7 Tips Bertemu Calon Mertua

By Rebebekka on under How To

“Besok aku kenalin kamu sama orang tuaku ya”. Kalimat itu bisa jadi menjadi sesuatu yang membahagiakan namun juga mendebarkan. Siapa yang tidak senang apabila pasangan kita mau memperkenalkan diri kita pada orangtuanya. Hal ini merupakan pertanda bahwa dia serius dan ingin lanjut ke jenjang yang lebih serius. Tetapi yang namanya ketemu untuk pertama kali wajar saja ada perasaan cemas, khawatir dan nervous.

Berikut tips untuk kamu yang akan bertemu calon mertua untuk pertama kalinya :

  1. Pakailah pakaian yang sopan. Lupakan saja mini skirt atau celana “gemes” yang biasa kamu pakai. Pakai baju yang membuatmu nyaman dan orang yang melihatnya juga ikut nyaman. Tidak lucu kan kalau kamu sibuk menarik – narik rokmu saat sedang mengobrol.
  2. Sapa dan salam mereka dengan sopan. Cari tau dengan anaknya kebiasaan yang ada di rumah mereka. Ada orangtua yang terbiasa hanya menyalam, namun ada juga yang menyalam dan mencium punggung tangan (salim).
  3. Bawa buah tangan. Sudah menjadi budaya di Indonesia apabila bertandang/bertemu dengan orangtua sebaiknya kita membawa buah tangan. Bawa saja kue – kue kering atau makanan kegemaran mereka yang bisa kamu cari tau dari anaknya.
  4. Orangtua biasanya senang mengobrol dan diperhatikan omongannya. Pada saat ini kita sebaiknya lebih banyak mendengar dan jangan terlalu ambil alih pembicaraan, apalagi memotong. Jika camer termasuk orang yang pendiam, kamu bisa pancing dengan obrolan – obrolan mengenai topik yang sedang hangat saat ini. Jangan sampai akward, hindari topik – topik yang nyeleneh atau kontroversial. Pintar – pintar membaca situasi dan karakter camer.
  5. Tawarkan bantuan. Jika kamu diundang untuk makan di rumah camer, sehabis makan kamu bisa menawarkan bantuan untuk merapihkan meja makan dan menaruhnya di sink. Tidak perlu sampai mencuci piring , karena nanti malah terlihat seperti cari perhatian mengambil hati camer. Jangan lupa berterima kasih atas jamuan makanannya.
  6. Tahan dulu untuk mengkritik anaknya di depan mereka. Selain karena tidak penting, orangtua mana yang suka kalau anaknya dijelek – jelek an walau dengan pacar sendiri. Jika ditanya tentang bagaimana anaknya terhadap kita, katakan saja sisi – sisi positifnya.
  7. Last but not least, tersenyum!. Sudah tau kan kalau senyum itu menambah kecantikan kita. First impression itu penting sekali disini, percuma dong kalau sudah cantik dan berpakain bagus kalau mukanya cemberut. Selalu tebar senyum pada camer sehingga mereka merasa nyaman dengan kita.

Semoga tips dari kamu membantu ya! Good luck!

×