5 Aturan Tinggal di Rumah Mertua

By Rebebekka on under How To

“Nanti habis menikah mau tinggal dimana?”

“Pondok indah mertua.”

Begitu biasanya jawaban mereka yang karena kondisi dan situasi harus tinggal di rumah mertua setelah menikah. Sembari mengumpulkan dana membeli rumah atau menunggu pembangunan rumah yang belum rampung, rumah mertua memang menjadi pilihan yang tepat untuk ditinggali. Alasannya tentu saja kita bisa menghemat pengeluaran sewa  rumah atau apartemen yang seharusnya bisa kita alokasikan untuk hal lain. Akan tetapi karena tinggal di rumah mertua, tentu tidak bisa leluasa seperti tinggal di rumah sendiri. Ada etika dan aturan yang harus kamu jalani agar suasana rumah bisa selalu damai. Apa saja sih aturan tinggal di rumah mertua? Yuk disimak tips-tips ini ya, brides!

1. Bangun Pagi

Hilangkan kebiasaan kamu yang suka bangun siang. Pasang alarm dan coba biasakan untuk bangun pagi. Kamu bisa memulai aktivitas pagi di rumah mertua dengan membuka jendela agar udara segar masuk. Lalu siapkan sarapan untuk seisi rumah atau suami kamu. Jangan sampai mertua kamu bangun terlebih dahulu dibandingkan kamu.

2. Jangan Pulang Terlalu Malam

Jangan biarkan mertua menunggu kamu pulang sampai larut malam. Patuhi jam malam yang berlaku di rumah mertua kamu. Kalau pun kamu harus terpaksa pulang larut malam, sebaiknya kamu beritahu orang rumah dan jangan lupa membawa kunci serep agar tidak mengganggu tidur mereka.

3. Sigap Membantu

Ketika menikah dengan pasangan, kamu sudah menjadi bagian dari keluarga suami kamu. Terlebih kamu tinggal di rumah mertua. Oleh karena itu kamu harus sigap membantu apabila ada kendala atau masalah di dalam rumah mertua. Dimulai dari masalah yang kecil, misalkan mengantarkan adik ipar kamu pergi les saat tidak ada supir atau membantu ibu mertua berkebun di halaman.

4. Membayar Sebagian Utilities

Meskipun mungkin beberapa orang tua akan menolak hal ini, namun ada baiknya kita tahu diri dan inisiatif akan hal ini. Bayar sebagian utilities untuk rumah mertua kamu seperti listrik atau belanja bulanan.

5. Jangan “berisik”

Wajar saja apabila kamu sebagai pengantin baru ingin bermesraan selalu dengan suami. Apalagi kalau sudah berdua saja di kamar. Tapi harus ingat ya, di dalam rumah itu bukan hanya kalian berdua saja yang tinggal. Jadi kalian harus menjaga volume suara kalian berdua saat bermesraan. Tentu kalian tidak mau kan kalau sampai terdengar oleh mertua atau ipar kalian. Awkward!

Nah, jika kamu menjalankan point – point tersebut dan mengikuti segala aturan yang berlaku di rumah mertua kamu maka suasana akan terasa lebih enak walaupun kamu harus menumpang untuk sementara waktu. Yang terpenting kalian harus tetap sopan santun dan menjaga etika sebagai menantu yang baik ya brides!

×