5 Ide Hadiah untuk Melangkahi Kakak Perempuan

By Penna on under How To

5 Ide Hadiah untuk Melangkahi Kakak Perempuan

Untuk kalian yang memiliki kakak- kakak perempuan dan harus melangkahi di pernikahan alias nikah duluan, ada tradisi memberikan kado “pelangkah” yang harus dilakukan. Tradisi atau tuntutan adat ini sering dianggap takhayul, tetapi juga masih banyak dilakoni sebagai kewajiban dan tata krama supaya jalannya pernikahan dan jodoh kakak perempuan juga semakin lancar.

Nah, supaya semua kebaikan tersebut tercapai walaupun kamu harus menikah terlebih dahulu, ini dia 5 ide hadiah melangkahi kakak perempuan yang patut kamu berikan :

1. Benang/ Pakaian/ Kain

Benang merupakan simbolik berkecukupan untuk kakak perempuan. Tetapi seiring pergerakan zaman modern, benang bisa juga digantikan dengan pakaian sesuai selera kakak perempuan ataupun kain berkualitas seperti kain batik, lengkap dengan motif dengan arti yang baik.

2. Manicure Set/ Kosmetik

Benda tajam merupakan salah satu hadiah melangkahi kakak perempuan dengan simbol tersendiri yaitu “menggunting” peruntungan jelek yang masih menghalangi jodoh kakak perempuan. Nah, supaya lebih berkesan dan tidak memberikan gunting atau silet, berikan saja kakak perempuan satu set alat- alat manikur atau kosmetik supaya semakin lengkap.

3. Aksesoris

Aksesoris emas juga merupakan salah satu hadiah melangkahi kakak perempuan favorit. Emas merupakan pelangkah yang terbaik karena sifatnya yang murni atau “tulus”. Tergantung dengan budget brides, hadiah aksesoris ini bisa juga digantikan dengan perhiasan sesuai dengan kemampuan kamu. Namun yang penting si pemberi berniat baik dan penerima alias kakak perempuan juga tulus menerimanya.

4. Tumpeng Nasi Putih & Ayam Ingkung Bakar

Dalam sebuah keluarga yang akan melakukan langkahan dalam tradisi Jawa, biasanya pengantin harus memberikan penghormatan kepada kakak yang dilangkahi. Penghormatan ini bisa diwujudkan dengan memberikan Tumpeng Nasi Putih lengkap dengan lauk pauknya, yaitu Ayam Ingkung Bakar. Sajian tumpeng nasi putih ini memiliki arti keluhuran hati si kakak yang merestui pernikahan adiknya.

5. Sesuatu Yang Disukainya

Terakhir, banyak yang juga memberikan hadiah melangkahi kakak perempuan sesuai dengan keinginan hatinya. Tidak ada patokan tertentu, hadiah pelangkah ini bisa saja berupa tas, pecah belah, sepatu dan masih banyak lagi.

Jangan lupa ya brides, semua kado yang diberikan juga lebih baik jika dibungkus dengan kertas kado berwarna merah sebagai pelambang kebahagiaan baik untuk pasangan pengantin maupun kakak perempuan yang dilangkahi.