7 Hal Yang Nggak Boleh Diucapkan Kepada Calon Pengantin

By Septa Mellina on under How To

Wedding day is coming!

Dan dalam sekejap mata, calon pengantin yang berbahagia disibukkan dengan persiapan ini-itu, mulai dari pilih-pilih suvenir sampai meeting nggak udah-udah sama vendor. Tapi, sebahagia-bahagianya calon pengantin, mereka tetaplah manusia biasa yang sensitif dan gampang ngamuk saat stres.

Nah, kalau keluarga, teman, atau sahabat kamu sedang mempersiapkan hari pernikahannya, ada beberapa hal yang sebaiknya nggak kamu ucapkan kepada sang calon pengantin, apalagi kalau kamu kebagian jadi seksi repot ngebantuin mereka.

“Tenang. Jangan panik.”

Meskipun kedengarannya positif, kalimat ini ternyata nggak banyak ngebantu buat menenangkan calon pengantin yang lagi senewen. You better tell him or her what to do to calm the storm inside her or his head, misalnya dengan ngajak ngeteh sebentar, becanda, makan dessert yang enak, dan sebagainya. Ini bisa membuat calon pengantin rileks dan mengembalikan fokusnya.

“Harganya segitu?! Worth it banget emangnya?”

Kalimat ini amat sangat pantang diucapkan ke calon pengantin. Untuk soal budget, calon pengantin sudah paham banget gimana mengalokasikannya. Jangan lupa, calon pengantin hanya akan menggubris pertanyaan ini kepada orang-orang yang berkontribusi dalam urusan budget pernikahan mereka. So, if we don’t financially contribute that much on their wedding, we better stay quiet.

“Udah selesai belum? Pulang yuk!”

Ini sering banget terjadi saat kamu harus menemani calon pengantin belanja-belanja keperluan pertunangan atau pernikahan. Sadar atau nggak, kalimat ini bisa bikin calon pengantin terburu-buru dan bete. Daripada terus-terusan bertanya ‘udah belum? Pulang yuk udah sore banget nih’, sebaiknya kamu membantu si calon pengantin buat mengambil keputusan, misalnya dengan bertanya apakah desain undangan sudah matching dengan warna tema pernikahan? Apakah pilihan menu masakan Jepang yang dipilih bakal sesuai dengan selera para tamu yang notabenenya asli Indonesia?

“Nggak ada yang ngeh juga kok”

Oh, no! Mengatakan hal ini cuma bikin calon pengantin kesal. Pernikahan kan cuma terjadi sekali seumur hidup. Jadi, wajar dong kalau setiap pengantin akan jadi sosok super detail dan perfeksionis demi pernikahan yang sempurna. Mendingan sih, kamu juga ikutan memeriksa detail lainnya supaya nggak ada yang missed. This will help the bride and groom A LOT!

“Terserah sih, gue nggak terlalu peduli juga….”

Kalimat yang satu ini bisa bikin calon pengantin yang super manis jadi murka. Baiknya sih, kamu tetap mengutarakan pendapat kamu saat si calon pengantin bertanya tentang opini kamu. Kalau kamu nggak tahu banyak tentang topik yang ditanyakan, kamu bisa mengakui ketidaktahuan kamu dengan cara yang baik dan bersikap terbuka terhadap diskusi ya.

“Kayaknya yang itu nggak penting deh”

Kalimat yang satu ini juga perlu kamu hindari saat dimintai pendapat oleh calon pengantin. Karena, bisa jadi, barang-barang yang ia pilih untuk hari pernikahan adalah hal yang penting buat dia. Jadi, daripada straight forward bilang item X nggak penting, coba deh kamu tanya dulu apa manfaat barang tersebut dan apakah fungsinya bisa digantikan barang lain.

“Besok aja deh kerjainnya”

Sebagai calon pengantin, jadwal kegiatan mereka biasanya padat banget. Jadi, saat kita dimintai bantuan, baiknya sih kita yang menyesuaikan dengan jadwal mereka. Hindari mengundur-undur membantu mereka ya karena hal ini hanya akan membuat mereka panik dan stres karena banyaknya to-do list yang belum diselesaikan.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Cheers!