7 Hal Yang Pertama Kamu Lakukan Saat Merencanakan Pernikahan

By Penna on under How To, Wedding Day

For my entire life, I have been a person that plans way ahead and work tirelessly to be able to reach for that goal. One of which is becoming a strategic marketer in this digital era. In the near future, I see myself as an outstanding digital marketer working in an established e-commerce company and as a mentor for those who want to learn more about digital marketing. However, in order for me to be able to accomplish that ambition, I realized that my current knowledge and skills are not enough, and so, a way to reach for that dream is to learn further about digital marketing in Nottingham Trent University. I am confident that studying in NTU will help me to further my strategic thinking, critical thinking and the application of the knowledge I learned inside of the classroom. Additionally, by studying away from home, I will be trained to solve my own problem and find the best solution. Moreover, I feel that the job placement offered would help me to achieve my plans in the future by giving me the experience to work with overseas clients, including the opportunities to network with executives from different parts of the world. These are the main skills that I believe I would get from studying in NTU, and will surely benefit my career plans and future employers. I have a strong faith that upon my completion of the course from NTU, I will be able to bring positive impacts back to Indonesia by sharing my knowledge, skills obtained and insights to my peers. As it is widely known, Indonesia is the fourth biggest population in the world, and yet it is still lacking in the quality of the education. Therefore, I hope to become one of those that will be able to change this fact and change Indonesia’s education quality in the future.

Kekasih sudah melamar? Waduh senangnya brides! Sambil menikmati momen pertunangan, pasti deh deretan rencana persiapan pernikahan mulai bergulir di balik benak kalian. Gimana sih caranya mempersiapkan pernikahan? Ini dia 7 hal pertama dan paling penting yang harus kamu lakukan saat merencanakan pernikahan :

1. Menentukan Estimasi Tanggal Pernikahan

Setelah bertunangan, pasti pasangan mulai dibanjiri pertanyaan terpenting “ Kapan hari H-nya?”. Sesungguhnya, pasangan pasti belum bisa menjawab dengan pasti, tetapi kalian sudah mulai bisa punya bayangan atau estimasi yang cocok untuk kalian berdua.

Jadi pertama- tama, tentukan dulu estimasi dengan batas- batas tanggal tertentu yang ideal. Umumnya masa pertunangan bisa berlangsung selama 12-15 bulan, walaupun banyak yang tidak mau menunggu lebih lama dari 6 bulan. Ini semuanya tergantung preferensi pribadi saja.

2. Tentukan Konsep & Pilihan Venue Pernikahan

Jangan buru-buru memikirkan soal wedding dress, karena yang terpenting adalah visi dan venue acara pernikahan. Keduanya adalah gambaran besar tentang acara pernikahan nantinya, jadi tentukan tema seperti misalnya outdoor, modern, klasik, dsbnya.

Untuk venuenya sendiri, tidak perlu langsung ditentukan secara pasti. Tetapi tidak ada salahnya mulai mendata beberapa venue incaran sekaligus mencari informasi harga.

3. Menentukan Budget

Nah, dari venue dan tema itu nanti, pasangan akan semakin punya gambaran angka yang lebih jelas. Kalian pun akan mulai bisa menentukan budget yang mampu dikeluarkan. Disarankan agar pasangan saling berdiskusi untuk menyesuaikan antara ekspektasi dan realita, supaya semuanya berjalan sesuai dengan planning untuk pernikahan yang paling diidam- idamkan.

4. Menyeleksi Tamu Undangan

Daftar hadir tamu bisa jadi salah satu bagian yang paling pelik, tetapi wajib dilakukan supaya pernikahan berlangsung tanpa kejadian yang tidak terduga. Batasi dari mulai jumlah undangan, dan lalu mulai pendaftaran nama dari pihak yang wajib hadir seperti keluarga inti, kerabat dekat, baru bergeser ke teman atau rekan kerja dan sebagainya.

5. Mengurus Dokumen Pernikahan

Cari tahu juga tata cara mengurus dokumen pernikahan supaya perkawinan menjadi sah di mata hukum. Cara mengurus dokumen pernikahan ini erat kaitannya dengan agama yang dipeluk pasangan, jadi sudah menjadi PR bagi kalian untuk bertanya kepada pengurus setempat dan meminta advis untuk proses pengurusan dokumen pernikahan yang tepat.

6. Wedding Planner & Vendor

Untuk pasangan yang menggunakan jasa wedding planner, saatnya untuk mulai menentukan siapa yang akan membantu proses pernikahan kalian nantinya. Dan untuk kalian yang berencana untuk melangsungkan pernikahan tanpa wedding planner, saatnya mulai menghubungi vendor- vendor acara, termasuk venue, katering, dekorasi sampai yang mengurus acara foto- foto baik prewedding atau dokumentasi nantinya.

7. Hunting Wedding Dress atau Kebaya

Jangan terlalu lama menentukan pilihan wedding dress, terlebih jika kalian berniat untuk membuat atau mendesain wedding dress impian. Boleh dibilang, bagian ini adalah yang paling menyenangkan bagi kaum hawa tetapi jangan sampai lupa membantu pasangan pria untuk mencari jas pengantin yang cocok untuk dia juga yah.

×