5 Pertimbangan Penting Sebelum Mantap Menikah dengan Duda

By Penna on under How To, Relationship

menikah dengan duda

Yang namanya jodoh memang sulit ditebak. Kalau brides ditakdirkan untuk jatuh hati dan dipinang oleh pria yang sudah bercerai, sudah pasti harus jeli memilih sebelum melangkah ke jenjang selanjutnya. Sudah sewajarnya, brides tetap memastikan kualitas pria yang bakal dinikahi, baik lajang maupun duda. Oleh sebab itu, cek dulu 5 pertimbangan penting sebelum mantap menikah dengan duda berikut ini :

1. Cek Status Perceraian

Penting untuk mengecek dengan tuntas status perceraian sebelumnya, apakah memang sudah legal dan diakui secara hukum. Bukti perceraian di Indonesia dianggap sah apabila terdapat kutipan akta perceraian yang dikeluarkan oleh pengadilan tinggi  agama kepada pihak- pihak terkait. Jangan sampai keburu menikah dan masalah malah timbul setelahnya, bisa berabe brides!

2. Aset & Hak Kunjungan

Selain memastikan status duda secara sah, pastikan juga kalian mengecek tentang harta gono-gini dan hak asuh anak. Apabila masih terlalu banyak cekcok dan hal yang tidak jelas antara mereka, ada baiknya agar dirampungkan secara jelas terlebih dahulu. Karena perceraian sah selalu dibarengi dengan pemisahan aset yang jelas dan detail lain, maka penting supaya kalian juga punya pegangan dan memastikan kalau semuanya sudah berjalan tanpa hambatan.

3. Siap-Siap Dengan Masa Lalu

Pasti sudah tahu dong kalau masa lalu seorang duda pasti banyak suka duka yang berlanjut hingga hidupnya sekarang? Jika sudah bertekad menikahinya, pastikan kalian sudah siap dengan tantangan emosional yang bakalan dialami, berikut juga bawaan masa lalu seperti anak dari pernikahan sebelumnya dan lain sebagianya. 

4. Hubungan Dengan Mantan

Kita tidak akan pernah benar- benar mengetahui apa yang pernah terjadi antara kisah percintaan dua orang di masa lalu. Yang penting, kalian harus tahu dengan seksama dinamika hubungan yang sekarang antara dia dengan sang mantan. Apakah masih saling berhubungan? Apakah ada masalah yang belum terselesaikan? Yang pasti, hubungan pernikahan hanya akan harmonis jika memang sudah ada jarak yang sehat dan tidak ada ikatan emosional lagi antara duda dengan mantannya. 

5. Tentang Si Anak

Ingat untuk selalu mendahulukan anak, walaupun harus mengorbankan diri kalian terlebih dahulu. Kompromi sudah wajib sifatnya jika menyangkut anak dari pernikahannya yang lalu, karena bagaimanapun juga kalian akan mengambil posisi orang tua tambahan atas darah dagingnya. Sikapi dengan bijak dan pastikan hubungan kalian dengan anak bisa berjalan dengan baik, supaya tidak muncul masalah nantinya setelah menikah dengan duda pujaan.