6 Alasan Umum Pria Menolak Berhubungan Seks

By Penna on under How To

pria menolak seks

Sering ditolak untuk berhubungan intim? Mungkin penyebabnya bukan pada kalian brides. Ada beberapa alasan umum mengapa pria malas atau menolak berhubungan seks. Cek dulu deh sebelum baper, yuk simak!

1. Capek

Ya, sesimpel itu. Pria juga manusia yang disibukkan oleh kegiatan dan rutinitas yang menyita tenaga dan konsentrasinya. Menurut riset, sekitar 98% pria mengaku menolak berhubungan seks karena letih, dan tidak berkaitan dengan penampilan atau perasaan terhadap pasangan. 

Jika memang dirinya sedang tidak mood karena kecapekan, hal yang bisa kalian lakukan adalah tidak berprasangka yang buruk atau tersinggung. Lebih baik jika mengajak pasangan berbicara untuk melepas letih atau menawarkan pijatan kasih sayang. Jika problem kecapekan berlanjut hingga lebih dari 6 minggu, baru deh boleh kalian mencari solusi lain atas keringnya hubungan seks di ranjang. 

2. Stress

Saat benak pria larut memikirkan hal- hal yang penting bagi dirinya, maka seks bisa jadi urutan yang paling belakang baginya. Stress terhadap pekerjaan ataupun aspek lain bisa sangat menyurutkan gairah seks pria. Daripada menuntut seks darinya, coba deh tawarkan nasehat atau kesempatan untuk berkeluh kesah demi membuang jauh pikiran stressnya. 

3. Menurunnya Kadar Testosterone

Menginjak usia 40 tahun, kadar testosteron pria mulai menurun. Seiring waktu, pria akan mulai berkurang gairah seks, baik secara perlahan maupun drastis. Kondisi ini disebut dengan andropause yang ditandai dengan kehilangan stamina atau energi, gejala depresi dan juga menurunnya semangat seks. 

Jika hal ini terjadi, ajaklah pasangan untuk berkonsultasi pada dokter untuk mengevaluasi kadar hormon dan mencari solusi medis yang tepat. 

1. Disfungsi Ereksi

Menarik diri dari kegiatan seks mungkin juga berkaitan dengan tingkat rasa kepercayaan dirinya yang minim. Bisa jadi pria mengalami masalah atau gangguan ereksi sehingga memilih untuk tidak berhubungan seks, daripada harus mengecewakan pasangan. Jika kalian curiga ini masalahnya, pastikan kalau pria tahu kalau kadar cinta kalian tidak berkurang. Selanjutnya, ajak pasangan untuk mencari solusi secara profesional demi keharmonisan di ranjang. 

2. Depresi

Depresi klinis adalah salah satu penyebab kurangnya gairah seks pada pria. Pria dari berbagai usia dan kalangan akan mengalami penurunan semangat seks karena gangguan mental yang cukup umum ini. Perlu diingat kalau depresi klinis adalah penyakit dan bukan masalah karakter, sehingga pria sangat disarankan untuk mencari cara penyembuhan secara medis maupun psikologis. 

3. Tidak Mood

Mungkin karena dia barusan makan terlalu banyak dan sulit bergerak, atau mungkin karena kalian baru saja menyinggung perasaannya. Bisa jadi juga karena dia baru minum alkohol dan merasa performanya bakal mengecewakan, atau kalian baru saja selesai cekcok dan masih banyak lagi. Ada banyak penyebab pria menolak seks karena kondisi tertentu pada saat itu, baik yang sama sekali tidak berkaitan dengan kalian ataupun disebabkan oleh pasangan. 

Yang pasti, sesekali menolak seks bukanlah hal yang aneh. Asalkan hubungan kalian tetap harmonis dan bukan disebabkan oleh masalah klinis, cari lagi titik gairah asmara dan coba lagi dilain kesempatan. Good luck!