6 Faktor Dalam Memilih Venue Pernikahan

By arinda.p on under How To, Venue

Memilih venue pernikahan adalah salah satu hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu sebelum merencanakan detail pernikahan lainnya. Akan tetapi, proses dalam memilih venue pernikahan ini memang tidak gampang. Menurut kami, ada 6 faktor penting dalam memilih venue pernikahan yang harus kamu pikirkan sebelum membuat keputusan. Nah, hari ini yuk kita bahas 6 faktor penting dalam memilih venue pernikahan tersebut

1. Luas dan kapasitas ruangan

Penting sekali untuk tahu luas dan kapasitas ruangan tersebut agar kamu yakin bahwa jumlah tamu kamu bisa dijamu dengan baik di ruangan tersebut. Jangan terlalu mepet ya dalam mencocokkan jumlah undangan dengan kapasitas ruangan. Kalau misalkan kapasitas ruangan adalah 2,000 orang. Jangan lantas kamu mengundang 1,000 undangan atau 2,000 orang. Ruangan yang sesak hanya akan membuat tamu mu merasa kurang nyaman.

2. Lokasi

Venue yang strategis tentu penting jika kamu mengundang banyak undangan agar akses mereka pun lebih mudah. Berbeda hal nya jika kamu mengadakan pesta pernikahan intimate dimana tamu rela untuk datang ke venue pernikahan mu yang jauh karena sudah disiapkan dari jauh hari.

3. Area Parkir

Area parkir pun sangat penting untuk kenyamanan tamu. Tapi, jika memang venue yang kamu inginkan tidak memiliki area parkir yang memadai, usahakan untuk menyediakan service valet parking.

4. Dekorasi permanen ruangan

Dekorasi permanen ruangan sangat penting untuk kamu pertimbangkan karena akan berpengaruh pada tema dekorasi yang kamu inginkan. Sebagai contoh, jika kamu di Jakarta pasti kamu sudah tahu mengenai Balai Sudirman dan dekorasi permanen ruangan yang penuh dengan warna emas dan merah. Nah, jika kamu ingin menikah disana, lebih baik jika kamu juga menggunakan tema dekorasi dengan warna emas dan merah supaya hasil dekorasi bisa selaras juga. Jika tidak, kamu harus mengeluarkan biaya lebih untuk menutupi dekorasi permanen ruangan yang berwarna emas dan merah tersebut.

5. Vendor rekanan

Beberapa gedung dan balai pertemuan memiliki ketentuan bahwa pernikahan yang diadakan di tempat mereka haruslah menggunakan vendor rekanan gedung tersebut. Untuk menghindari adanya kekecewaan karena kamu tidak bisa menggunakan vendor impian, akan lebih baik jika kamu sudah meminta list vendor rekanan kepada gedung tersebut. Jika ternyata vendor yang kamu inginkan ternyata bukanlah rekanan disana, kamu juga harus bertanya apakah ada charge tambahan jika kamu mengambil vendor dari luar.

6. Ketersediaan ruang ganti

Penting juga untuk mengetahui apakah ada ruang ganti untuk calon pengantin dan juga keluarga. Apabila memang tidak menikah di hotel, tentu perlu adanya ruang ganti untuk calon pengantin karena tidak mungkin kan kamu sudah siap berbusana dan makeup dari rumah? Hehe. Lalu, ruang ganti untuk keluarga pun penting karena seperti kamu tahu, banyak orang di Indonesia yang memiliki budaya untuk memberikan privilege khusus untuk keluarga dekat berupa free makeup dan hairdo. Kalau tidak ada ruang ganti, mau dimana dong nanti ruangan untuk keluarga? Hehe.

Semoga 6 faktor penting ini bisa membantu kamu dalam persiapan pernikahan ya, brides!

×