7 Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan Rumah Tangga

By NSCHY on under How To

Salah satu tantangan dalam memulai hidup baru bersama pasangan adalah mengurus keuangan bersama. Pemasukan serta pengeluaran kalian akan menjadi dua kali lipat, belum lagi tujuan-tujuan baru di masa depan yang ingin kalian capai bersama, entah itu rumah, kendaraan, liburan bersama, hingga anak.

Sebagai pemula dalam hal ini, kamu mungkin akan menemukan kesulitan. Namun, jangan sampai kamu mengalami kesalahan dengan melakukan 7 kesalahan di bawah ini!

1. Sama sekali tak punya bayangan

Mencatat semua pengeluaran dari yang terkecil hingga terbesar memang tidak perlu, namun menjalani kehidupan tanpa punya bayangan pengeluaran yang digunakan akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Paling tidak, catatlah pengeluaran kalian secara kasar. Ini akan membantu kalian untuk menggunakan uang dengan lebih bijak dan menyortir kebutuhan umum dan juga kebutuhan yang tidak perlu.

2. Tidak teliti

Mencatat pemasukan dan pengeluaran uang memang merupakan hal yang sedikit rumit. Namun, mencatat keuangan dengan teliti dapat menghindari masalah di kemudian hari, terutama jika kalian sedang menggunakan pengeluaran yang cukup besar nominalnya.

3. Tidak mengakui kesanggupan diri sendiri

Di awal pernikahan, biasanya pasangan baru memiliki kesepakatan untuk menabung beberapa persen pemasukannya untuk kebutuhan di waktu mendatang. Jika kalian sepakat untuk menabung, pastikan kamu masih punya cukup uang untuk kebutuhan sehari-hari. Jangan sampai persediaan uangmu malah mencekik leher karena fokus kepada kesepakatan uang tabungan itu sendiri. Pastikan kamu terbuka dengan pasangan mengenai jumlah yang kamu sanggupi untuk menabung bersama.

4. Terlalu pelit

Hamil, melahirkan, punya anak, menyekolahkan anak-anak, dan hal di masa depan lainnya memang terlihat menekan diri untuk terus menabung demi anak-anak. Namun, selagi kamu masih hanya berdua dengan pasangan, bukan berarti kalian harus hidup dibawah kemelaratan saking pelitnya menggunakan uang sendiri. Usahakan, jadikan menabung itu menyimpan uang berlebih kalian, bukan malah untuk menyusahkan diri sendiri. Kurangilah waktu makan di luar, gantilah pengeluaran tersebut untuk menghabiskan waktu berduaan dua minggu sekali, dengan menggunakan uang dengan bijak juga tentunya. Karena, sebagai pengantin baru, disinilah waktunya kalian harus membangun rumah tangga yang harmonis dan romantis.

5. Tidak dapat menahan diri

Akan ada waktunya kamu sangat ingin berbelanja tapi tidak ingin memotong bagian tabunganmu. Di waktu seperti itu, kamu mungkin akan berfikiran untuk meminjam uang kepada temanmu dan berniat untuk mengembalikannya secara menyicil. Percayalah, meskipun terlihat sepele, kamu akan mulai mengandalkan pinjaman uang dari teman-temanmu dan kamu akan mulai berhutang, dari nominal yang kecil, hingga berkali-kali lipat.

6. Tidak rasional

Berjanji pada diri sendiri untuk tidak berbelanja selama beberapa waktu kedepan setelah berbelanja barang mewah adalah hal yang tidak masuk akal dan mustahil untuk dilakukan. Tahanlah dirimu untuk membeli barang mewah, terlebih lagi untuk barang-barang yang tidak utama.

7. Tidak bertukar pikiran dengan pasangan

Jika kamu ingin membeli sebuah barang namun ragu karena kesepakatan menabung dengan pasanganmu, jangan pendam keinginan itu sendirian. Ceritakanlah kepada pasanganmu betapa kamu menginginkan untuk membeli barang tersebut, jika masih bisa berterima, pasanganmu pasti akan mengerti. Jika kamu memendam keinginan itu sendiri saja, lama kelamaan kamu mulai merasa terbebani dari rumah tanggamu sendiri.

Yang terpenting, usahakan untuk menahan diri untuk membeli barang yang tidak perlu dan jangan lupa untuk selalu jujur dengan pasanganmu.