5 Love Language Dengan Pasangan dan Cari Tahu Bahasa Cinta Pasanganmu

By Penna on under How To, Relationship

5 Love Language Dengan Pasangan dan Cari Tahu Bahasa Cinta Pasanganmu

Apa sih love language itu? Simpelnya, love language adalah bahasa cinta, dan istilah ini kembali ngehits sejak buku The Five Love Language oleh Dr. Gary Chapman dirilis sekitar 10 tahun lalu.

Love Language adalah gaya cinta yang digunakan seseorang untuk mendefinisikan bagaimana rasanya dicintai. Dr. Chapman yang merupakan ahli konseling pasangan membuat 5 kategori love language yang menjadi bahasa cinta yang bisa dipahami oleh setiap individu. Mengetahui tipe-tipe bahasa cinta pasangan penting, supaya kalian bisa mengungkapkan dengan tepat apa yang ingin didengarkan oleh pasangan anda. Yuk cek dulu mana satu bahasa cinta versi pasangan kalian :

1. Words of Affirmation (Cinta Dengan Ungkapan Kata-Kata)

Menurut Chapman, seseorang yang menggunakan bahasa cinta lewat ungkapan kata-kata paling senang mendengar ekspresi verbal seperti “ Saya sayang kamu” atau “ I love you”. Ini akan menjadi dasar keyakinan bahwa mereka dicintai. Lebih baik lagi jika ungkapan ini dibuat dalam bentuk lisan atau tulisan lengkap dengan alasan jelas.

Kata-kata yang tulis seperti “ Terimakasih sayang”, atau “ Makasih perhatiannya” adalah contoh lain yang bisa menjadi gaya bahasa cinta yang diapresiasi oleh mereka yang tipe Words of Affirmation.

2. Quality Time (Kualitas Waktu Bersama)

Bahasa cinta yang satu ini menitikberatkan pada kualitas waktu saat bersama dengan pasangan. Untuk mereka yang butuh perhatian penuh, pasangan wajib menghabiskan waktu tanpa distraksi seperti gadget, televisi atau lainnya supaya dia merasa dicintai.

Individu yang menggunakan bahasa cinta ini butuh komunikasi, sharing hal-hal yang berarti dan suka menghabiskan waktu bersamaan. Kalau pasangan kalian memiliki ciri-ciri ini, tingkatkan lagi perhatian penuh supaya hubungan cinta juga semakin kuat.

3. Receiving Gifts (Pemberian Hadiah)

Yang satu ini bukan soal benda atau harganya, tetapi lebih kepada perhatian dan makna di balik pemberian kado. Bagi seseorang yang menyukai pemberian kado dari pasangan, ini karena hadiah ini menunjukkan perhatian dan usaha dari si pemberi.

Jadi jika pasangan kalian paling senang saat diberi hadiah tak terduga, coba deh gunakan tips ini untuk mengungkapkan kata cinta. Dia pasti senang karena anda sudah bersusah payah memikirkan apa yang bisa membuatnya tersenyum bahagia.

4. Acts of Service (Siap Melayani)

Contoh terbaik untuk bahasa cinta ini adalah seorang istri yang akan merasa dicintai karena suami turut membantu membereskan rumah, membantu mengasuh anak dan sejenisnya. Saat pasangan melakukan sesuatu hal untuk meringankan beban dan tanggungjawab, maka ini diartikan sebagai cara sayang terbaik bagi mereka yang menggunakan bahasa Acts of Service.

Kalau anda punya pasangan yang paling doyan dengan hal-hal simpel seperti dibuatkan sarapan atau dibantu membereskan pekerjaan, coba curahkan lagi perhatian dengan membantu membuat hidupnya semakin nyaman.

5. Physical Touch (Sentuhan Fisik)

Merekay ang menggunakan bahasa sentuhan fisik akan merasa yakin akan cinta pasangan jika diberikan pelukan, ciuman, atau genggaman tangan. Menurut Chapman, pasangan akan merasa dicintai jika mereka menerima ungkapan sayang seperti pijatan atau disentuh saat berdekatan. Ini memang bahasa yang sangat umum dan salah satu love language yang paling mudah dipahami, jadi jangan ragu untuk menunjukkan cinta dengan sentuh fisik jika pasangan juga menyukainya.

Jadi , kira-kira yang mana satu gaya bahasa cinta pasangan? Coba telusuri dan mulailah berkomunikasi ala bahasa cinta yang dikenalinya!

×