6 Cara Memberi Sentuhan Tradisional dalam Pernikahan Modern

By NSCHY on under How To

Permintaan keluarga dengan mengadakan pernikahan bertema tradisional di tengah-tengah kemantapan dan impian pasangan yang ingin mengadakan pernikahan modern merupakan salah satu permasalahan signifikan yang sering ditemukan. Tak jarang pula, masalah ini yang menjadi pemicu adu pendapat dan juga konflik di antara keluarga.

Oleh karena itu, jalan tengahnya adalah dengan menyisipkan sentuhan tradisional dalam pernikahan modernmu. Mau tau bagaimana caranya? Yuk simak tips berikut!

1. Kenakan item statement tradisional

Tidak perlu harus mengenakan pakaian dan make up tradisional dengan lengkap, dengan hanya memakai salah satu item statement tradisionalpun kamu sudah bisa menyisipkan budaya keluarga. Misalnya, mengenakan Suntiang yang dipadukan dengan gaun pernikahan kebaya panjang. Untuk sentuhan lebih modern, mungkin kamu bisa sedikit memodifikasi Suntiang tersebut tanpa menghilangkan kesan Sumatera Baratnya. Pasti tamu yang melihatpun sudah tau ikon dari Suntiang tersebut.

2. Sajikan makanan tradisional

Di antara spaghetti, sushi, dan juga pasta, mungkin ada baiknya kamu menyajikan beberapa makanan tradisional, misalnya Soto Betawi, Rendang, atau bahkan Gudeg untuk menunjukan daerah asal.

3. Tentukan pilihan warna

Busana pernikahan Jawa biasanya identik dengan warna hitamnya. Jadi, untuk memberikan kesan jawa, kamu bisa menggunakan pakaian berwarna hitam dengan salah satu aksen di pakaianmu yang bernuansa Jawa. Tanpa terlihat seperti busana tradisional Jawa, kamu bisa merepresentasi adat Jawa juga, lho.

4. Sisipkan dekorasi tradisional dalam dekor panggung

Kalau tidak menginginkan sentuhan tradisional dalam pakaian, kamu bisa menyiasatinya dengan dekorasi panggung. Misalnya dengan menyisipkan kain nuansa batik Jawa khas keluargamu berasal atau bahkan dekorasi rumah gadang yang kamu modifikasi menjadi sentuhan modern.

5. Pilih souvenir tradisional yang diberikan sentuhan modern

Siapa bilang souvenir modern tidak bisa diberikan sentuhan tradisional? Cermin, misalnya. Kamu bisa lho memasukkan aksen atau menempelkan kain Jawa di balik cerminmu itu. Atau misalnya lagi tote bag, kamu bisa memberikan aksen bentuk hati yang dibentuk dari kain Jawa yang kamu potong kecil. Manis, masih modern namun memberikan kesan tradisionalnya juga, kan?

6. Tampilkan tarian tradisional

Biasanya, sentuhan tradisional diminta oleh pihak keluarga dan biasanya sanak keluarga akan hadir jauh sebelum acara resepsi diadakan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memberikan hadiah atau persembahan untuk keluarga dengan menghadirkan tarian tradisional sebagai penyambut acara resepsi. Hal ini merupakan hal yang sederhana, namun tentunya akan sangat membuat keluarga lebih bahagia karena kamu mau menyelipkan tarian tradisional sebagai penyambut sebelum resepsi pernikahan modern-mu dimulai.
Yuk selipkan nuansa tradisional dalam pernikahan modern-mu!

Shop