6 Pertanyaan Penting Saat Interview Vendor

By NSCHY on under How To

Vendor adalah pihak yang paling penting dalam menyukseskan sebuah acara pernikahan. Oleh karena itu, kamu harus 100% yakin dalam memutuskan vendor mana yang akan terlibat di pesta pernikahanmu. Beberapa calon pengantin biasanya cukup puas dengan hanya melihat portfolio si vendor saja, tetapi tidak sedikit lho yang ingin bertemu dan mengobrol langsung dengan vendor. Hal itu dikarenakan para calon pengantin ini ingin mengetahui ada atau tidaknya chemistry antara kedua belah pihak. Topik apa saja sih yang harus dibicarakan agar kamu dapat menggali lebih dalam mengenai vendor tersebut? Yuk kita simak 6 pertanyaan yang harus ditanyakan di bawah ini!

1. Berapa lama waktu persiapannya?

Ini adalah pertanyaan yang wajib kamu tanyakan kepada hampir semua vendor, mulai dari designer, undangan, souvenir, hingga dekorasi. Sebaiknya kamu juga sudah menentukan timeline untuk vendor tersebut agar kamu tidak kelabakan ketika mendekati hari H.

2. Apa tantangan terbesar dalam mempersiapkannya?

Dalam mengerjakan sesuatu, tentu saja vendor tersebut akan menemukan beberapa tantangan dan permasalahan. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu menanyakan sedari awal apa saja kemungkinan-kemungkinan masalah yang akan dihadapi.

3. Berapa lama vendor tersebut bergerak dalam bidang ini?

Lama kerja memang tidak menentukan hasil yang memuaskan dan juga sesuai dengan seleramu. Namun, lama kerja dapat memberikan gambaran mengenai profesionalisme, seperti mengatur waktu, mempunyai banyak kenalan supplier, hingga beberapa pihak yang bisa membantu kamu. Percayalah, pengalaman tak akan bohong. Memang, belum tentu vendor yang baru merintis itu tidak professional, namun, untuk satu hari dalam hidupmu, ada baiknya kamu menyerahkan persiapan ini kepada tangan yang terpercaya dan terdengar rekomendasinya.

4. Siapa yang akan menjadi PIC dalam acaranya nanti?

Tentunya, vendor tidak hanya bekerja di saat persiapan saja. Harus ada juga yang hadir saat acaramu tersebut untuk bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semuanya berjalan dengan baik dan sebagaimana mestinya. Pastikan dari kamu dan juga pihak keluarga merasa cocok dengan PIC tersebut. Selain itu, kamu juga harus pastikan bahwa PIC tersebut mengerti mengenai konsep pernikahan dan juga rundown acara pernikahan kamu.

5. Apa saja yang sudah termasuk dalam biaya vendor ini?

Ketika mendapatkan “angka” dari vendor kamu, pastikan ada rincian dari angka-angka tersebut. Selain itu, pastikan juga kamu menanyakan dengan jelas mengenai akomodasi pengiriman dan staff yang hadir pada saat hari H, penambahan waktu acara, makanan, parkir, dan juga penambahan detail dekorasi. Setiap kamu meminta special request, pastikan kamu mengetahui biaya tambahannya agar tidak kaget saat invoice tiba di akhir acara.

6. Bagaimana jika hasil tidak sesuai dengan permintaan?

Rencana memang ada di tanganmu, tapi eksekusi terletak di tangan vendormu. Nah, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, seperti hasil yang tidak sesuai dengan permintaan, ada baiknya sudah kamu bahas terlebih dahulu di awal merekrut vendor. Misalnya, sang vendor salah membeli bahan untuk dekorasi alas meja, kamu bisa meminta ganti baru tanpa tambahan biaya sedikitpun, atau tetap dengan hasil yang ia berikan namun hanya membayar 50% dari harga yang tertera. Pastikan kamu sudah mendiskusikan hal ini dengan vendor sehingga sang vendor juga akan bergerak lebih hati-hati lagi.

Selamat memilih vendor!