8 Royal Wedding yang Tak Terlupakan

By Penna on under How To, Wedding Day

8 Royal Wedding yang Tak Terlupakan

Mungkin tidak sedikit wanita yang mendambakan menjadi seorang putri di kehidupan nyata. Walaupun tidak semua orang bisa menjadi Meghan Markle ataupun Kate Middleton, tetapi royal wedding selalu tetap menarik disimak karena kemegahan dan hiruk pikuk jauh sebelum acara dimulai. Mau tahu seberapa spektakular royal wedding yang sudah pernah diselenggarakan sebelumnya? Yuk intip 8 royal wedding tak terlupakan berikut ini :

1. Kate Middleton & Prince William, UK -2011

Setelah bertunangan selama 6 bulan, Kate dan Pangeran William akhirnya menikah di Westminster Abbey di London pada tanggal 29 April 2011. Jumlah undangannya mencapai hingga 1.900 tamu dan ditonton oleh jutaan orang melalui layar kaca. Selebriti kondang seperti pasangan Beckham, Elton John, atlit Olimpiade Iam Thorpe dan masih banyak lagi juga tampak hadir menikmati royal wedding yang megah ini.

Pastinya sosok Kate Middleton dengan gaun satinnya yang menawan dan lengkap dengan tiara yang dipinjam langsung oleh Ratu Elizabeth II plus sepasang anting berlian dari orangtuanya, akan menjadi sebuah sebuah momen yang paling susah dilupakan oleh siapapun yang melihatnya.

2. Prince Harry & Meghan Markle, UK-2018

Banyak yang kaget saat tiba-tiba mendengar berita pertunangan Prince Harry & Meghan Markle. Pasalnya, hubungan mereka tergolong serba rahasia. Sosok Meghan Markle sebagai aktris Hollywood yang sudah pernah gagal dalam pernikahan sebelumnya ini pastinya bukan hal yang biasa untuk menjadi salah satu bagian dari keluarga kerajaan Inggris.

Di hari pernikahannya, Prince Harry dan Meghan Markle melangsungkan pemberkatan pernikahan di St. George’s Chapel, Windsor Castle, dengan kapasitas yang lebih kecil dari royal wedding biasanya. Tidak ada kepala pemerintah dari negara lain yang diundang, hanya keluarga dan kerabat dari kedua mempelai saja yang diundang termasuk para artis Hollywood seperti George Clooney, Oprah Winfrey, James Corden, dan masih banyak lagi. Dengan gaun yang simple dan makeup yang sangat natural, Meghan Markle tetap terlihat cantik bahkan sampai membuat Prince Harry merasa beruntung dapat menikahinya.

3. Raja Bhutan dan Jetsun Pema,  Bhutan – 2011

Pasangan serasi ini kian mencuat namanya setelah kisah cinta mereka yang unik dan mengesankan viral di berbagai sosial media. Jigme Khesar Namgyel Wangchuck alias si Raja Naga di Bhutan akhirnya menikah dengan gadis usia 21 tahhun pada tahun 2011 di sebuah upacara tertutup di tengah istana di Punakha.

Dengan jarak usia 10 tahun, pasangan ini dikenal sangat saling menghormati dan dicintai oleh rakyatnya. Tak heran, tanggal 13-15 Oktober yaitu tanggal pernikahan mereka pun diselenggarakan sebagai hari libur nasional pada tahun tersebut.

4. Gusti Kanjeng Ratu Hayu & Kanjeng Pangeran Haryo Notonegoro, Indonesia – 2013

Di Indonesia sendiri ada royal wedding yang sempat menarik media massa international, tepatnya pada tahun 2013 silam. Kisah cinta mereka berawal dari reuni sekolah yang dilanjutkan setelah kembali ke Amerika Serikat tempat mereka tinggal. Putri Hayu yang merupakan putri dari Sultan Yogyakarta pun menikah dengan pria yang bekerja di PBB pada Oktober 2013.

Royal wedding ini digelar selama 3 hari berturut- turut dengan perpaduan tradisi Islam dengan budaya Jawa yang kental. Jumlah tamu yang hadir juga cukup fantastis hingga 1.500 orang!

5. Princess Diana & Prince Charles, UK -1980

Bagaimana dunia bisa melupakan royal wedding era tahun 1980-an yang begitu mengguncang dunia? Diana yang berusia 20 tahun menikah dengan Pangeran Charles saat itu berusia 32 tahun di gereja katedral St. Paul tepat pada tanggal 29 Juli 1981. Jumlah pemirsa yang turut menyaksikan dari televisi tercatat hingga 750 juta orang!

Gaun pengantin Putri Diana sendiri cukup mencegangkan dengan panjang hingga 7 meter lebih. Dia juga mengenakan sebuah tiara warisan keluarga, dengan total wedding cake sebanyak 27 buah dan banyak lagi detail yang menghebohkan.

6. Princess Hajah Hafizah Sururul Bolkiah and Pengiran Haji Muhammad Ruzaini , Brunei -2012

Di salah satu negara terkaya di Asia Tenggara, bisa dibayangkan mewahnya royal wedding antara Putri Brunei Hafizah dan pasangannya. Royal wedding ini berlangsung selama lebih dari seminggu dengan berbagai upacara yang berlangsung. Jumlah resepsi juga tidak tanggung hingga 3.000 tamu dan diwarnai dengan penghormatan yang megah, semegah berlian yang menghiasi sekujur penampilan pengantin wanita selama royal wedding.

7. Queen Elizabeth II & Prince Phillip, UK- 1947

Sebelum naik tahta, Putri Elizabeth telah menikah dengan Prince Philip dari Yunani dan Denmark. Saat itu, royal wedding ini sempat disiarkan di stasiun radio dan diikuti oleh hampir 200 juta pendengar dari seluruh dunia. Gaun pengantin yang dikenakan juga tidak kalah mewah dengan taburan mutiara dan manik putih sebanyak 10.000 buah!

8. Grace Kelly & Prince Rainier III, Monaco – 1956

Royal wedding ini sangat menyita perhatian dunia karena berlangsung antara artis kondang Amerika si cantik Grace Kelly dan Prince Rainier II dari Monaco. Bisa ditebak kalau dari 700 tamu undangan, deretan aktor papan atas seperti Cary Grant, Ava Gardner sampai Conrad Hilton hadir menyaksikannya.

×