7 Tips Menjaga Kepercayaan Saat LDR atau LDM

By Penna on under How To, Relationship

7 Tips Menjaga Kepercayaan Saat LDR atau LDM

Buat pasangan LDR atau LDM alias hubungan atau pernikahan jangka panjang, setuju dong kalau banyak sekali tantangan yang harus dijalani? Salah satu yang terberat adalah soal menjaga kepercayaan, yang notabene adalah kunci utama kesuksesan setiap hubungan, baik dekat maupun jauh. Khusus untuk yang long distance, yuk intip dulu 7 tips menjaga kepercayaan buat kalian :

1. Kenali Luar Dalam

Cari tahu hobi dan kesukaannya, makanan favorit, destinasi impian, apa hal- hal yang tidak disukai dan semua seluk beluk luar dalam pasangan. Jadilah pendengar yang baik untuk mengetahui hal- hal penting tentangnya, sambil juga berbagi apa saja yang terjadi dalam diri dan kehidupanmu. Berikan juga perhatian ekstra terhadap setiap sisi pasangan, supaya kalian bisa langsung ngeh saat ada yang berbeda atau lain dari biasanya. 

2. Komunikasi Setiap Hari

Beruntung buat yang LDR-an di zaman teknologi sekarang. Sudah banyak kemudahan akses digital yang memendekkan jarak, sekaligus membuat komunikasi rutin semakin gampang. Manfaatkan dengan saling berhubungan setiap hari, sesibuk apapun kalian. Komunikasi rutin adalah kunci untuk kelanggengan hubungan, supaya pasangan tetap saling update. 

3. Jujur dan Terbuka

Hubungan sehat berawal dari keterbukaan dan kejujuran. Jangan takut untuk memberitahukan apa yang mengganggu pikiranmu atau masalah lain yang sedang dihadapi. Pasangan harus kompak menjaga tingkat keterbukaan masing- masing, yang nantinya akan berpengaruh terhadap level kepercayaan secara jangka panjang. 

4. Jangan Posesif

Tidak ada yang lebih menyebalkan dari pasangan yang posesif. Walaupun kalian terpisah oleh jarak, bukan berarti mutlak melapor setiap detik atau saling mengontrol kegiatan masing- masing. Kepercayaan akan tumbuh karena ada respek atas batasan yang sehat serta pengertian bahwa pasangan punya rutinitas yang harus dijalani. 

5. Jauhi Pikiran Negatif

Sudah sifat wanita untuk berpikir yang terburuk atau berasumsi negatif jika ada perubahan dari diri pasangan, walaupun tanpa sengaja dilakukan mereka. Pahami bahwa mungkin ada sesuatu hal pada diri pasangan yang berkenaan dengan studi, pekerjaan atau urusan pribadi yang tidak melulu berkaitan dengan percintaan atau wanita lain. Beri waktu untuk pasangan memproses diri dan saling diskusi lagi dengan tenang. 

6. Gaya Komunikasi Penuh Pengertian

Bahasa dan segala keterbatasannya adalah salah satu cara terbaik untuk menjalani hubungan LDR. Jadi, prioritaskan gaya bicara yang positif, tenang, dan penuh pertimbangan. Hindari emosi yang meledak atau irasional saat harus menghadapi masalah. Sebaiknya, kalian menggunakan tutur kata yang simpel, mudah dimengerti dan cari titik tengah atas argumen supaya timbul rasa saling toleransi dan kepercayaan. 

7. Kenali Teman dan Keluarganya

Supaya rasa percaya kalian makin kuat, bangun juga hubungan dengan teman dan keluarga pasangan. Bukan bermaksud untuk memata- matai, tetapi kalian akan semakin jelas dengan latar belakang dan kesehariannya. Sebaliknya, undang juga pasangan untuk mengenal hidupmu dengan lebih dekat, agar hubungan semakin berkembang ke arah yang makin menjanjikan. 

×