5 Problema Pasangan Dengan Perbedaan Usia Jauh (Plus Solusinya!)

By Penna on under How To, Relationship

5 Problema Pasangan Dengan Perbedaan Usia Jauh (Plus Solusinya!)

Beda usia, beda lagi tantangan dalam hubungan. Terlebih lagi untuk kalian yang terpaut jauh usianya, pasti juga harus kreatif dalam menyelesaikan masalah atau pendapat orang lain akan hubungan kalian berdua. Jangan sampai perbedaan usia yang signifikan juga menjauhkan cinta berdua, yuk kenali dan siasati dulu problema pasangan yang berbeda usia berikut ini :

1. Stigma Sosial

Eits, bukan cuma pasangan dengan perbedaan usia jauh yang sering diterpa isu- isu dari sekeliling mereka. Faktanya adalah hampir setiap hubungan akan memancing opini pihak ketiga yang sesungguhnya tidak relevan.

Ini yang harus kalian ingat saat diterpa gosip seperti “cewe matre” atau “ pria tidak setia” karena stigma sosial ini hanya bisa dibuktikan seiring perjalanan waktu. Ingat bahwa banyak definisi standard hubungan ideal dan Anda tidak harus menuruti persyaratan umum yang ditentukan oleh sekeliling Anda.

2. Restu Orang Tua

Berbeda dengan stigma sosial, restu orang tua adalah hal yang penting dalam menjalani sebuah hubungan. Saat usia pasangan terpaut jauh, wajar jika masing- masing orang tua akan merasa khawatir akan kelanggengan hubungan. Tak jarang, drama keluarga pun bisa terjadi karena ketidaksetujuan orang tua akan hubungan.

Cara terbaik untuk menghadapi problema ini adalah dengan tidak bersifat defensif. Tetap dengan pemikiran terbuka dan berusaha mengerti kekhawatiran keluarga adalah valid adanya. Cara membuktikan keseriusan hubungan lagi- lagi adalah dengan menunjukkan sisi terbaik masing- masing kepada keluarga. Walau restu keluarga tidak datang dengan cepat, tetapi mudah-mudahan bisa diberikan secara pelan tapi pasti.

3. Merencanakan Masa Depan

Dengan perbedaan usia yang jauh, topik masa depan menjadi lebih sensitif. Hal- hal seperti keinginan memiliki anak, kondisi kesehatan, hingga hubungan seksual tentu menjadi pertanyaan tersendiri yang butuh dijawab.

Solusi dalam menghadapi hal- hal pelik ini adalah dengan persiapan diri dan menyesuaikan ekspektasi. Sudah pasti Anda tidak bisa menyamakan diri dengan pasangan lain yang seusia, tetapi kuncinya adalah komunikasi terbuka yang bertujuan untuk mencari solusi. Ingat, kalian juga punya keunggulan tersendiri loh dibandingkan pasangan lain.

4. Perbedaan Generasi

Karena usia yang terpaut jauh, ada perbedaan generasi yang pasti akan muncul ke permukaan. Topik- topik umum seperti film favorit, aktivitas, hingga trend masa- masa tertentu pasti akan berbeda. Pasangan yang lebih tua mungkin menjadi minder karena tidak bisa mengimbangi, sedangkan pasangan yang lebih muda akan frustasi karena topik atau lifestyle yang tidak nyambung.

Dalam menghadapi masalah jurang perbedaan ini adalah dengan mencari titik temu yang serupa. Cari aktivitas yang bisa dinikmati bersama, buat trend kalian tersendiri atau jelajahi hal- hal baru yang membuat hubungan tetap seru.

5. Dinamika Tidak Seimbang

Pasangan yang lebih tua merasa lebih smart? Atau sebaliknya, pasangan yang lebih muda merasa solusinya lebih relevan? Penting untuk diketahui bahwa biasanya cekcok karena perbedaan pendapat ini adalah pertanda masalah psikologis yang lebih mendalam. Salah satu pasangan mungkin merasa tidak percaya diri, cemburu atau hal- hal tidak sehat lainnya dalam hubungan.

Tantangan ini bisa diatasi dengan cara kompromi, komunikasi dan kreativitas. Usahakan agar kedua belah pihak bisa saling punya andil dalam sebuah keputusan, menghormati dan mengakui pendapat masing- masing dan mencari solusi untuk hubungan yang terus langgeng.

×