5 Masalah yang Disepelekan Dalam Rumah Tangga

By NSCHY on under How To

Dalam rumah tangga, ada kalanya kita mengesampingkan ego demi kelancaran dan juga hubungan rumah tangga yang lebih harmonis. Tidak jarang juga kita memendam perasaan untuk memaklumi pasangan, demi menghindari perselisihan. Tapi, pada dasarnya, hal-hal yang kamu sembunyikan demi kebaikan bersama secara tidak sadar akan perlahan disepelekan, padahal masalah tersebut berpengaruh besar.

Selagi masih menyadari, berikut ini masalah yang sering disepelekan padahal ternyata berpengaruh besar. Usahakan untuk menghindarinya!

  1. Masalah keluarga pasangan

Dalam rumah tangga, pasti ada kalanya kamu berselisih pendapat dengan keluarga pasangan. Mulai dari ibu, ayah, atau bahkan adik kakaknya. Kamu mungkin merasa hal tersebut merupakan hal kecil dan wajar, yang akhirnya kamu putuskan untuk memendamnya sendiri. Bersikap mau mengerti memang baik, namun jika kamu selalu berusaha mengerti padahal sebenarnya kamu susah untuk menerima, ada baiknya kamu utarakan kepada pasanganmu. Bukan untuk mendukung ucapanmu, namun untuk mendengarkan keluh kesahmu agar kamu tidak merasa sendirian atau bahkan terpojok. Kecil atau besar, jangan pernah sepelekan masalah dengan keluarga pasangan.

 

  1. Lupa (lalai) memperhatikan penampilan pasangan

Karena terlalu sering bersama setiap hari, bukan berarti orang lain lebih menarik daripada pasanganmu. Memang, satu atau dua kali kamu pasti merasa tertarik dengan orang lain diluar pasanganmu sendiri, namun coba lihat kembali dan ingat apa alasan kamu memilihnya sejak awal. Perhatikanlah setiap perubahan dari pasanganmu dan bersyukurlah bahwa ia tetap tampil menarik agar kamu tidak melirik yang lain.

 

  1. Meninggikan ego untuk perbedaan

Dalam menjalin rumah tangga, memang sudah kewajiban untuk menurunkan ego masing-masing demi kepentingan bersama. Jika saat pacaran kalian beradu pendapat berebut saat memilih film bioskop, memilih restaurant atau bahkan menu makanan, setelah menikah, cobalah untuk saling menyukai satu sama lain. Bukan hanya menyukai pasanganmu, namun menyukai setiap hal yang disukai pasanganmu. Pasalnya, setelah itu, pasti kalian akan lebih menyatu.

 

  1. Mengumbar-umbar kehidupan pribadi

Jika kamu mempunyai pasangan yang kerap terlalu mengumbar-ngumbar kehidupan pribadinya di sosial media dan kamu merasa kurang nyaman, cobalah langsung untuk menegurnya. Kalau dibiarkan, lama kelamaan seluruh masyarakat sosial media sudah terlalu tau dalamnya hubungan rumah tangga kalian dan bisa-bisa membuat pasanganmu lebih memilih untuk “curhat” ke sosial media dibandingkan berdiskusi denganmu. Suka atau tidak suka, hal ini yang sering terjadi di kalangan pasangan muda.

 

  1. Perbedaan kebiasaan

Membangun sebuah rumah tangga tidaklah sulit, selain menyatukan dua kepala menjadi satu, kalian juga menyatukan dua masa lalu menjadi satu. Hal yang kerap dilakukan pasanganmu sejak dulu pasti terbawa hingga sekarang menjadi suatu kebiasaan, begitu juga dengamu. Mungkin, kamu tidak suka caranya mendengkur di saat tidur atau kebiasaanmu yang tidak membersihkan gigi sebelum tidur mengganggunya, hal-hal tersebut haruslah dibicarakan secara terbuka agar kalian mencapai kesepakatan dan menjalani rumah tangga seperti yang diinginkan.