6 Perbedaan antara Cicin Pertunangan & Cincin Pernikahan

By Penna on under How To

6 Perbedaan antara Cicin Pertunangan & Cincin Pernikahan

Sudah menjadi impian setiap brides untuk menemukan pria idaman yang akan menyematkan cincin ke jari manisnya. Tapi tahukah kalian? Ada beda antara cincin pertunangan dan cincin pernikahan loh. Yuk pahami dulu 6 perbedaan antara cincin pertunangan dan cincin pernikahan:

1. Pemberian Cincin

Cincin pertunangan bisa diberikan saat pasangan pria melamar atau pada acara lamaran. Sifat cincin pertunangan ini tidak wajib, karena tergantung pada kepribadian dan kemampuan masing-masing. Ada pasangan yang tidak menggunakan proses pemberian cincin tunangan. Sedangkan cincin pernikahan biasanya adalah syarat mutlak dalam pernikahan yang saling diberikan oleh pasangan satu sama lain.

Untuk pasangan yang sedang dalam budget tertentu, dengan tidak memberikan cincin pertunangan berarti akan lebih menghemat biaya tanpa harus mengurangi makna cincin pernikahan.

2. Jumlah Cincin

Cincin pertunangan pada umumnya hanya diberikan dari pihak pria ke pihak wanita, sehingga tidak harus sepasang. Ini semua kembali kepada preferensi dan kemampuan masing-masing saja. Sedangkan cincin pernikahan biasanya berbentuk sepasang sebagai kepemilikan suami istri atas status menikah.

3. Status Cincin

Cincin pertunangan memiliki arti bahwa seorang wanita sudah terikat atau berkomitmen untuk melangsungkan pernikahan dengan kekasihnya. Namun ini bukan berarti bahwa cincin tunangan adalah bukti resmi bahwa wanita itu telah menikah. Sedangkan cincin menikah biasanya merupakan komitmen pernikahan antara pasangan alias resmi sah di mata hukum dan agama.

4. Posisi Cincin

Menurut tradisi Barat, biasanya cincin pertunangan dipakaikan pada jari manis tangan kiri. Sedangkan cincin pernikahan digunakan pada jari manis tangan kanan.

5. Berlian

Walaupun tidak wajib atau mutlak, biasanya cincin pertunangan selalu ditandai dengan berlian yang terletak di tengah cincin. Ukurannya bervariasi dari yang kecil hingga besar dan merupakan bukti kesungguhan hati pria saat melamar pasangan. Untuk cincin pernikahan, umumnya bentuknya lebih simpel dan pas untuk penggunaan sehari-hari setelah menikah. Namun ada juga cincin pernikahan yang menggunakan berlian walaupun tidak terlalu menonjol.

6. Penggunaan

Prinsipnya, wanita tidak mengenakan cincin pernikahan jika belum resmi menikah. Jadi cincin pertunangan biasanya dipakai saat telah dilamar hingga nantinya resmi menikah. Brides boleh menyimpan cincin pertunangan dan mengenakan cincin pernikahan sebagai gantinya. Atau juga ada tren stacking yang artinya memakai kedua cincin sekaligus dengan cara ditumpuk.