5 Tips Dalam Memilih Venue Pernikahan

By she_licia on under How To, Venue

Setelah bertunangan, para pasangan tentunya akan disibukkan untuk menjawab pertanyaan tentang kapan dan di mana mereka akan melaksanakan resepsi pernikahan. Memilih venue pernikahan tentu bukan hal yang gampang dilakukan. Banyaknya pilihan tempat yang ditawarkan saat ini terkadang membuat para pasangan bingung untuk memilih tempat yang paling tepat untuk membuat pernikahan impian mereka menjadi kenyataan.

Bagi kamu dan pasangan yang ingin memesan venue pernikahan, The Bride Dept akan membahas beberapa hal yang perlu diketahui dan pertimbangkan agar kalian tidak salah pilih.

1. Set up your budget and concept

Tentukan konsep apa yang ingin kamu gunakan dalam pernikahanmu. Apakah kamu mau menggunakan konsep outdoor atau indoor? Apa tema yang akan kamu gunakan? Berdiskusilah dengan pasanganmu tentang konsep dan tema yang ingin kalian gunakan. Tentukan juga budget yang akan kalian keluarkan untuk memesan venue. Dengan mengetahui konsep yang akan kamu gunakan serta budget yang tersedia, kamu bisa memperkecil jumlah pilihan venue yang ada sehingga kamu tidak perlu pergi ke banyak tempat yang tidak sesuai dengan konsep dan budget yang kamu miliki.

2. Lokasi venue

Kamu pasti ingin berbagi kebahagiaan dengan orang-orang terdekat di hari pernikahanmu. Jangan sampai lokasi venue yang kamu pilih justru membuat mereka tidak datang di hari bahagiamu. Pilihlah venue dengan lokasi yang gampang diakses oleh para tamu undangan. Jika ingin memilih lokasi venue yang agak jauh, perkirakanlah waktu perjalanan para tamu undangan ke lokasi venue. Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan kapan acara akan dimulai sehingga memperkecil kemungkinan para tamu undangan datang terlambat ke pernikahanmu.

3. Fasilitas yang disediakan

Sebelum memesan, datanglah ke venue yang kalian inginkan. Lihat dan perhatikan setiap detail venue yang akan kamu pilih. Tanyakan fasilitas apa saja yang ditawarkan. Apakah venue tersebut memiliki vendor rekanan atau tidak? Beberapa venue terkadang memiliki vendor rekanan di mana saat kamu memesan venue tersebut, kamu akan menggunakan jasa vendor (seperti vendor dekorasi dan catering) yang bekerja sama dengan venue tersebut. Tapi apabila kamu sudah memiliki vendor pilihan sendiri, pilihlah venue yang tidak memiliki kerja sama dengan vendor rekanan mereka. Jika kamu mengundang banyak tamu, sebaiknya kamu memilih venue yang cukup luas dan memiliki fasilitas tempat parkir yang memadai sehingga para tamu undangan tidak harus mengantri di depan pintu masuk dan berdesak-desakan di dalam venue.

4. When to book your wedding venue

Booking atau pesanlah venue yang kamu pilih secepat mungkin. Biasanya pemesan dilakukan sekitar 12 bulan (atau lebih) sebelum acara digelar. Waktu 12 bulan sebelum acara digelar merupakan perkiraan waktu pemesanan yang sangat normal. Lamanya waktu pemesanan venue dengan waktu acara membuatmu bisa merencanakan dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih matang. Semakin cepat kamu memesan, maka kemungkinan kamu mendapat venue di hari yang kamu inginkan semakin besar Jangan terlalu lama untuk memesan venue yang kamu pilih. Harga venue yang kamu booking berdekatan dengan waktu acara terkadang cenderung lebih mahal.

5. Don’t be shy to ask about everything

Tanyakan setiap detail yang ingin kamu ketahui. Seperti apakah tanggal yang kamu pilih untuk menggelar pernikahan masih kosong? Apakah ada biaya tambahan lainnya yang perlu dikeluarkan? Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mempersiapkan dekorasi tempat? Selain itu, jangan lupa pertanyaan mengenai back-up plan. Back-up plan bukan hanya direncanakan bagi pasangan yang menggunakan konsep outdoor saja. Tetapi juga untuk konsep indoor. Misalnya jika listrik padam pada hari-H, apakah ada tersedia mesin pembangkit listrik yang dapat digunakan? Jika kamu menggunakan konsep outdoor, apakah ada tempat yang bisa digunakan jika hujan turun saat hari-H? Jangan malu untuk bertanya tentang semua hal yang perlu kamu tanyakan. It’s your day and you have the rights to know about it.

Last but not least, datanglah ke venue sehari atau dua hari sebelum acara digelar. Dengan begitu, kamu bisa memastikan segalanya sempurna dan tidak ada satu pun yang kurang. Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum memesan gedung pernikahan. Semoga penjelasan di atas bisa membuatmu lepas dari kebingungan saat ingin memesan venue untuk acara pernikahanmu.

×