5 Tips Mencetak Undangan di Pasar Tradisional

By alandakariza on under How To

Mencetak undangan di vendor tradisional bisa membantumu menekan biaya pernikahan karena harganya jauh lebih murah dibandingkan bisnis percetakan yang lebih besar. Berikut beberapa tips untuk mencetak undangan di vendor tradisional, misalnya di Pasar Tebet atau Jatinegara di Jakarta, atau di Pagarsih, Bandung.

1. Buat desain

Biasanya, desain di vendor seperti ini cukup terbatas. Kamu bisa membuat desainmu sendiri menggunakan software Adobe Photoshop, InDesign, atau Illustrator, atau minta tolong teman yang bisa mendesain. Bawa dua desain: yang sudah di-flatten dan yang belum. Lampirkan semua ilustrasi dan font yang kamu gunakan.

2. Pelajari jenis kertas
Lakukan survey dan coba bicara dengan beberapa Pegang beberapa contoh undangan, dan jika ada yang kamu sukai, tanya apa bahan kertas yang digunakan. Ada bahan impor dan lokal, dan tidak semua vendor memiliki keduanya. Tanyakan apakah mereka memiliki jenis kertas yang kamu inginkan atau tidak.

3. Cetak beberapa hal di satu tempat
Selain undangan, apakah kamu membutuhkan hal lain untuk dicetak? Misalnya, buku pengajian/program pernikahan, suvenir dalam bentuk blank notes, serta tag Jika memesan semua di satu vendor, bisa jadi mereka memberikan harga yang lebih murah.

4. Proaktif
Walaupun kita sudah memberikan desain undangan dari 2 atau 3 bulan sebelum, banyak vendor yang cenderung menyepelekan pesanan yang deadline-nya masih lama. Untuk itu, penting bagi kita untuk terus proaktif dan menanyakan perkembangan pembuatan undangan, apalagi jika ada sejumlah undangan yang harus kita kirimkan 3-4 minggu sebelum Hari H. Cek perkembangannya beberapa kali dalam seminggu. Bahkan, tidak jarang kita harus menunggui kantor percetakan untuk memastikan pesanan kita dikerjakan dari jauh-jauh hari.

5. Gunakan vendor yang pernah digunakan oleh teman/kerabat
Bagaimanapun juga, pemilihan vendor juga tergantung rasa saling percaya. Usahakan untuk menggunakan jasa vendor yang sudah pernah memberikan impresi dan pengalaman baik bagi orang yang kita kenal. Kadang, walau sebuah vendor mendapatkan review bagus di blog orang lain, belum tentu hasilnya sebagus yang kita harapkan.

Itulah sejumlah tips yang bisa kamu gunakan jika hendak mencetak undangan di pasar tradisional. Good luck, ya!