6 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Tinggal dengan Pasangan

By NSCHY on under How To

Setelah menikah, kamu dan pasangan pasti akan tinggal bersama. Entah itu tinggal berdua di rumah baru, apartment atau bahkan tetap tinggal di rumah orang tua. Meski selama ini kalian sudah bersama dalam waktu yang cukup lama, namun bukan berarti kamu sudah paham dan mengetahui betul segala hal mengenai pasanganmu tersebut.

Nah, ini dia persiapan mental sebelum tinggal bersama dengan pasangan.

1. Bukan seperti tinggal bersama teman

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah kamu bukan sedang tinggal bersama dengan teman. Saat sudah pindah dengan pasangan, kamu bukan hanya satu rumah dengannya, namun satu kamar dan satu ranjang dengan pasanganmu tersebut. Jadi, persiapkan dirimu untuk terus berada di dekatnya selama berada di rumah. Kalau tinggal dengan teman kamu masih bisa bersikap seenaknya, kalau sekarang, kamu sudah harus bisa menjaga sikap dan tetap bertanggung jawab.

2. Akan ada kebiasaan aneh yang kamu baru lihat

Selama ini, pasti ada kebiasaan aneh yang kamu sembunyikan dari pasangan, begitu juga pasanganmu. Tidak semua yang kamu ketahui selama ini benar-benar kebiasaan dirinya. Setelah tinggal bersama, bisa jadi kamu akan tau kebiasaan tidurnya, ritual sebelum tidur, atau bahkan gaya tidur dan juga bangun tidurnya. Jangan kaget, kamu akan terbiasa dengan sendirinya, kok!

3. Sulit mendapatkan spot pribadi

Saat tinggal dengan teman dan kamu menginginkan “me time”, kamu bisa saja berpindah ke kamarmu sendiri dan mengunci pintu. Namun saat sudah tinggal dengan pasangan, kamarmu adalah kamarnya juga. Jadi komunikasi yang lancar adalah kunci yang penting untuk menjalin komunikasi dan pengertian antara keduanya agar tidak ada kesalahpahaman yang terjadi. Jika kamu memang sedang membutuhkan waktu sendiri, jangan sungkan untuk langsung mengatakan pada pasanganmu dan meminta pengertiannya.

4. Kamu tidak akan selalu menghabiskan waktu bersama

Pada masa awal tinggal dengan pasangan, kamu pasti berusaha untuk terus menghabiskan waktu bersama. Namun, beberapa bulan setelahnya, bisa jadi kondisi akan berubah dengan mengerjakan urusan masing-masing. Bisa jadi, saat kamu menonton TV, pasanganmu sedang bekerja di depan laptop. Perlahan-lahan, kamu harus belajar menyesuaikan diri bahwa kebersamaan kamu dan pasangan tidak selalu tentang kemesraan, namun juga saling menemani mengerjakan urusan masing-masing.

5. Kamu akan berdebat

Saat tinggal satu rumah dengan pasangan, kamu harus mengakui bahwa nantinya akan ada perdebatan dan akan sulit untuk menghindar. Oleh karena itu, latihlah komunikasi yang baik untuk menyelesaikan perdebatan tersebut dengan baik.

6. Akan ada banyak protes

Dalam menyatukan dua selera, bisa jadi kamu dan pasangan menemukan selera yang berbeda. Bisa jadi, pasanganmu protes mengenai dekorasi ruang tamu atau bahkan hal sepele lainnya. Ketahuilah bahwa hal tersebut merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi dalam rumah tangga.

Jadi, yuk persiapkan diri untuk tinggal bersama pasangan! Selamat menempuh hidup baru ya, brides!

×