5 Hal Penting Saat Mengurus Surat Nikah di KUA

By arinda.p on under How To

Kebanyakan dari calon pengantin tidak tahu cara mengurus surat nikah diΒ KUA sehingga sering menyerahkannya ke WO. Padahal prosesnya tidak sesusah itu lho! Nah The Bride Dept kali ini akan membahas mengenai 5 hal penting saat mengurus surat nikah di KUA.

  1. Tentukan terlebih dahulu lokasi akad nikah!

Ini merupakan hal yang paling penting karena lokasi akad nikah menentukan KUA tempat kamu mendaftarkan pernikahan kamu. Apabila kamu dan pasangan kamu memiliki tempat tinggal dengan kecamatan yang sama dengan tempat akad nikah kamu, maka urusan ini akan semakin mudah.

Misalkan kamu dan pasangan kamu berdomisili (dan di KTP juga tercatat) di kecamatan Petogogan, Kebayoran Baru dan kamu ingin melangsungkan akad nikah di kediaman kamu, maka kamu hanya perlu ke KUA kecamatan Petogogan dan mengurus semuanya di sana. Akan tetapi apabila kamu bertempat tinggal di kecamatan Petogogan sedangkan calon pengantin pria bertempat tinggal di Bekasi dan ingin melangsungkan akad nikah di kediaman kamu (Petogogan), maka calon pengantin pria harus mengurus surat numpang nikah terlebih dahulu. Hal ini juga harus dilakukan apabila akad nikah akan digelar di tempat yang bukan merupakan domisili calon pengantin pria maupun wanita.

  1. Persiapan mengurus surat menikah harus dilakukan dari jauh hari

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah waktu pengurusan surat-surat tersebut. Menurut salah satu penghulu di KUA kecamatan Petogogan, Bapak Nachrowi, surat nikah lebih baik diurus setidaknya 6 bulan sebelum pernikahan. Terlebih lagi jika kamu ingin menikah pada hari dan jam prime time seperti hari Sabtu dan Minggu pada pukul 9 atau 10 pagi. Nggak mau kan kamu nggak jadi nikah hanya karena tidak dapat penghulu?

Psst.. insider news dari The Bride Dept, kamu harus juga mengantisipasi apabila penghulunya telat dari acara akad nikah sebelumnya. Apabila akad nikah pertama dimulainya telat, maka akan berdampak ke akad nikah selanjutnya.

  1. Siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan

Jika dilihat dari daftar yang diberikan di KUA memang cukup banyak yang harus dipersiapkan tetapi sebenarnya tidak sebanyak itu. Contohnya jika kamu bukan anggota ABRI/POLRI, maka kamu tidak perlu mempersiapkan surat izin komandan hehe.

  1. Surat Keterangan Untuk Nikah (N1)
  2. Surat Keterangan Asal Usul (N2)
  3. Surat Persetujuan Mempelai (N3)
  4. Surat Keterangan Tentang Orang Tua (N4)
  5. Surat Izin Orang Tua (N5)
  6. Surat Keterangan Kematian Suami/Istri (N6)
  7. Pemberitahuan Kehendak Nikah (N7)
  8. Fotocopy KTP dan KK
  9. Akta Cerai/Thalak bagi Calon Pengantin yang Janda atau Duda
  10. Pas foto 2×3 sebanyak 5 lembar
  11. Surat Izin Komandan bagi Anggota ABRI/POLRI (SIK)
  12. Dispensasi Camat bagi yang Kurang 10 Hari Kerja
  13. Izin Pengadilan bagi Calon Pengantin di Bawah Umur
  14. Izin Poligami dari Pengadilan bagi yang Beristeri Lebih dari Seorang
  15. Surat Rekomendasi Nikah
  16. Surat Keterangan Model K1 bagi WNI Keturunan Asing
  1. Proses Pengurusan Surat Nikah

Proses selanjutnya sering membuat para calon pengantin malas untuk mengurus surat nikah karena banyaknya hal yang harus dilakukan. Nah inilah step by step nya!

  1. Berkunjung ke RT dan RW tempat kamu tinggal untuk mengurus surat pengantar ke KUA
  2. Setelah mendapatkan surat pengantar ke KUA, kedua calon pengantin harus mengurus surat N1, N2, N4, dan surat keterangan belum menikah ke kelurahan tempat tinggal masing-masing. Dokumen yang dibutuhkan adalah pas foto ukuran 3×4 (2 lembar) dengan background berwarna biru, fotokopi KTP CPW & CPP (2 lembar), fotokopi KK CPP & CPW (2 lembar), dan surat pengantar RT/RW.
  3. Setelah itu surat N1, N2 dan N4 tersebut dibawa ke KUA kecamatan masing-masing untuk didaftarkan. Jika kamu ada surat menumpang nikah, maka surat itu juga perlu dibawa ke KUA. Baru setelah itu diberi tahu ketersediaan penghulu yang akan menikahkan, serta diberi pembekalan tentang pernikahan. (dokumen: surat rekomendasi nikah dari KUA domisili, pasfoto 2×3 (4 lembar), dan surat-surat lain dari KUA setempat)
  4. Lalu kamu akan mendapatkan surat N7 atau surat pendaftaran KUA. Di sini kamu harus menyampaikan info penting mengenai pernikahan kamu seperti:
    1. Jam akad nikah
    2. Penjemputan penghulu pada jam berapa dan lokasinya
    3. Apakah sari tilawah dan qori akan disiapkan oleh penghulu atau dari pihak kamu sendiri
    4. MC akad nikah
    5. Wali nikah
    6. Saksi pernikahan (Jangan lupa juga untuk memberikan fotocopy KTP dari masing-masing saksi). Oh iya one more thing, jangan lupa untuk mengurus biaya surat nikah ya!
  1. Simpan Rapi Dokumentasi

Yang terakhir jangan lupa ya untuk simpan rapi semua berkas yang tadi digunakan untuk mengurus surat nikah ini. Jangan lupa juga untuk meminta nomor telfon dari sang penghulu, supaya nanti anggota dari wedding organizer atau panitia dari keluarga kamu bisa berhubungan dengan penghulu di hari H nanti.

Kalau ingin tahu alur pendaftaran KUA seperti apa, langsung baca artikel ini disini ya!

Other Stories

How To

Apakah Kamu Sudah Siap Untuk Menikah?

1 love

Honeymoon

Perhatikan Hal ini Ketika Merencanakan Bulan Madu

1 love

How To

5 Magic Words Untuk Hubungan Yang Harmonis

1 love

Comments

RPdhina

Hai mba Arinda…
Saya mau tanya, syarat dokumen yang dibutuhkan untuk surat numpang nikah itu apa saja yaa? Dan surat numpang nikah ini bisa saya dapatkan/urus dimana,berapa lama pengurusannya, serta ada masa berlakunya tidak?
Terima kasih…

Reply

Immaa01

Mba inda, aku mau update dong, kmrn aku abis dari KUA kebayoran baru, dan disitu dia minta juga foto 2×3 4 lembar dan 4×6 4 lembar dengan background biru. Lalu siapkan pula fotokopi KTP bapak dan ibu calon pengantin terutama wali nikah dan jangan lupa saksi nikah. semoga membantu para bride-to-be

Reply

arinda.p

Wah noted! Akan aku tambahin ya!

Reply

wawan

mo nanya mbak. gimana klo caten cwe g di restui orang tuadan keluarganya. bs g ttp berlangsung nikah dan dpt surat nikah nya

Reply

Lucky

Ya ga bisa karena harus ada orang tua laki dari cewenya.

Reply

pia

Halo Mba Arinda, saya mau nanya apakah kepengurusan ijin nikah dari RT&RW sampe ke KUA hanya salah satu mempelai saja? kebetulan saya satu kecamatan dengan calon saya dan rencana nikah di luar domisili, otomatis perlu surat numpang nikah Calon saya sudah selesai mengurus sampai KUA domilisi dan sudah mendapatkan surat numpang nikah dari KUA domisili, mereka menyampaikan bahwa sudah bisa langsung mengurus ke KUA tempat kami nikah. Sedangkan dari pihak saya, baru sampe surat pengantar RTRW. Jadi maksudnya saya tidak perlu mengurus ke kelurahan sampe KUA domisili lagi ya?

Reply

Airlangga

mbk rinda numpang tanya, jika sudah mengurus NA REMOM antar provinsi. apa setelah nikah langsung bisa dapat kk & ktp baru?
trims

Reply

arinda.p

Halo mas Airlangga, Wah maaf ya mas saya kurang mengeerti kalau mengenai KK dan KTP baru πŸ™
Adakah teman lain disini yang mengerti?

Reply

natalia

mau tanya kalau mengurus kua untuk menikah di bali tapi domisili saya dan calon suami di luar kota bagaimana ya? terima kasih

Reply

arinda.p

Hi Natalia! Biasanya untuk kasus seperti ini kamu harus mengurus surat yang namanya surat pengantar numpang nikah. Kalau kamu memakai WO, bisa meminta tolong WO kamu untuk mengurusi hal ini. Kalau bisa jangan terlalu mepet ya mengurusnya!

Reply

herry

mau nanya nih pendaftaran ke kua bisa dadakan gk sih kak rinda?

Reply

arinda.p

Lebih baik dilakukan H-3 bulan apalagi untuk bulan-bulan favorit untuk menikah seperti sebelum puasa atau sesudah lebaran. Soalnya takutnya penghulu nya sudah keburu sibuk semua pada hari H pernikahan kamu. Jadi jangan mepet yaa!

Reply

vera

Salam.. Ka ronda
Kalau sdh menikah sirih dan mau proses surat nikah bisa?prosesnya?
Untuk adminnya?
Tg ya

Reply

harlina puji astuti

Bagaimana urus surat nikah kau.tapi udah nikah siri
Trus biayanya berapa?

Reply

Eka Purwanti

Mau nanya dong kak arinda, saya sudah daftar hari pernikahan di kua tp setelah ada pertemuan ke dua nya dg kedua belah pihak keluarga ada perubahan tanggal.bisakah dirubah tanggalnya di kua?

Reply

Samian Tampan

Hai mbak…..n temen temen…ngurusnya kena berapa administrasinya

Reply

arinda.p

Menurut PP 48/2004, biaya pernikahan hanya terbagi menjadi dua, yaitu: 1) gratis atau nol rupiah jika proses nikah dilakukan pada jam kerja di Kantor Urusan Agama (KUA); dan 2) dikenakan biaya enam ratus ribu rupiah jika nikah dilakukan di luar KUA dan atau di luar hari dan jam kerja.

Reply

santika

Mbak saya mau nanya kalau kluarga cwo gag setuju itu cara nikahnya gimana

Reply

arinda.p

Wah, pertanyaan berat ya hehe. Kalau itu sih lebih baik kamu diskusi dulu dengan pacar dan juga keluarga. Bagaimana pun restu dari orang tua adalah nomor satu. Mungkin jika dibicarakan baik-baik bisa ditemukan jalan keluarnya. Kalau tidak direstui juga, mungkin kamu juga harus berpikir, apakah harus berhenti sampai disini atau kamu akan memperjuangkan nya. Good luck ya! Semoga berakhir bahagia πŸ™‚

Reply

摐モ谷 ε’ŒδΊΊ

Suruh cowo mbak berjuang untuk mendapatkan restu dari orang tuanya, dan mbk sendiri harus sabar dalam proses perjuangan tsb.

Untuk sekedar informasi, nasib mbak dan cowo mbak sama dengan kami, tapi alhamdulillah saya berhasil meyakinkan orang tua saya dan akhirnya kami mendapatkan restu.
Nb: Perjuangan kami untuk meyakinkan orang tua saya sangatlah lama, butuh waktu sekitar 7th.

Dan insyaAlloh kami akan menikah bulan Desember tahun ini.

Reply

Dewi

Mb rinda mau tanya donk,aq kan g tau ya, trs td barusan bpk aq bkin surat numpang nikah tp data calon suami aq g ada, dr nama, ttl, nama bpk’a, alamat’a gt” g ada..
Itu bakalan dipersulit g y di tempat aq mlangsungkan akad nikah?? πŸ™

Tolong bgt dijawab mb, mohon bantuan’a ya..
Terima kasih.

Reply

arinda.p

Wah kok bisa nggak ada? Lebih baik diurus dulu sih mbak hehe soalnya bakal susah kalau nggak ada datanya sama sekali..

Reply

atol

Ukuran fto.nya brpa dan brapa lmbar

Reply

arinda.p

Halo Atol!

Kalau kemarin, saya ukuran foto 3×4 sebanyak 2 lembar. Tapi lebih baik kamu cek kembali di KUA setempat untuk mengkonfirmasi. Selamat ya atas pernikahannya!

Reply

Wynanda Dewi

Yth. Mbak Rinda

Saya mau tanya kalau calon saya dari Kalimantan adakah persyaratan lain yang harus diurus, rencana menikah di Bekasi (domisili saya) selain surat numpang nikah dan pengantar RT dan RW.

Terima kasih atas jawabannya.

Reply

nur muhammad

Mbak mau nanya sekarang klau ngurusin ke kua bayar berapa bagi cwek…?

Reply

arinda.p

Halo! Menurut Peraturan Pemerintah 48/2004 biaya pernikahan hanya terbagi menjadi dua, yaitu:
1) gratis atau nol rupiah jika proses nikah dilakukan pada jam kerja di Kantor Urusan Agama (KUA)

2) dikenakan biaya enam ratus ribu rupiah jika nikah dilakukan di luar KUA dan atau di luar hari dan jam kerja.

Jadi tergantung kamu akan menikah dimana dan kapan. Good luck ya untuk persiapannya!

Reply

rima

Halo Mba Rinda, mau tanya dong syarat nikah dr KUA kalau CPP nya WNA. Makasih ya..

Reply

Mega

Mba rima untuk menikah dengan WNA pastikan dulu sudah ada ijin dari negaranya ya.. Untuk persyaratan cek lsg di web kedutaannya karna tiap negara syaratnya beda2
Terus untuk syarat dr dalam negri sama juga bikin surat ijin nikah. Persyaratan wajib lengkap ya..dan negara tempat menikah juga ngaruh. Kalo di Indonesia syarat sama aja seperti menikah biasa hanya, harus ada surat keterangan dari negara pengantin bahwa diijinkan untuk menikah serta melampirkan pasport. Apabila di negara lain mengikiti peraturan masing2 negara

Reply

heryani

mba arinda mau tanya kalo domisili tidak sesuai alamat ktp itu harus minta surat ke kua yg sesuai ktp atau gimana. ktp sy jakarta tapi sy sdh lama tinggal ditangerang dan akan merit di tangerang. makasih sebelumnya

Reply

ninik winarti

Mba rinda aq mnta solusiny, calon ku kan sdh mmbuat surat menumpang nikah d kua tmpt sy tinggal. Nah kebtulan data ny mnrut bapa saya ada yg slah karna di ktp pekerjaan msih mahsiswa, pdhal clonku sdh bkrj di indosat, apakah data pekerjaan tersebut bisa d rubah mba? Klo bisa d rubah brti hrus ulang ke rt / rw ya?

Reply

arinda.p

Kayaknya ke kelurahan deh mbak.. Tapi silakan coba di cek aja ke pak RT nya.. Hehe.. Maaf ya mbak nggak tau..

Reply

vera

Salam mb..
Saya mo tanya proses untuk pembuatan surat nikah dr nikah dgn amil dan bpr biayanya
Trimakasih

Reply

herman

Slmt siang,mba sy mau tanya.
sy kan sdh nikah sirih 2th yg lalu.gmn prosedur untuk bikn surat nikah resmi di KUA.trmakasih

Reply

yusup

mbak arinda saya mw tanya… saya berencana ingin menikah bln dpn.. kira2 kalau saya urus dari sekarang bisa dikabulkan tidak oleh kua,, dan masalahnya kk n ktp calon istri saya sdang dlm pembutan.karna dia baru pindah.. mohon penjelasannya mbak.. trmksh..

Reply

arinda.p

Selamat ya mas akan segera menikah! Mungkin bisa langsung ke KUA yang bersangkutan ya mas. Meskipun sedang lagi musim kawin tapi biasanya pasti dicarikan jalan agar pasangan bisa tetap menikah pada tanggal yang diinginkan. Good luck!

Reply

Anggraini

Mba.saya mau tanya pak calon aku orang luar negeri.saya bingung nanti selesai mba surat ijin nikah sama cwe indonesia butuh brpa lma ya?aku pusing

Reply

Vera

Salam mb Arinda..
Saya sdh 6bl menikah sirih.. bagaimana proses untuk mendapatkan surat nikah d KUA dan brp administrasi nya.. soal kemarin saya mau menggunakan jasa ambil nikah.. dia bilang sekitar 1,2jt.. mohon jawabannya ya mb.. tq

Reply

fredi kristian siahaan

Mbak rinda saya mau tanya gmna seandai nya mau nikah dan klau orang tua dri wanita tdk setuju ap msh bisa menikah mbak?? Dan hrus to ngurus surat” ny. Klau nikah siri gmna mbak. Mksh

Reply

dayat

mbak.
kalau saya kan beda propinsi sama calon istri saya.
kira2 bagai mana ya pendapatnya mengenai urusan surat(syarat)nya ya mbak..

Reply

YANHR

Mba saya dapat keputusan fix bulan menikah 1 bulan sebelum hari HHH jadi hopeless lihat rata2 booking penghulu 3-6 bln sebelumnya.

Lalu nanti kalau sudah booking masjid, catering, dll tapi saat di KUA bilang tidak ada penghulu gimana tuh mba? kan katanya harus pastikan tempat & tanggal dulu?

Reply

didik

ngurus ke kua gt kalau kartu keluargax gug ada bagaimana?soalx pacarq janda cma kk di mantan suaminya.soalnya pernah di minta gug di kasih kk nya?

Reply

vinno gionino

Mau tanya ni, gimana kalau mau ngrus nikah ke KUA tapi akte lahir wanita nama ayahnya beda sama di ktp ( nama ayah dalam akte lahir si wanita agus, sedangkan nama d ktp ayah budi, sedangkan di kartu keluarga nama ayah juga budi)
Pertanyaan kami :

Apakah bisa di daftarkan ke KUA tidak dengan nama ayah yang berbeda?

Mohon jawabanya mbak/mas.
Terimaksih.

Reply

vinno gionino

mbak arinda saya mau tanya, gimana kalau akte lahir dari perempuan nama ayah tidak sama di ktp juga kartu keluarga?
nama ayah kandung perempuan di akte lahir “AGUS” sedangkan nama di ktp dan kk “BUDI”

apakah dengan nama wali dari perempuan yg berbeda itu bisa di daftarkan ke KUA?

mohon penjelasanya mbak.

Reply

Kiki

Klo ktp nya lg diperpanjang gimana ya ?

Reply

novelia

Saya janda,tapi status di ktp dan kk saya masih belum menikah, jika saya mau menikah lagi apakah saya perlu melampirkan surat cerai saya dari pengadilan agama?terimakasih banyak sebelumnya

Reply

Model Cincin Kawin Terbaru

infonya lengkap banget.. bermanfaat banget mba. Ngurus ke KUA gini emang harus jauh-jauh hari ya ternyata. Btw, ngurus suratnya gitu biaya administrasinya berapa ya mba? apa tiap daerah beda-beda atau seluruh indonesia sama?? thanks sebelumnya πŸ™‚

Reply

arinda.p

Halo. Kalau rekomendasi saya sih mulai mengurus dari 3 bulan sebelumnya. Supaya kalau ada dokumen yang kurang lengkap atau hal lainnya yang membutuhkan waktu lebih lama bisa cepat diurus

Reply

Rini

Mau nanya mbak, kalau mau daftar ke kantor KUA hari sabtu kira2 buka ga yah? Trus apa kedua capeng harus dateng pas daftar kua? Makasih sebelumnya

Reply

arinda.p

Halo! Setahu saya KUA hanya buka pada hari kerja saja. Untuk mendaftarkan, berdasarkan pengalaman, tidak harus berdua. Tapi sebaiknya berdua sih supaya info nya diterima dengan baik oleh kedua nya πŸ™‚ Good luck ya persiapan pernikahannya!

Reply

fatma

Mbak mw nanya klo mw nikah tp salah satu calon gk ad akte lahir bisa gk yaa…terima kasih

Reply

Ni Luh Sri Puspita Sari

mau tanya mbk klo beda agama gmn ya..?

Reply

arinda.p

Halo! Setahu saya jika berbeda agama tidak bisa di KUA melainkan harus di catatan sipil. Tapi saya juga tidak tahu pasti. Adakah teman-teman disini yang bisa membantu?

Reply

R'Lyn

Sy mau share sdkit pengalaman ya mbak,
dluny sy kristen, ketika sy mau mnkh dan musti ikut agama calon suami, jadi dr jauh2 hari sblm married, sy sdh prepare utk babtis masuk agama buddha. stlh SAH, mrk (dari pihak vihara) mmbrikan sy surat keterangan agama buddha. Dengan mmbwa surat dr vihara tsb, sy revisi agama di KTP saya.

Krn di Indonesia ini, pasutri ga blh beda agama, harus sama kepercayaannya.
klo ga ribet nnti pas ngurus cttn sipil.

Reply

Ditri

Hai Arinda,

Aku mau sedikit nambahin dong. Biasanya kalau si CPW adalah anak pertama akan diminta fotokopi surat nikah orang tua oleh pihak KUA. Mungkin karena di Islam wali nikah harus ayah kandung secara biologis dan agama ya hehehe.

Reply

Mas Ana

Betul Mb. Arinda, pencatatan nikah yang catinnya non muslim dilakukan di catatan Sipil..

Reply

Mas Ana

Betul Ditri, Wali Nikah itu harus ayah kandungnya sendiri yang dibuktikan dengan surat nikah orangtuanya, kalo ayah meninggal baru pindah ke wali jauh ( Kakek ) dst…

Reply

joko

Mbak arinda,,sya mw bertanya,,
Sya uda buat surat numpang nikah dan persyaratan nya pun lengkap.
Yang sya mw tnya lan apakah surat numpang nikah harus di kembali kan ke pihak KUA di karna kan sya gagal/gak jdi nikah sama pasangan saya.trima kasih

Reply

yunita

hai mba sy mau tanya nih . saya rencana ingin menikah dgn pacar sy . sy udh 3thn pacaran . tp ortu sy gak setuju . kendala ny adalah kami ingin menikah di KUa dgn dana seadanya . tp dgn wali (adik dr mama saya) apakah bisa km ttp menikah y mba ?

Reply

Mia

Mbak Arinda, saya sedang sibuk skripsi hingga wisuda kira-kira 4 bulan ke depan, sedangkan saya insyAllah akan menikah bulan Mei tahun ini di jatim. calon suami saya juga berdomisili di luar pulau jawa. apakah pengurusan surat nikah di KUA bisa diwakilkan oleh orang tua saya? terima kasih mbak Arinda.

Reply

Reva

Mbak gimana kalo beda kota c cwo ma cwe nya , trus surat numpang nikah itu apa?

Reply

ernie

Kira2 wktu 2 minggu ckup ga y..utk mngurus smuanya..

Reply

Fahri Khairul Azwar

Mbak, saya pernah liat teman saya menyertakan akta kelahiran utk persyaratan nikahnya. Kalau gak punya akta kelahiran tu bagaimana ya mbak, apa boleh saja gak menyertakan akta tu?

Reply

uje

Assalamu’alaikum..
mbak,untuk mengurus dokumen k KUA apakah boleh d wakilkan?
trs untuk foto ukuran berapa aja dan berapa banyak?

_Terima kasih_

Reply

Siti Noorcholis

Hi Mba Arinda…
Saya Mau tanya , saya Mau nikah dg wna,tapi nikahnya di negara calon suami, jadi surat apa ajah ya yg harus saya persiapkan.Saya skrng lg berada di Singapore, saya tidal punya Surat apa2 di Indonesia. saya hanya memiliki passport saja….
Makasih….

Reply

Jie Olsdal

Dear Mbak Arinda, numpang bantu jawab ya ^_^

Halo mbak Siti, kebetulan blogger favorite saya pernah menulis pengalamannya di : http://www.desisachiko.com/2014/04/10/menikah-di-singapura-its-so-simple/

semoga link tersebut bisa membantu ya πŸ™‚

Reply

Jie Olsdal

Dear Mbak Arinda, numpang bantu jawab ya ^_^
Halo mbak Siti, kebetulan blogger favorite saya pernah menulis pengalamannya di : http://www.desisachiko.com/2014/04/10/menikah-di-singapura-its-so-simple/

semoga link tersebut bisa membantu ya πŸ™‚

Salam

Reply

Fatma

Dari pengalaman teman- teman, yang menjadi kendala utama dalam pengurusan ini adalah kekurang lengkapan berkas persyaratan serta waktu pendaftaran yang terlalu mepet dengan hari H pernikahan, sehingga kesulitan mendapatkan jadwal sesuai yang kita rencanakan. So sebaiknya persiapkan kelengkapan berkas dgn baik dan jauh- jauh hari sebelumnya ya sis.

Reply

Bunga

sya mw tnya d t4 tggal mb n mas ada aturan tdak untuk klgkapan syarat prnkahan hrus ada bukti pmbyaran PBB (pajak bumi bangunan) ? Krn kbtulan sya lg urus srat klgkapan nikah syartny hrus ad PBB tuh yg mnta dri kantor klurahan stmpat, sya bgung ko ad atran spti ini smntra dlu sya prn uruskn kk sya tdak bgtu. Mhon jwban n slusiny bla ad yg mglami hal yg sma trmksih.

Reply

vitry

saya numpang tanya..saya kan mau nikah di kua baturetno wonogiri,tpi ktp calon suami saya tanggal lahir nya berbeda dengan akte kelahirannya?gimana solusinya ya?soalnya kalo bikin baru harus ktp el itu butuh wktu lama.?

Reply

Guru

Setelah mendapat surat pengantar numpang/pindah nikah dari KUA, selanjutnya apa lagi yang harus diurus?
Terima kasih.

Reply

jausdin

Hallo mb numpang tanya ya
saya udah nikah dulu secara agama kristen tapi
udah ada 8 thn pisah.lalu aku nikah sirih kurang lebih 8thn.
pertanyaannya adalah sy ingin mensahkan pernikahan di KUA bisa ga tanpa persetuan istri 1.trimakasih

Reply

wiwik

ass. maaf mba mau nanya. kalo orang tua (ibu) sudah meninggal terus ga ada KK nya. itu ngurusnya ribet ga yah .
makasih

Reply

rengga lesmana putra

mau nanya ibu mungkin kah seorang janda menikah dia dapet surat nikah dgn suami yg baru akan tetapi surat janda dari suami yg pertama tidak diurus

Reply

Novi

Kalo ngurus nya 3bulan sebelum hari nya, mepet ga ya mbak?

Reply

Gita

Hlo mbak, klo bikin surat domisili tidak lewat rt rw,tpi langsung ke kepala desa bisa gk ya

Reply

naomi

Saya mau tanya,mbak. Kl saya sudah menikah siri selama 12 tahun dan sudah memiliki 3 orang anak dan ketiganya sudah mempunyai akte kelahiran sah dari catatan sipil. Soalnya waktu menikah ustadnya memberitahu kalau tidak ada masalah tinggal buat saja bukunya saja dengan surat keterangan dari saya. Nah yg saya mau tanyakan saya harus ke kua akan dikenakan biaya berapa hanya untuk dipindahkan ke buku nikahnya. Makasih ya.

Reply

vika

Mb saya mau n’nya…org tua saya gcx stju sma hubngan sya m cwo sya…pi saya sma cwo sya mau nikah d jkrta…kita beda KTP it gmna yaa mb…???tlong mb d blz…btuh bgts…

Reply

Bagus

hai, saya mau nanya dong. rencananya saya mau ngurus ke KUA. kebetulan saya domisili di jakarta selatan tepatnya di jagakarsa dan KTPnya juga sama, calon pengantin saya kerja di jakarta tapi KTPnya jambi. dan rencananya kami ingin menikah di bandung. kalau begitu kira-kira bagaimana untuk pengurusan di KUA-nya ya?

terima kasih πŸ™‚

Reply

erwan

bagaimana cara pengurusan nikah di kua jika kedua-dua nya adalah warga asing?

Reply

aida

siang mbaa, saya mau tanya kalo saya muslim dan calon saya kristen, dia mualaf tetapi KK nya masih kristen, sedangkan KTP udah islam,,, beberapa hari lagi kita akan menikah sebalum bulan puasa,,, apa itu sah dan bisa dilaksanakaan pihak KUA mbaa??? Dijawab yaa,, trimakasih

Reply

Jie Olsdal

Dear mbak Arinda,
saya numpang bantu jawab ya ^_^

Halo mbak Aida, biasanya untuk yang muallaf, pihak KUA menginginkan untuk melampirkan sertifikat muallaf/pernyataan memeluk Islam sebagai pembuktian. Tapi kalau di KTP sudah tertera agama Islam, biasanya bukti tersebut sudah cukup untuk menunjukkan pihak KUA bahwa yang bersangkutan adalah muslim

Salam

Reply

Rena Lim

Wah article-nya sangat bermanfaat! Aku langsung send link ke sahabat aku yang Muslim. Thank you, The Bride Dept!

Reply

Amanda Zahra

Thanks banget bride dept buat info nya! Sangattt membantu!

Reply

Havika Belle

Artikelnya informatif dan membantu bgt buat aku yang lagi mau ngurus sekali dan benar sekali dokumen-dokumen harus disiapkan selengkapnya supaya cepat ngurusnya.

Reply

Shinta Ahmad

Thank you bride dept buat infonya! Ini membantu bangetloh untuk brides yang masih pada clueless πŸ™‚

Reply

deeandra

Hi Mba Rinda,

Sebelumnya aku mau bilang kalo aku ngefans banget sama mba Rinda, semua artikelnya sangat informatif dan berguna buat kita yang masih newbie, hehe.

Aku mau nanya mba, kalo ngurus dokumen ini setelah pernikahan bisa ga ya? itu anggepannya aku jadi nikah sirih atau enggak? Karena aku udah mepet banget ngurusin nikah takut ga sempet ngurus dokumennya.

Terima kasih mba.

Reply

Chaa

Mbak mau tanya nih. Saya kan asli magelang, calon suami dari bogor. Nah kami mau nikahnya di Sleman Yogyakarta. Itu nanti ijinnya gimana yaa?

Reply

Meta

Mbak saya mau nanya.
Boleh gak pembuata surat nikah itu diwakilkan orang tua atau saudara. Karna saya sedang tak berada di indonesia.
Terimakasih.

Reply

Lucky

Berarti kalau kedua CP satu kecamatan dan dilaksanakan ditempat CPW tidak perlu surat numpang nikah yah?

Reply

jun

Mba sya sudah nikah tpi siri krna sya kmarenn gk da biaya ,nd skrng mau nikah resmi gmna y cara’y takut d persulit,,,bisa gk nikah d percepat daftar”y

Reply

makeuphijab

buat yang muslim, paling penting pastiin apa isi ucapan akad nya.
Jadi pas screening kita udah tau isi ucapannya.

Kebanyakan gak tau isi akad, dan di tempat akad ternyata ijab nya beda – beda. Salah kata dikit malah rempong

#pengalaman pribadi

Reply

Mey

Hi,

Mau tanya apakah pas foto nikah harus menggunakan kemeja (baju berkerah)?

Terima kasih.

Reply

Nella Kharisma

Saya Masih Umur 19 Tahun dan saya baru tahu jika pesyaran untuk menikah itu banyak sekali ya,, hehe maklum masih anak bau kecur jadi belum tahu yang kaya beginian mbak hehehe. tapi informasi yang satu ini membuat saya sedikit jadi tahu tentang apa saja yang menjadi syaratnya.. hemmmm

Reply
Anaria Wedding

Reza

Informasinya sangat membantu, buat para calon brides…

https://anariasouvenir.com/

Reply