8 Mitos Mengenai Pernikahan

By NSCHY on under How To

Tak hanya di Indonesia, di berbagai penjuru duniapun sejak dahulu kala memang sudah lekat dengan yang namanya mitos-mitos. Mulai dari kehidupan sehari-hari, hingga pernikahan yang akan dijalani. Nah, dari situlah munculnya adat budaya dan juga kepercayaan yang berbeda dari masing-masing daerah.

Pada dasarnya, mitos diciptakan oleh manusia sendiri yang bertujuan untuk melakukan sesatu dengan benar untuk mendapatkan hasil yang sempurna serta menghindari keburukan.

Sebagian besar mitos-mitos yang ada memang belum tentu benar, namun nggak ada salahnya untuk kamu memperhatikan beberapa mitos tersebut untuk menggelar pesta pernikahanmu yang cantik nan sempurna.

1. Mencari hari baik

Biasanya tradisi ini dikenal masih dianut oleh beberapa budaya di Indonesia, mereka menggabungkan tanggal lahir pasangan tersebut untuk mendapatkan hari baik. Ets, tapi bukan hanya di adat Jawa salah lho, di Inggris pun juga ada hari baik untuk menikah yang dipilih di hari Rabu. Tapi, kalau sekarang ini sih, rasanya hari baik tergantung dari tanggal tersedianya gedung pilihan kita ya! Hehe

2. Masuk dengan kaki kanan

Seperti halnya tangan kanan, kaki kanan dianggap lebih baik untuk melakukan banyak hal. Saat memasuki gedung, sebaiknya kamu menggunakan kaki kanan terlebih dahulu karena dipercaya akan membawa rezeki dan kebaikan. Soal benar atau tidaknya, nggak ada salahnya sih dicoba!

3. Warna putih melambangkan kesucian

Sudah menjadi kepercayaan sejak dulu bahwa gaun pernikahan lebih baik menggunakan warna putih. Kembali lagi ke kepercayaan bahwa putih merupakan lambang kesucian, kemurnian dan kepolosan. Konon, dipercaya juga untuk menghindari warna merah dan hitam untuk gaun pernikahan. Merah dilambangkan identik dengan kematian sedangkan hitam dipercaya identik dengan kesedihan. Namun seiring berkembangnya zaman, banyak juga pengantin yang tidak menggunakan warna putih, namun menggunakan warna lain favoritnya.

4. Buket bunga untuk pengusir roh jahat

Masih dengan kepercayaan sejak dahulu kala, membawa buket bunga disaat hari pernikahanmu berguna untuk mengusir roh jahat. Buket bunganya pun juga berisi rempah-rempah yang sudah diatur dan ditakar dengan baik. Tapi semakin ke sini, pengantin lebih suka menggunakan bunga kesukaannya yang berwarna cantik dan harum untuk dibawa berjalan di pelataran pernikahannya. Coba bayangkan kalau bungamu berisi rempah-rempah, saat dilempar ke para pengunjung yang masih lajang, mereka akan kaget dengan aroma yang tidak sedap itu!

5. Cincin di jari manis langsung terhubung ke jantung

Berdasarkan kepercayaan Yunani dan Romawi, menyematkan cincin pernikahan di jari manis kiri akan langsung terhubung langsung ke jantung. Karena pembuluh darah di jari manis kiri yang disebut dengan ‘vena amoris’ ini dikenal dengan vena cinta. Hm!

6. Pengiring pengantin untuk membingungkan roh jahat

Konon, pengiring pengantin didandani mirip dengan sang pengantin. Ini merupakan kepercayaan bahwa pengiring pengantin yang mirip dengan sang pengantin berfungsi untuk membingungkan roh jahat yang ingin menjahati sang pengantin. Wah, para bridesmaid harus hati-hati tuh!

7. Jangan menjatuhkan cincin kawin

Jika kamu menjatuhkan cincin kawin secara nggak sengaja, itu dianggap akan membawa kesedihan dalam rumah tangga. Ya, anggap saja cincin kawinmu merupakan lambang keseriusan, kesucian dan kepenuhan cinta diantara kalian berdua. Jadi, ayo usahakan jangan sampai jatuh!

8. Pilihlah batu safir atau berlian sebagai cincin pernikahan

Batu safir dalam cincin pernikahan dianggap sebagai doa untuk pernikahan yang selalu bahagia. Menurut kepercayaan juga hindari memakai cincin pernikahan dengan batu permata berbentuk mutiara, karena bentuk mutiara itu dianggap menyerupai air mata dan membawa kesedihan. Selain itu semua, berlian juga sudah popular untuk menjadi cincin pernikahan yang bisa kamu pilih.

Tentunya mitos-mitos tersebut hanya buatan manusia dan dibuat untuk menjalani kebaikan. Mitos-mitos tersebut juga tidak menjadi dasar tolak ukur bahagianya sebuah hubungan rumah tangga. Yang paling penting dari semuanya, pastikan kamu menikahi orang yang pas dan selalu menciptakan cinta diantara kalian. Dijamin kalian akan selalu bahagia sepanjang masa.

×