7 Tips Persiapan Pernikahan Untuk Pasangan LDR

By Penna on under How To, Wedding Day

7 Tips Persiapan Pernikahan Untuk Pasangan LDR by The Bride Dept

Brides, pasti tahu dong repotnya mempersiapkan pernikahan? Nah, apa jadinya jika pasangan yang sedang menjalani LDR harus mempersiapkan pernikahan? Yuk simak bareng 7 tips persiapan pernikahan untuk pasangan LDR!

Bisa dibayangkan kalau hubungan cinta jarak jauh akan membuat persiapan pernikahan menjadi lebih repot dibandingkan bagi pasangan yang berlokasi sama. Eits, tapi bukan berarti pasangan LDR harus pesimis loh. Anda bukan satu-satunya pasangan LDR yang harus dihadapkan dengan persiapan pernikahan secara jarak jauh. Kenyataannya banyak sekali pasangan LDR yang bukan cuma sukses mempersiapkan pernikahan, tetapi juga menjalaninya dengan efektif.

1. Samakan Visi & Ekspektasi Sejak Awal

Penting bagi pasangan LDR untuk blak-blakan dan serius membahas persiapan pernikahan sejak awal. Bahkan jauh sebelum keputusan menikah sudah ditentukan, tidak ada salahnya pasangan sudah mulai saling sharing mengenai ide pernikahan ideal. Ini supaya kalian bisa semakin memahami apa yang menjadi prioritas, menyamakan visi dan ekspektasi, memudahkan pengambilan keputusan dan hal-hal penting lainnya.

Jadi, coba deh mulai bahas hal-hal seperti :

  • Apa yang bersifat wajib dan penting di hari pernikahan ( tamu, tradisi dsbnya)
  • Dimana, kapan dan apa tema acara pernikahan
  • Budget acara pernikahan
  • Rencana bulan madu, jika ada
  • Hal-hal yang harus dikerjakan, pembagian tugas dsbnya.

2. Lebih Fleksibel & Mau Kompromi

Pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh pasti sudah tahu betul cara untuk menjadi lebih fleksibel dan lebih mau berkompromi. Tidak ada pengecualian dalam persiapan pernikahan, pasangan justru harus lebih siap untuk mengambil keputusan sesuai prioritas dan siap berkompromi demi kesuksesan persiapan pernikahan.

3. Manfaatkan Teknologi

Pasangan LDR boleh bersyukur karena urusan jarak bisa dengan mudah disiasati dengan teknologi. Jadi aktifkan saja gadget setiap anda harus membuat keputusan seperti memilih pernak- pernik pernikahan, membuat agenda atau reminder, mendokumentasikan video untuk saling berkirim dengan pasangan dan masih banyak lagi.

4. Pertimbangkan Jasa Event/Wedding Planner

Menggunakan jasa wedding planner bisa mempermudah persiapan pernikahan, terutama jika pasangan memutuskan untuk menikah di destinasi baru. Pastikan untuk memilih event planner yang bisa dipercayai dan punya kredensial yang cocok dengan anda dan pasangan.

5. Sedia Payung Sebelum Hujan

Supaya persiapan pernikahan untuk pasangan LDR semakin lancar dan efektif, pikirkan seluruh skenario berikut rencana terbaik dalam menghadapi acara pernikahan anda. Jika pernikahan membutuhkan persiapan keluar negeri, maka dokumen penting seperti visa sudah harus dipersiapkan. Lalu sama halnya dengan tradisi pernikahan yang dipilih, izin gedung yang akan dipakai hingga siapa yang akan meresmikan acara pernikahan dsbnya.

6. Jangan Hanya Membahas Persiapan Pernikahan

Ingat untuk juga terus memupuk percintaan seperti biasanya dan tidak melulu membahas soal persiapan pernikahan. Luangkan waktu untuk tetap nge-date dan ngobrol tentang berbagai topik yang bebas dari persiapan pernikahan. Ini supaya pasangan bisa menghindari kebosanan dari beban persiapan pernikahan.

7. Komitmen Menjalani Bersama

Yang terpenting, pasangan LDR harus komit dalam menjalani persiapan pernikahan sebaik-baiknya bersama. Hindari emosi akibat perselisihan atau perbedaan pendapat, tetap menjalin komunikasi dengan baik, diskusikan segala hal yang berhubungan dengan pernikahan secara kepala dingin, dan cuma ambil keputusan yang sudah disetujui bersama.

Jadikan target buat anda dan pasangan untuk tidak pernah cek-cok sekalipun dalam urusan persiapan pernikahan. Yakin deh dengan kerjasama yang baik, semua pasangan LDR pasti bisa!

 

×