6 Menu Spesial di Pernikahan Gibran & Selvi

By arinda.p on under How To

Tentu sudah pada tahu dong bahwa pernikahan anak presiden Jokowi, Gibran dengan Selvi sudah terlaksana kemarin di Solo, Jawa Tengah? Dari sekian banyak hal yang dipaparkan oleh media, ada satu hal yang paling menarik perhatian kami yaitu 6 menu spesial di pernikahan Gibran dan Selvi tersebut. Seperti sudah kita ketahui, Gibran memang merupakan pengusaha catering pernikahan jadi wajar dong kalau kita penasaran apa saja menu spesial yang dihadirkan kemarin.

Menurut Gibran dalam press conference-nya, semua masakan yang akan dihidangkan adalah masakan khas Solo. “Kami sengaja untuk menyuguhkan masakah khas Solo kepada para tamu baik yang datang siang maupun malam. Makanan khas Solo ini cocok di semua lidah baik lidah orang luar negeri maupun lidah orang Solo. Ini alasannya kami mengangkat menu khas Solo,” ujar Gibran. Hm, penasaran kan? Nah ini dia 6 menu spesial tersebut!

  • Nasi Liwet Solo
Photo Courtesy of Dapur Solo

Photo Courtesy of Dapur Solo

Nasi liwet memang merupakan salah satu sajian khas kuliner Solo sehingga tidak heran kalau menu ini pasti ada di pernikahan Gibran dan Selvi. Nasi liwet sendiri adalah nasi yang dimasak dengan santan dan berbagai bumbu tanpa proses pengukusan sehingga hasinya adalah nasi putih yang teksturnya sedikit lembek. Nasi liwet pun biasanya disajikan didalam daun pisang dengan lauk seperti suwiran ayam opor, telur rebus, gulai labu siam dan juga kerupuk kulit! Yummy!

  • Tengkleng

Nah sejujurnya ini adalah pertama kalinya aku mendengar menu bernama “Tengkleng” ini. Tapi begitu mencari gambarnya di Google, wow ternyata terlihat enak sekali ya! Nggak heran Gibran memilih untuk memasukkan menu ini kedalam pernikahannya.

Tengkleng ini mungkin sekilas terlihat seperti gulai kambing kebanyakan. Namun perbedaannnya terletak di kuahnya yang lebih ecer dan juga memilik sedikit lemak meskipun isinya kebanyakan adalah jeroan kambing. Ada cerita menarik juga dibalik sejarah tengkleng ini. Awalnya makanan ini adalah makanan rakyat keil yang tidak mampu membeli daging kambing dan hanya mampu membeli jeroan kambing saja. Tetapi karena rasanya yang lezat, akhirnya seluruh lapisan masyarakat pun menyukai masakan ini.

  • Selat Solo
Photo Courtesy of tolololpedia.wikia.com

Photo Courtesy of tolololpedia.wikia.com

Kalau belum pernah melihat selat solo sebelumnya, pasti akan merasa aneh dan bingung jenis masakan apa ini. “Kok bentuknya seperti steak tapi basah dan ada sayuran dan juga mayonnaise sih?” hal tersebut yang kebanyakan ada di benak orang. Selat solo atau sering juga disebut sebagai bistik Jawa adalah masakan khas Solo memang terdiri dari daging steak diiris tipis yang dimasak seperti semur dan juga aneka makanan pendamping lainnya seperti buncis, wortel rebus, irisan acar timun, kentang rebus, kentang kering, irisan tomat segar dan beberapa lembar daun selada. Rasanya yang segar dan unik mampu menjadikan masakan ini menjadi icon dari kuliner kota Solo!

  • Garang Asem Bumbung

Berbeda dengan Tengkleng yang awalnya merupakan masakan rakyat miskin, Garang Asam Bumbung ini awalnya hanya bisa dinikmati oleh orang berada. Hal ini dikarenakan daging ayam yang digunakan haruslah daging ayam kampung yang harganya cukup mahal. Selain itu, masakan ini juga merupakan masakan khas Pura Mangkunegaraan. Mungkin sudah banyak dari kamu yang mencoba makan Garang Asam, tapi ternyata ada yang berbeda dengan Garang Asam Bumbung! Masakan ini dimaskan dengan menggunakan bumbung atau batang bambu sehingga menghasilkan rasa yang lebih lezat dan juga bentuk penyajian yang lebih menarik.

  • Nasi Gunung Sari
Photo Courtesy of http://chilliparicatering.com/

Photo Courtesy of http://chilliparicatering.com/

Nah, masakan ini pun baru pernah aku dengar nama nya pertama kali di pernikahan Gibran dan Selvi ini! Kalau menurut deskripsi yang ada di website Chilli Pari, Nasi Gunung Sari adalah hidangan makan utama yang berisi kombinasi nasi putih kuning disertai aneka lauk pilihan selada husaren, hidangan goreng, lauk daging atau masakan ayam, sayur dan masakan telor yang dirangkai menjadi hiasan dan pelengkap. Sepertinya tidak berbeda jauh dari nasi kuning biasa ya! Siapa disini yang pernah mencoba? Sharing dong seperti apa sih rasanya! Penasaran hihi.

 

  • Martabak Manis Markobar 16 rasa
Photo Courtesy of http://kuliner.panduanwisata.id/

Photo Courtesy of http://kuliner.panduanwisata.id/

Martabak ini memang tidak jauh berbeda dengan martabak manis lainnya. Tapi untuk pernikahannya, Gibran memberikan sentuhan yang berbeda. “Kalau yang biasanya itu kan hanya delapan rasa (dalam satu loyang). Namun karena ini spesial, maka Markobar kami suguhkan 16 rasa. Untuk rasanya apa saja, rahasia,” kata Gibran. Wah kedengarannya menarik banget ya! Biasanya 8 rasa tersebut adalah taburan keju, Kit- Kat coklat, Kit-Kat green tea, Tim Tam red velvet, Oreo dan masih banyak lagi! Sayang sekali, sampai sekarang kita belum bisa melihat tampilan markobar 16 rasa ini. Kalau sudah ada yang punya fotonya, do share please!