8 Ide Souvenir Pernikahan Murah Tapi Berguna

By NSCHY on under How To

Mempersiapkan pernikahan bisa dibilang nggak mudah, karena, dalam waktu yang sudah ditentukan, kamu harus mengatur seluruh keperluan, mulai dari yang besar seperti sewa gedung, pakaian pengantin, hingga perintilan kecil seperti suvenir pernikahan.

Sebagian orang menganggap suvenir itu tidak begitu penting, makanya mengandalkan pedagang di luaran sana yang banyak menjual suvenir pernikahan dengan harga miring. Kalau dipikir-pikir lagi, sayang kan, budget suvenir itu nggak berguna, atau malah, bisa jadi langsung dibuang oleh tamu undanganmu.

Nah, biar budgetmu nggak sia-sia, berikut beberapa referensi suvenir undangan dengan budget bersahabat namun sangat berguna buat tamumu.

  1. Pouch
    Untuk perempuan ataupun laki-laki, pouch itu berguna banget untuk kegiatan sehari-hari. Bagi perempuan, bisa jadi tempat alat make up biar lebih rapih sebelum dimasukkan ke dalam tas. Untuk laki-laki, pouch bisa jadi tempat power bank sekaligus kabelnya. Untuk pouch ini, kamu bisa custom di tukang jait dengan membeli bahan meteran atau bikin sendiri. Gampang banget lho ngejahitnya!
  1. Sabun unik
    Sekarang ini, sabun nggak hanya digunakan saat mandi, tapi sabun juga digunakan untuk pengharum ruangan. Untuk yang satu ini, kamu bisa bekerja sama dengan toko organik pembuat sabun dan meminta bentuk dan ukiran spesial untuk suvenir pernikahanmu. Pilih aroma yang menyegarkan atau menenangkan ya untuk jadi dekorasi kamar.
  1. Mini candle
    Buat tamu kamu yang sudah menikah, mini candle jadi suvenir yang berguna banget. Pasalnya, bukan hanya bisa menjadi pajangan yang cantik, tapi mini candle ini bisa menghiasi malam romantis mereka. Yang perlu kamu lakukan adalah mencairkan lilin besar dan memasukannya ke dalam botol yang cantik, tambah sumbu dan berikan pita lucu untuk menghiasinya.
  1. Pembuka tutup botol
    Siapa sih yang nggak butuh pembuka tutup botol? Meski jarang minum sirup, tapi paling tidak, satu tahun sekali saat Lebaran ataupun Natal, sirup pasti jadi minuman andalan saat kumpul keluarga. Nah, oleh karena itu, pembuka tutup botol bisa jadi referensi suvenir pernikahanmu. Ganti saja gagangnya dengan dekorasi yang unik, dengan potongan kayu dengan ukurin inisial namamu dan pasangan misalnya.
  1. Tatakan gelas
    Tatakan gelas memang biasanya digunakan di restoran saja. Tapi, kalau disediakan, pasti akan berguna untuk mereka. Coba beli lembaran karton tebal yang kamu potong dengan bentuk yang kamu inginkan, bisa bulat, berbentuk hati atau bahkan kotak. Kalau kamu punya engraver pen atau pulpen otomatis untuk mengukir, kamu bisa mengukir sesuatu di dalamnya, misalnya sebuah quotes singkat yang inspirasional. Murah dan bermanfaat, kan?
  1. Universal Adapter
    Menurut The Bride Dept, ini adalah salah satu souvenir yang sangat berguna. Pasti masing-masing dari kamu pernah mengalami kebingungan ketika bepergian ke luar negeri karena sambungan listrik yang berbeda bukan? Nah tidak ada salahnya lho untuk memberikan benda ini sebagai souvenir.
  1. Mini storage with candies
    Konsepnya sih, kamu mau kasih sebuah kotak serbaguna yang bisa dijadikan tempat menyimpan benda-benda kecil, seperti anting atau cincin, atau bahkan bisa jadi tempat flash disk atau memory card untuk laki-laki. Tapi, kalau hanya sebuah kotak unik saja kan terlihat terlalu sederhana, kamu bisa mempermanisnya dengan mengisinya dengan cokelat warna-warni, cokelat M&M misalnya. Jadi, sebelum habis, tamumu bisa punya camilan mini untuk sehari-hari.
  1. Pembatas buku
    Minat baca orang Indonesia memang masih dibawah standar. Siapa tau pernikahanmu dengan suvenir pembatas buku bisa mengajak tamu-tamumu untuk mulai membaca buku. Coba cari desain pembatas buku di internet, atau kamu juga bisa menyelipkan beberapa quotes mengenai membaca buku. Siapa tau, minat baca orang Indonesia jadi meningkat!

Sayang, kan, kalau budget pernikahanmu dikeluarkan hanya untuk formalitas namun nggak berguna. Ide-ide suvenir di atas dijamin akan berguna banget untuk tamu undanganmu! Yang mana yang menjadi favoritmu? Langsung ke comment section ya, brides!