5 Risiko Melakukan Seks Sebelum Menikah

By Penna on under How To

5 Risiko Melakukan Seks Sebelum Menikah

Melakukan seks pra-marital atau seks sebelum menikah tentu punya resiko tersendiri yang tidak bisa disepelekan. Selain konsekuensi yang fatal seperti hamil atau tertular penyakit kelamin akibat seks bebas, pasangan juga harus waspada akan bahaya yang mengancam hubungan percintaan kalian. Apa saja sih resiko melakukan seks sebelum menikah yang wajib diwaspadai pasangan?

1. Hubungan Renggang

Pasangan yang hanya mengidentifikasi cinta dengan hubungan seks akan beresiko memiliki hubungan emosional yang renggang. Terlebih jika pasangan belum lama saling mengenal dan hanya mengandalkan hubungan seksual, maka fokus hubungan akan lebih kepada kedekatan fisik daripada kepedulian tulus dan rasa cinta.

Tanpa hubungan seksual, pasangan bisa memupuk cinta dengan cara- cara intim tersendiri tanpa harus melulu berpatokan pada hubungan seksual.

2. Potensi Ketidakstabilan

Survey mengungkapkan kalau banyak yang kehilangan minat terhadap seseorang setelah melakukan hubungan seksual. Bahkan, sebuah jurnal psikologi juga menemukan fakta bahwa pasangan yang menunda seks hingga malam pertama akan memiliki perkawinan yang lebih berbahagia dan stabil.

3. Layu Sebelum Berkembang

Pasangan yang hanya memprioritaskan hubungan seks akan menemukan bahwa dinamika hubungan asmara mereka yang lebih kurang maksimal, dibandingkan mereka yang mau menunggu hingga pernikahan. Ini mungkin disebabkan karena kurangnya usaha untuk lebih memahami pasangan, sehingga masing- masing tidak memiliki prioritas untuk mengasah potensi hubungan yang paling optimal.

4. Keengganan Berpisah

Dengan melakukan hubungan sebelum menikah, Anda bisa saja memiliki ketergantungan tersendiri pada pasangan. Hal ini bisa dikarenakan rasa tidak percaya diri, tidak ingin dicap buruk dan sebagainya. Akibatnya, Anda akan jadi sulit mengambil keputusan karena berpikiran sudah kadung melakukan hubungan layaknya suami istri. Tak heran jika banyak yang lebih mengutamakan reputasi atau kondisi terlanjur dan mengabaikan tentang kebahagiaan sejati atau malah salah memilih pasangan hidup.

5. Resiko Lanjutan

Rentetan resiko yang sudah dipaparkan sebelumnya akan berujung pada satu hal : berkurangnya rasa yakin dan percaya pada pasangan. Hal ini kembali lagi karena pasangan bisa saja kurang menghabiskan waktu secara emosional jika terlalu mengedepankan kedekatan seksual.

×