseorang. Sudah memiliki penghasilan sendiri dan bebas dari aturan orang tua selama ini membuat laki-laki ingin bebas dari tanggung jawab sejenak. Bukannya bebas bermain tanpa tanggung jawab, tetapi ia ingin merasakan kebebasan sebelum akhirnya memiliki kamu dan membangun keluarga kecil kalian sebagai tanggung jawabnya. Mundur sedikit untuk maju beberapa langkah sepertinya lebih baik daripada memaksakan pasanganmu untuk menikah padahal dia sendiri juga belum siap.
3. Fokus mengejar karir

Saat ini mungkin pasanganmu masih ingin mengejar karirnya, baik untuk melanjutkan sekolah atau pun fokus menjalani pekerjaannya. Jangan ganggu dia dan memecah fokusnya, karena dia pasti juga ingin menjadi laki-laki yang mapan dan membahagiakan kamu saat sudah menikah nanti. Sambil mendukung pasanganmu, setidaknya kalian aktif berdiskusi tentang rencana kalian kedepan sebagai individu atau pun pasangan. Sama kan persepsi kalian soal cinta, menjalani rumah tangga, mengurus anak, dan pandangan hidup. Dari situ kalian bisa belajar dan pastinya akan lebih mengerti pasangan kalian satu sama lain.
4. Sedang menabung untuk masa depan kalian

Mungkin kamu tidak tahu kalau dia sedang berjuang mengumpulkan uang untuk masa depan kalian, karena biasanya laki-laki sering gengsi memperlihatkan kelemahannya dan seberapa besar usahanya atau pengorbanannya untukmu. Mereka hanya ingin terlihat kuat dihadapanmu sehingga hal-hal seperti ini mungkin tidak kamu ketahui. Disaat seperti ini kamu pun jangan mau kalah dan diam saja, bantu dia dari jauh dengan memberinya semangat dan perhatian atau kamu juga bisa ikut bantu menabung sedikit demi sedikit untuk masa depan bersama.

5. Masih ingin membahagiakan dirinya sendiri

Ungkapan “boys will always be boys” itu akan terus terbawa bahkan sampai ia menikah atau pun punya anak. Setelah memiliki uang sendiri dari hasil kerja kerasnya, biasanya laki-laki pasti ingin melakukan hal-hal yang sesuai dengan hobinya dan mungkin selama ini belum bisa ia lakukan. Jadi, biarkan dia puas membahagiakan dirinya sendiri karena kalau dia bahagia pasti pasanganmu pun akan menularkan virus bahagia. Kamu juga harus membahagiakan dirimu sendiri selagi belum ada tanggung jawab, caranya dengan luangkan waktu berkumpul dengan teman-temanmu, makan di restoran favorit, belanja, travelling, pokoknya melakukan hal apapun yang kamu suka.

Diantara kelima alasan ini, kira-kira ada nggak yang sesuai dengan keadaan pasanganmu saat ini?

Shop