5 Alasan Terbanyak Mengapa Orangtua Menolak Pria Pilihan Putrinya

5 Alasan Terbanyak Mengapa Orangtua Menolak Pria Pilihan Putrinya

Kita semua tahu bahwa ridho orangtua merupakan ridho dari Yang Maha Kuasa. Rasanya pasti senang dan lega sekali ketika brides to be memperkenalkan pria pilihan kamu  dan orangtua menyambutnya dengan senang. Orangtua juga menerima pria pilihan kamu dan mengizinkan dia meminang kamu. Namun, yang sedih dan mengecewakan adalah jika orangtua tidak setuju serta menolak pasangan kamu. Berikut adalah lima alasan terbanyak mengapa orangtua menolak pria pilihan putrinya.  

1. Perbedaan Agama

Pada umumnya orangtua ingin anaknya bisa menikah dengan pria seiman. Lagipula pernikahan di Indonesia belum bisa meresmikan pernikahan beda agama. Orangtua mungkin belum bisa merelakan apabila putrinya harus pindah keyakinan atau apabila cucu mereka kelak harus memiliki orangtua yang berbeda keyakinan.

2. Perbedaan Suku dan Adat

Beberapa suku di Indonesia memiliki kekerabatan yang sangat erat dan kuat sehingga ada aturan tidak tertulis yang mewajibkan mereka menikah dengan pasangan yang sesuku. Beberapa suku juga menganggap apabila mereka menikah dengan orang diluar suku maka mereka akan kehilangan garis keturunannya. Itulah sebabnya sebagian orangtua akan menolak apabila pria pilihan anaknya tidak berasal dari suku yang sama.

3. Penampilan Fisik

Setiap orangtua pasti percaya diri untuk mengatakan bahwa putri kesayangannya adalah perempuan yang cantik. Jadi wajar saja kalau mereka akan menilai penampilan fisik pria yang dibawa putrinya. Biasanya mereka ingin pria yang lebih tinggi dari putrinya dan berpenampilan bersih, rapih dan terlihat sehat bugar.

4. Tidak Punya Penghasilan

“Dia kerja apa?” Pertanyaan itu biasanya dilontarkan pertama kali ketika kamu menceritakan pasangan kepada orangtua kamu. Mereka ingin anak putrinya benar-benar bisa hidup sejahtera dengan pria pilihannya. Pekerjaan atau bisnis yang dijalankan calon menantunya akan menjadi gambaran orangtua bagaimana hidup putrinya kelak saat berumah tangga t.

5. Sentimentil Pribadi

Untuk alasan sentimentil pribadi, orangtua tidak bisa menjelaskan alasan mengapa mereka menolak pria pilihan putrinya. Mereka hanya tidak suka saja dengan dia tanpa tahu apa penyebabnya. Biasanya itu berasal dari feeling mereka untuk anak putrinya.

Orangtua kamu mungkin memiliki pakem-nya sendiri dalam memilih calon menantu. Supaya aman, kamu sebaiknya cari tahu batasan apa yang berlaku di keluarga kamu. Seperti saya yang sejak awal tahu bahwa restu hanya akan diberikan apabila pria pilihan saya satu suku dengan saya. Oleh sebab itu, saya tidak bermain hati terlalu jauh dengan mereka yang diluar suku saya. Kamu juga bisa menanyakan hal tersebut pada orangtua kamu sebelum melangkah lebih jauh dengan pasangan. Cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *