7 Biaya Pernikahan yang Sering Terlupakan

By arinda.p on under How To

Salah satu elemen pernikahan yang paling bikin pusing adalah soal biaya! Melihat biaya pernikahan menumpuk tentu saja bikin stress. Belum lagi kalau kamu termasuk pengantin yang perfeksionis, tentu inginnya semua tampil sempurna dan pastinya membutuhkan lebih banyak lagi biaya pernikahan. Nah, makanya itu penting sekali untuk kamu menyusun budget pernikahan diawal supaya kamu tahu berapa yang harus kamu persiapkan. Sayangnya, ada beberapa elemen biaya pernikahan yang tidak terlihat dan ternyata cukup memberatkan. Oleh karena itu, hari ini kita akan membahas 7 biaya pernikahan yang sering terlupakan! Dicatat ya dan make sure kamu sudah memasukkan 7 biaya ini ke budgeting kamu.

1. Pajak

Nah, ini penting sekali lho untuk kamu ingat. Apalagi kalau kamu menikah di hotel, sales tax yang dikenakan bisa lumayan besar lho! Jadi jangan lupa untuk spare budget untuk pajak ini. Selain itu juga tanyakan kepada vendor lainnya apakah ada pajak yang akan mereka kenakan untuk service yang mereka kenakan untuk pernikahan mu ini.

2. Gratuity and Service Fees

Biaya ini juga biasanya hanya akan dikenakan jika kamu mengadakan pernikahan di hotel. Kalau kamu mengadakannya di gedung, biasanya yang harus kamu keluarkan adalah biaya tip untuk pengelola gedung tersebut.

3. Biaya Delivery

Biasanya biaya ini hanya ada pada vendor logistik seperti penyewaan kursi, AC dan lainnya. Make sure kamu bertanya kepada vendor apakah total biaya yang mereka kenakan sudah termasuk dengan delivery cost atau tidak. Karena kalau tidak termasuk, maka ada tambahan bbudget yang harus kamu keluarkan.

4. Hadiah untuk keluarga ataupun vendor yang terlibat

Akhir-akhir ini para pengantin suka memberikan hadiah kepada keluarga ataupun vendor yang terlibat setelah selesai nya acara sebagai bentuk apresiasi. Kalau kamu berencana untuk memberikan hadiah, akan lebih baik jika kamu memiliki budget khusus untuk itu. Meskipun mungkin jumlah biaya nya tidak terlalu besar, jika jumlah orang yang akan dikirimkan banyak, lumayan juga lho total biaya yang harus dikeluarkan!

5. Vendor meals

Meskipun tak semua pengantin melakukannya, tetapi jika kamu memutuskan untuk memberikan makanan untuk vendor yang bekerja pada hari H, kamu juga harus memasukkan nya kedalam budgeting mu dari jauh-jauh hari. Tanyakan pada vendor-vendor mu jumlah orang dari pihak mereka yang akan bekerja pada hari H supaya kamu tahu berapa estimasi biaya yang akan dikeluarkan.

6. Biaya Administrasi KUA

Jangan lupa lho untuk menikah itu ada biaya administrasi KUA yang harus dikeluarkan. Sudah tahu belum tata cara mendaftarkan pernikahan ke KUA? Kalau belum, jangan lupa membacanya disini ya!

7. Biaya Kelebihan Waktu Penggunaan Gedung

Nah, biasanya hal ini terjadi kalau kamu menikah di gedung. Biasanya mereka akan memberikan time limit untuk penggunaan gedung tersebut dan kamu harus membayar lebih jika acara kamu melewati batas waktu penggunaan. Make sure kamu memberitahukan ini kepada team WO agar mereka bisa mengatur waktu acara se-efisien mungkin sehingga kamu tidak harus membayar biaya kelebihan waktu penggunaaan gedung ini.

Seperti itulah 7 biaya pernikahan yang sering terlupakan! Setelah membaca ini, jangan lupa masukkan 7 biaya ini ke dalam budgeting file kamu ya!

×