5 Cara Berhemat Ketika Menjadi Bridesmaids

By arinda.p on under How To

Menjadi bridesmaids memang merupakan hal yang sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, ini menandakan bahwa teman kamu menganggap kamu spesial dan ia ingin kamu hadir di acara yang paling penting dalam hidupnya. Tetapi tidak jarang kamu harus mengeluarkan banyak biaya ketika menjadi bridesmaids. Tim The Bride Dept pun sering mendengarkan keluhan dari para bridesmaids mengenai hal ini. Oleh karena itu hari ini kami akan memberikan 5 cara berhemat ke yang kamu bisa terapkan ketika menjadi bridesmaids!

  • Save on the bridal lunch or dinner

Bridal shower bisa dibilang sebagai salah satu hal yang memakan biaya terbesar dari seorang bridesmaid. Kenapa? Karena biasanya diadakan di restoran yang fancy dan meng-hire jasa party planner untuk mendekorasi. Tapi kalau kamu memang tidak memiliki budget besar untuk bridal shower, why don’t you make a nice bridal dinner at home instead? Yes, supaya lebih seru kalian bisa meminta setiap bridesmaid untuk membawa makanan masing-masing sesuai dengan apa yang sang calon pengantin suka! Anyway, bridal shower is not about fancy place or expensive foods, it’s about being together and having fun!

  • DIY bridal shower decoration

Yes, kalau kalian juga tidak memiliki budget lebih untuk menyewa party planner, coba lah untuk membuat DIY bridal shower decoration sendiri! Sebenarnya tidak susah lho apalagi sekarang kamu bisa melihat tutorial-nya di Youtube ataupun website craft lainnya! Selain itu, membuat dekorasi bersama bisa menjadi hal yang menyenangkan dan membuat kamu menjadi lebih dekat dengan bridesmaids lainnya.

  • Be creative in giving the gifts

Menentukan budget untuk hadiah sangat penting sekali karena kamu jadi lebih tahu berapa jumlah uang yang akan kamu keluarkan untuk hadiah ini. Untuk menekan budget, kamu bisa juga mengajak beberapa teman kamu untuk patungan hadiah pernikahan ini. Semakin banyak yang ikut patungan, semakin besar juga hadiah yang bisa kamu berikan! Win-win solution, right? Selain itu, kamu juga bisa memberikan hadiah yang kamu buat sendiri. You know, never underestimate the power of a personal gift! It may mean a lot more than a gift you get from a department store!

  • Go easy on makeup and hair

Jaman sekarang memang banyak bridesmaids yang memilih untuk menggunakan jasa makeup artist untuk mendandani mereka pada hari H. It’s nice to have someone do your hair and makeup right? But if you don’t have the budget. Don’t worry! Ada 2 trik yang bisa kamu lakukan! Pertama, get a group discount! Ajak teman-teman kamu sesama bridesmaids untuk mencari makeup artist yang mau memberikan diskon untuk group besar. Hal kedua, do your own makeup and hair. Watch youtube, girls! It’s actually not that hard to do simple makeup (remember, simple!),  if you have practiced few times before.

  • Sell your preloved bridesmaids dress

Daripada membiarkan lemari kamu penuh dengan dress bridesmaids yang kemungkinan besar tidak akan kamu pakai lagi, kamu bisa menjualnya dengan membuka booth di garage sale yang akhir-akhir ini sering diadakan di kota besar Indonesia.

Nah kira-kira bagaimana dengan tips yang kami berikan? Semoga membantu ya!