6 Tips Buat Acara Lamaran Seru dan Tetap Hemat Budget

By Penna on under Engagement Tips, How To

Photo by Prisma Picture from Hana & Tab Engagement

Tergantung dari adat dan tradisi pernikahan, umumnya acara lamaran atau pertunangan sudah menjadi bagian wajib dari perjalanan pernikahan. Boleh dibilang, acara lamaran ini punya momen spesial tersendiri yang pastinya penting untuk dirayakan sebaik mungkin. Nah, buat kalian yang ingin acara lamaran tetap seru berkesan tanpa harus mengeluarkan biaya yang bikin stress, coba dulu ikuti 6 tips acara lamaran seru dan hemat berikut ini :

1. Lokasi atau Venue

Untuk yang akan mengadakan acara lamaran di rumah sendiri, otomatis biaya acara lamaran bakalan hemat banyak. Tetapi buat yang berencana mengadakan acara lamaran di venue terpisah seperti hotel atau restoran, masih ada trik untuk menghemat yang bisa kalian coba. 

Salah satunya adalah jeli memilih lokasi yang dengan harga lebih bersahabat, misalnya dari segi ukuran yang secukupnya dan tidak berjauhan dari rumah kalian. Urusan dekorasi juga bisa dipermudah dengan memilih tema yang simpel atau pintar bernego dengan pihak venue untuk urusan paket yang tersedia. Kalian juga bisa memilih venue yang tidak membutuhkan dekorasi lagi, jadi walau terkesan lebih mahal, sebenarnya kalian hemat di urusan dekorasi. 

2. Selektif Urusan Tamu

Secara umum, acara lamaran tergolong bersifat private dan kekeluargaan. Jadi wajar saja jika kalian menjadi lebih selektif dalam urusan tamu undangan cara lamaran. Ikut sertakan keluarga inti, sahabat dan hanya segelintir orang yang kalian nilai harus berada di acara tersebut. Soal pengenalan keluarga besar, tetap bisa kalian lakukan nantinya di acara tradisi midodareni atau hari H. 

3. Rangkaian Acara

Karena acara lamaran lebih fokus pada hubungan dan silaturahmi keluarga, maka rangkaian acara tidak perlu terlalu rumit dan bertele- tele. Acara hiburan yang membutuhkan biaya sewa band atau perlengkapan musik bisa kalian skip, sebaliknya susun agar acara meminang pengantin, tukar cincin, hingga seserahan nantinya berjalan intim dan penuh khidmat. Acara hiburan bisa diganti dengan suasana kekeluargaan yang saling menikmati sajian makanan dan saling bercengkrama. 

4. Konsumsi Kekeluargaan

Nah, bicara katering atau konsumsi untuk acara lamaran, ini akan menjadi salah satu pengeluaran yang bisa kalian kontrol. Caranya adalah dengan membawa makanan tersendiri, sesuai dengan peraturan yang ditentukan oleh pihak venue pastinya. Jika urusan makanan sudah menjadi satu bagian dengan venue, coba minta agar sajian kecil seperti kue, pencuci mulut atau makanan khas lainnya bisa didatangkan sendiri. Toh, sudah menjadi tradisi jika acara lamaran diikuti dengan hadiah makanan dari tetangga atau saudara bukan? 

5. DIY (Do It Yourself)

Mulai dari undangan, dekorasi kecil, hingga pernak- pernik yang bisa bikin acara lamaran tetap meriah, bisa kalian buat sendiri jauh hari dengan cara DIY. Percantik ruangan sebisa mungkin dan koordinasikan dengan saudara/ teman untuk turut serta demi acara lamaran yang paling maksimal. 

6. Minta Bantuan 

Terakhir, acara lamaran akan kian afdol dengan bantuan dari teman dan keluarga. Cari bala bantuan seperti seksi sibuk yang bisa mengatur acara, fotografer, dekorasi hingga dokumentasi video. Harga teman biasanya lebih murah dan belum tentu hasilnya mengecewakan loh!

Kalau ada yang punya pengalaman lain membuat atau datang ke acara lamaran yang seru, bisa ditambahkan di kolom komen ya!

×