5 Tips Jitu Menabung untuk Biaya Pernikahan

By Penna on under Budgeting, How To

5 Tips Jitu Menabung untuk Biaya Pernikahan by The Bride Dept

Tidak tanggung- tanggung, biaya pernikahan zaman now bisa saja berharga fantastis hingga milyaran rupiah loh brides. Buat kalian yang akan membiayai pernikahan sendiri, persiapan jauh hari paling penting sudah pasti harus melibatkan perencanaan finansial yang tepat. Apa saja tips menabung untuk biaya pernikahan yang harus kamu terapkan? Yuk, langsung deh simak untuk pernikahan tanpa beban nantinya :

1. Estimasi Sesuai Budget

Baik untuk pernikahan yang akan brides rancang sendiri maupun menggunakan jasa wedding planner, sudah tidak heran jika biaya pernikahan bisa membengkak di luar estimasi.

Ini semua bisa diatasi dengan cara benar- benar teliti dalam estimasi sesuai budget biaya pernikahan. Prioritaskan logika dan sisi realistis dalam perencanaan pernikahan, karena setiap pasangan masih bisa menggelar acara pernikahan yang indah, spesial dan berkesan tanpa harus menghamburkan biaya di luar budget yang sudah ada.

2. Penghematan Antar Pasangan

Saatnya untuk saling jujur dan mulai menghemat demi mencapai cita- cita pernikahan yang diinginkan. Mulai kurangi jatah nge-date yang menguras biaya dan cari alternatif menghabiskan waktu yang lebih hemat. Jika frekuensi bertemu juga harus dibatasi demi menghemat, maka ini juga harus dijalani. Ingat kalau pasangan yang kompak pasti akan punya dasar pernikahan yang solid juga.

3. Menabung Dua Arah

Bukan soal hemat berdua saja yang harus diterapkan, tetapi menabung dua arah alias melibatkan masing- masing pasangan juga harus dilakukan. Untuk pasangan yang lebih mampu, usahakan untuk menyisihkan lebih banyak dan terus memotivasi calon suami/istri untuk turut menabung demi masa depan bersama.

Selain itu, pilih juga tabungan yang paling menguntungkan sesuai dengan jangka waktu menuju hari H, baik dalam bentuk deposito, saham, atau tabungan biasa.

4. Cari Income Tambahan

Punya skills tertentu yang bisa dijadikan income ekstra? Bisa bekerja part-time atau freelance di luar jam kerja? Atau punya barang bekas yang tidak akan digunakan nantinya setelah pindah ke rumah masa depan? Giat mencari income tambahan berarti akan semakin banyak uang yang bisa ditabung juga loh.

5. Pintar Mencari Celah

Selain menghemat dan giat menabung, manfaatkan promo- promo menarik khusus wedding yang biasanya ramai di bulan- bulan pameran. Mulai dari cicilan nol persen, potongan harga, hadiah ekstra hingga lucky draw yang akan semakin meringankan biaya pernikahan nantinya.

×