5 Cara Menentukan Hari Baik Pernikahan

By NSCHY on under How To, Wedding Day

Menikah merupakan salah satu momen yang sakral dengan menyatukan sepasang kekasih dan juga ‘menikahkan’ anggota keluarganya. Di saat kamu berani memutuskan untuk menikah, di situlah kamu sudah siap untuk memulai fase kehidupan yang baru. Pastinya semua orang menginginkan pernikahan yang awet, mesra dan juga saling menjaga yang menjadi alasan mengapa pemilihan tanggal pernikahna itu sendiri dianggap penting.

Sebagai generasi muda, mungkin kamu tidak begitu memahami mengenai filosofi ‘hari baik’ untuk pernikahan. Makanya, campur tangan orang tualah sangat penting di masa ini. Selain berkonsultasi dengan orang tua, beberapa hal ini juga harus kamu perhatikan selagi memilih tanggal pernikahan.

1. Perhatikan perbedaan budaya

Mungkin kamu menikahi pasangan yang berasal dari budaya yang sama denganmu, tapi mungkin juga tidak. Pasalnya, setiap budaya memiliki nuansa ‘hari baik’ dan ‘hari yang harus dihindari’nya masing-masing. Ada baiknya kalian berkonsultasi antar keluarga untuk menanyakan hal ini menurut budaya kalian masing-masing agar memudahkan kalian untuk menyortir tanggal pernikahan.

2. Perhatikan keluarga

Jika tanggal yang sudah kalian pilih termasuk ‘hari baik’ bagi kedua budaya, perhatikan juga keluarga sekitar, apakah mereka punya pengalaman buruk atau kenangan pahit di tanggal tersebut. Pastinya pernikahanmu ingin memberikan kenangan manis untuk setiap anggota keluarga untuk dikenang, oleh karena itu, pastikan mereka terbebas dari ‘tanggal dengan memori buruk’ di hari pernikahanmu.

3. Perhatikan cuaca

Cuaca juga berperan penting dalam menyelenggarakan sebuah acara. Nggak mau kan tamu kamu banyak yang nggak hadir karena jalanan banjir dan mereka terjebak di jalan sehingga tidak bisa datang ke acara pernikahanmu?

4. Perhatikan tanggalan nasional

Selain ketiga poin di atas, untuk memaksimalkan jumlah tamu undanganmu, pastikan kamu tidak menyelenggarakan pernikahan di tengah-tengah liburan panjang atau liburan sekolah. Kemungkinan, beberapa tamumu sedang berlibur ke luar kota atau bahkan luar negeri sehingga tidak sempat untuk datang ke pernikahanmu.

5. Tetapkan 3 tanggal

Setelah semuanya sudah terencana dengan baik dan bebas dari 4 poin di atas, ada baiknya kamu menetapkan tiga tanggal pilihan. Hal ini berhubungan dengan ketersediaan venue yang akan kamu pakai untuk pernikahan nanti.

Pada dasarnya, semua hari itu bernuansa baik, terlebih lagi untuk niat yang baik yaitu menikah. Namun, akan lebih baik jika kamu memperhatikan hal-hal lainnya untuk memaksimalkan pernikahanmu.